Sebuah film bagi kebanyakan orang hanya dianggap sebagai tontonan yang menghibur. Namun, film ternyata memiliki kemampuan untuk berkomunikasi menggunakan bahasa visual dan audio yang khas, yakni bahasa sinematik. Film tidak hanya berbicara masalah jenis, genre, dan tema film, namun juga bagaimana cerita dikemas dengan segala aspek sinematiknya, yakni mise-en-scene, sinematografi, editing, serta suara. Bahasa sinematik yang demikian variatif menjadi pilihan bagi sineas untuk berkarya. Untuk bisa memahami film secara utuh, tentunya harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang bahasa sinematik.

Buku Memahami Film Edisi Kedua ini merupakan pengembangan sekaligus pembaruan dari isi buku Memahami Film Edisi Pertama. Tebal buku edisi kedua ini hampir 2x buku edisi pertama. Buku edisi kedua ini menggunakan contoh-contoh kasus baru, lebih dari 500 judul film untuk memudahkan pemahaman pembaca terhadap bahasa sinematik. Empat bab baru hadir dalam buku ini, yakni tentang opening dan ending credits, tribute/homage, film franchise, hingga sejarah film dunia. Semua ini akan melengkapi pengetahuan dan pemahaman pembaca terhadap film. Semua bahasan disajikan ringan dengan contoh film-film populer masa kini.

ADA EMPAT BAB BARU!

  1. Opening & Ending Credits

Apa arti opening logo, post/mid credits scene, opening/ending title sequence, serta outtake? Segala hal yang berhubungan dengan credits ada dalam bab ini.

  1. Tribute/Homage

Sebuah film seringkali tidak lepas dari film lainnya, baik dialog, pengadeganan, kostum, bahkan hingga satu film penuh. Coba saja anda hitung elemen sinematik dalam seri Star Wars, berapa banyak yang sudah digunakan dalam film lain? Semua hal tentang Tribute/Homage dijelaskan secara lengkap dalam bab ini.

  1. Film Franchise

Star Wars Episode 8. Fast & Furious 8. Jurrasic World. The Conjuring 2. Saat ini nyaris tidak ada film populer yang tidak memiliki sekuel atau prekuel. Semua tentang sekuel, prekuel, remake, reboot, spin-off, cinematic universe, serta lainnya dijelaskan secara rinci dalam bab ini.

Baca Juga  Zootopia Tembus $1M!

4. Sejarah Film Dunia

Merupakan satu bab yang berisi sejarah perkembangan sinema dunia dari masa ke masa, sejak teknologi suara dan film berwarna belum muncul hingga era CGI saat ini. Perkembangan sinema Asia terkini termasuk Sinema Indonesia juga disinggung pada bab ini.

Spesifikasi Buku

Judul Buku : Memahami Film (edisi 2)

Penerbit : Montase Press

Tahun : 2017

Penulis : Himawan Pratista

Ukuran : 15.5cm x 23.5cm

Tebal : 336 halaman

ISBN : 978–602–61314-0-9

Email : montasepress@gmail.com

Harga : Rp 120.000,-

 

Pemesanan Resmi:

montasepress@gmail.com

081326646779 (WA)

BAGIKAN
Artikel SebelumnyaRooney Mara berperan sebagai Maria Magdalena Dalam Film Terbarunya
Artikel BerikutnyaThe Villainess
Redaksi Montase
memberikan ulasan serta artikel tentang film yang sifatnya ringan, informatif, mendidik, dan mencerahkan. Kupasan film yang kami tawarkan lebih menekankan pada aspek cerita serta pendekatan sinematik yang ditawarkan sebuah film.

BERIKAN TANGGAPAN

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.