Only the Brave (2017)

134 min|Biography, Drama|20 Oktober 2017
8.1Rating: 8.1 / 10 from 5,247 usersMetascore: 72
Based on the true story of the Granite Mountain Hotshots, a group of elite firefighters who risk everything to protect a town from a historic wildfire.

Only the Brave adalah sebuah film drama yang diadaptasi dari kejadian nyata yang dialami para pemadam kebakaran hutan di sebuah kota kecil di Arizona. Film ini digarap oleh Joseph Kosinski yang sebelumnya menggarap film-film fiksi ilmiah besar, macam Tron dan Oblivion. Only the Brave didukung pula sederetan aktor-aktris senior, diantaranya Josh Brolin, Jeff Bridges, Milles Teller, Taylor Kitsch, Andie McDowell, serta Jennifer Connely.

Kisahnya di awal relatif datar dan berjalan amat lambat. Satu persatu tokoh utama diperkenalkan dengan detil. Eric si superintenden yang berjuang keras agar timnya bisa mendapatkan sertifikasi resmi sebagai pemadam kebakaran hutan, didampingi setia oleh Amanda, istrinya. Sementara Brendan adalah seorang ayah muda yang ingin membuktikan diri bahwa ia telah berubah setelah sebelumnya terlibat dalam berbagai masalah. Beberapa tokoh lain juga disinggung sekali pun porsinya tidak sebanyak dua tokoh di atas. Mereka berdua seolah menjadi pengikat seluruh tim.

Tak banyak konflik cerita di awal selain hanya menggambarkan perekrutan anggota baru yang memang menarik disimak. Kita yang tak tahu apa-apa soal kebakaran hutan, sedikit banyak bisa belajar banyak dari film ini. Sebuah pekerjaan yang membutuhkan kecermatan, intelejensi tinggi, serta fisik yang luar biasa. Bukan hal mudah melakukan apa yang mereka lakukan, dan semua bisa kita rasakan sendiri ketika melihat bagaimana mereka beraksi. Bermain dengan api untuk memadamkan api. Sebuah pekerjaan yang sangat berbahaya dan beresiko tinggi karena sewaktu-waktu situasi dapat berubah tak terkontrol. Kita tahu semua itu sekarang.

Bagi penonton yang sudah tahu kisah aslinya bisa jadi aspek kejutan sama sekali nol. Semata hanya melihat proses bagaimana satu momen tersebut terjadi. Namun, bagi penonton seperti saya yang tidak tahu sama sekali tentang kejadian aslinya, unsur kejutannya sungguh amat luar biasa. Kita bisa melihat, bagaimana sang sineas beberapa kali memancing ke sebuah situasi yang genting, seolah semua bakal mudah diprediksi, namun ternyata salah. Hingga akhirnya momen tersebut datang, dan saya sekali pun tidak mampu menduga arah cerita menuju ke sebuah momen yang amat dramatik. Air mata meleleh pun tak terbendung, semua pemain bermain sangat baik sejak awal untuk akhirnya bisa menghadirkan satu momen klimaks yang amat menyentuh.

Baca Juga  Mission Impossible - Rouge Nation

Only the Brave adalah sebuah dokudrama langka yang mendetil dengan klimaks yang begitu emosional. Semua elemen nyaris sempurna, baik kasting, akting, hingga CGI. Only the Brave dengan sabar mampu menghadirkan sebuah momen paling dramatik dalam sejarah kebakaran hutan di Amerika sejak peristiwa 9/11. Sebagian orang mungkin berkata, warga Amerika tergila-gila dengan sosok pahlawan. Mereka butuh sosok pahlawan. Namun, apa yang mereka lakukan dengan segala usaha keras serta pengorbanan mereka memang layak untuk diabadikan dalam medium film. Tidak hanya semata untuk penghormatan namun juga menginspirasi kita semua.
WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
80 %
BAGIKAN
Artikel SebelumnyaPosesif
Artikel BerikutnyaKuroko’s Basketball: Last Game
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPAN

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.