3 Rekomendasi Drama Korea Adaptasi Serial Barat

0
119

Saat mendengar “Korea Selatan”, tentunya akan membuat kita mengarah pada budaya populer K-Pop dan dramanya. Mengapa tidak, karena negeri gingseng tersebut merupakan negara yang populer dengan musik K-Pop dan tentunya serial drama televisi mereka, alias drakor, yang sangat membuat pemirsa kecanduan. Bahkan tak jarang produksi mereka, di-remake di negara-negara lain, seperti Jepang, Taiwan, Thailand, hingga Amerika Serikat.

Sebut saja, Full House (Thailand), Coffee Prince (Thailand), Princess Hours (Thailand, Indonesia), Signal (Jepang), Descendats of the Sun (Thailand), My Love From the Star (Thailand, Philipina, Indonesia), The Innocent Man (Turki), hingga Good Doctor (AS) yang hingga kini masih tayang dan memasuki musim ke-3. Dan masih banyak lagi drama Korea lainnya yang diadaptasi oleh negara lain.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, sepertinya industri hiburan Korea Selatan mulai tertarik untuk mengadaptasi serial televisi populer AS dan Inggris untuk dibuat versi Korea dengan gaya mereka. Berikut adalah beberapa Drama Korea terbaik yang diadaptasi dari serial televisi barat.

The Good Wife (2016)

The Good Wife adalah drama remake dari serial televisi AS dengan judul yang sama. Seri ini dibintangi Julianna Margulies di CBS dan tayang pada tahun 2009-2016, memiliki 7 musim dan telah ditayangkan sebanyak 156 episode. Namun, versi Korea-nya sendiri hanya terdapat 1 musim dengan 16 episode.

The Good Wife versi Korea diperankan oleh Jeon Do Yeon, Yoo JI Tae, dan Yoon Kye Sang. Drama ini mengambil latar cerita tentang kejatahan politik dan korupsi di Korea Selatan. Drama ini disutradarai oleh Lee Jung Hyo yang sebelumnya sukses dengan drama Witch’s Romance (2014) dan Because It’s The First Time (2015). The Good Wife juga tercatat merupakan serial televisi AS pertama yang diadaptasi ke drama Korea.

The Good Wife bercerita tentang Kim Hye Gyeong (Jeon Do Yeon), seorang istri jaksa terkenal, Lee Tae Joon (Yoo Ji Tae). Kim sangat percaya dengan suaminya, hingga suatu ketika sang suami terkena skandal video dengan wanita lain serta dituduh melakukan tindak korupsi. Sejak kejadian ini, kehidupan mereka pun berubah. Lee dipenjara atas tuduhannya. Sedangkan Kim yang selama 13 tahun hidup sebagai ibu rumah tangga kemudian kembali bekerja menjadi seorang pengacara di firma hukum milik teman lamanya, bernama Seo Joong Woo (Yoon Kye Sang). Dalam perjalanan, Kim Hye-Kyung mulai menemukan identitas diri yang sebenarnya.

Satu hal yang membuat drama ini begitu menarik, selain aktor dan aktrisnya yang memiliki kemampuan akting apik, juga karakter para pemain yang terlihat natural, mulai dari konflik ego, hingga pandangan hidup. Semua karakter tak ada yang berhati malaikat, seperti pada seri drama kebanyakan. Semua karakter utamanya memiliki ego masing-masing, layaknya manusia biasa, tak ada yang benar atau salah. Semuanya dikembalikan kepada kita, penontonnya. Walaupun seri ini tetap menggunakan gaya ciri khas “Korea”, namun tetap tidak berpindah haluan dan berpegang pada cerita aslinya. Semakin lama kita menonton, semakin kita menyadari kepadatan sisi dramanya, bisa jadi karena 156 episode dipersingkat menjadi 16 episode.

Bagi kalian yang telah mengikuti drama The Good Wife versi AS, jangan khawatir akan kebosanan menyaksikan cerita yang berulang karena versi Korea ini memiliki gayanya tersendiri. Bahkan, rasanya banyak hal-hal kecil yang bakal membuat kita jatuh cinta pada drama ini, dari setting lokasi, fashion, hingga adegan-adegan kecil yang yang membuat perasaan kita naik turun.

Criminal Minds (2017)

Criminal Minds merupakan drama tvN yang tayang sejak Juli hingga September 2017. Serial ini hanya memiliki 1 musim dengan 20 episode. Criminal Minds diadaptasi dari serial televisi Amerika Serikat berjudul sama yang terdiri dari 14 musim dengan 15-24 episode per musimnya. Seri yang ditayangkan CBS ini, pertama kali ditayangkan pada 22 September 2005. Para pemainnya adalah Joe Mantegna, Paget Brewster, dan Matthew Gray Gubler.

Berbeda dengan drama kebanyakan, terdapat 6 pemeran utama dalam seri drama ini, Lee Joon Gi memerankan sosok Derek Morgan versi Korea dengan nama Kim Hyun Joon. Sedangkan Son Hyun Joo sebagai Kang Ki Hyung (Aaron Hotchner di versi aslinya), Moon Chae Won sebagai Ha Sun Woo (Emily Prentiss di versi aslinya), Yoo Sun sebagai Nana Hwang (Penelope Garcia di versi aslinya), Lee Sun Bin sebagai Yoo Min Young (Jennifer ‘JJ’ Jareau) serta Go Yoon sebagai Lee Han (Spencer Reid Ph.Di).

Baca Juga  Sekilas tentang Pagebluk, Debut Film Panjang Montase

Criminal Minds hadir sebagai drama thriller yang berpadu dengan prosedur ilmiah. Drama ini berfokus pada seorang profiler yang menyelidiki kasus dari sudut pandang seorang penjahat untuk menyelesaikan kasus yang ditanganinya. Kisahnya mengikuti sekelompok profiler yang sangat terlatih dalam tim Investigasi Kriminal Nasional (NCI) yang melacak penjahat untuk menyelesaikan kasus.

Bagi kalian pecinta drama Korea yang sudah terbiasa dengan gaya khas selipan komedi dan roman, mungkin akan merasa ada sesuatu yang hilang atau kurang. Mengapa? Serial ini dikategorikan sebagai drama serius dan agak berat karena menggunakan pendekatan psikologis dari setiap kasus yang ditangani. Kisahnya benar-benar menggambarkan realita yang terjadi di dalam dunia profiler. Hampir di setiap episodenya hanya berkutat pada dunia psikologi dan kriminalitas.

Keunikan Criminal Minds ini terlihat pada realitas kasus yang diangkat, serta proses dan cara mereka menangkap pelaku mulai dari penculikan, pembunuhan, serta intimidasi. Selain itu, teknologi yang ditampilkan juga sangat canggih hingga membuat kita pun takjub.

Bukan hanya pada sisi aksinya di lapangan, namun adegan analisis pun cukup menarik untuk diikuti. Banyak pelajaran dan pemahaman baru yang diperoleh melalui seri ini. Satu hal lagi adalah kisah masa lalu sang pelaku, yang juga bisa menjadi pelajaran buat kita. Walaupun Criminal Minds tergolong drama yang berat dan serius, namun seri ini sangat layak tonton.

Mistress (2018)

Mistress merupakan remake dari serial hits asal Inggris berjudul sama yang ditulis oleh Rachel Pole, Richard Warlow, Harriet Braun dan Catrin Clarke. Serial ini disiarkan BBC One sejak tahun 2008. Seri ini berjumlah 4 musim dengan rata-rata 4-6 episode yang berakhirpada tahun 2010. Seri drama ini sebelumnya juga telah diadaptasi oleh serial TV Amerika ABC pada tahun 2013-2016 dengan judul sama, memiliki 4 musim dengan total 52 episode.

Mistress yang tayang di OCN dengan jumlah 12 episode ini diarahkan sutradara Han Ji-Seung dan naskahnya ditulis ulang oleh Go Jung-Woon dan Kim Jin Wook. Seri drama ini berfokus pada kisah kehidupan penuh skandal empat orang sahabat.

Jang Se Yun, si pemilik kafe memiliki satu putri, suaminya menghilang dan diduga telah tewas, namun ia masih percaya bahwa sang suami masih hidup. Kim Eun Soo adalah seorang pskiater yang suatu hari mendapat pasien pria yang menceritakan bahwa ayahnya dibunuh oleh selingkuhannya. Eun Soo tidak memberitahu sang pasien bahwa selingkuhan ayahnya adalah dirinya. Ha Jung Won adalah seorang guru yang bersuamikan seorang koki. Suatu hari ketika ribut dengan suaminya, ia melakukan “one-night-stand” dengan guru muda tampan. Terakhir adalah Do Hwa Young yang bekerja di kantor pengacara. Ia perempuan yang menyukai hubungan tanpa ikatan. Suatu hari seorang klien memintanya memata-matai suaminya yang ternyata adalah mantan pacarnya. Ketika empat wanita tersebut mulai memecahkan misteri yang mereka miliki, mereka pun menyadari bahwa misteri yang dialami, mengarah pada satu benang merah.

Serial ini sempat menimbulkan kontroversi karena memiliki banyak adegan dewasa untuk tayangan stasiun TV nasional. Bahkan sempat ada petisi yang diajukan ke pemerintah karena dianggap serial ini dianggap terlalu vulgar. Alhasil, banyak adengan yang di-edit ulang tanpa mengubah cerita. Walaupun begitu, drama ini tidak begitu saja disepelekan karena memiliki alur cerita yang menguras adrenalin penontonnya. Tensi ketegangan sudah ada sejak awal hingga pengembangan konflik dan solusi masalah yang saling berhubungan antara karakter satu dengan lainnya. Bahkan di akhir episode pun masih menyisakan banyak pertanyaan yang belum terungkap dan terus menjadi pertanyaan di hati para penonton.

PENULIS: ANDI SITI HARDIANTI

 

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.