Dalam istilah populer saat ini, generasi muda yang tinggal di kota dengan mimpi, cita-cita, serta gerakan indie dalam ekspresi seni (musik, fesyen, film) dan teknologi disebut kaum hipster;. Inspirasinya berasal dari momen masa-masa muda dari peralihan remaja menuju dewasa. Film-film ini ada yang tergolong musikal, tetapi lebih ke arah genre yang lebih luas, misalnya pop, rock, bahkan alternatif. Berikut 7 film drama mengenai kaum hipster yang rilis dalam dekade ini.

  1. The Runaways (2010)

Terinspirasi dari kisah nyata pada tahun 70-an, Cherie (Dakota Fanning) dan Joan (Kristen Stewart) bertemu dengan remaja putri lainnya yang terobsesi menjadi bintang rock terkenal, membentuk sebuah band rock ‘n roll perempuan bernama The Runaways. Mereka nekad mengikuti audisi, sukses, dan surut dalam waktu yang singkat karena anggota yang tercerai berai.

  1. Pitch Perfect (2012)

Drama musikal komedi ini menceritakan Beca (Anna Kendrick) dengan mimpi berkarier di dunia musik; harus berkompromi dengan ayahnya, antara dunia kuliah dan dunia bermusik. Beca dan teman-temannya lalu ikut kompetisi acapella untuk membuktikan keseriusannya.

  1. Begin Again (2013)

Gadis Inggris bernama Greta (Keira Knigtley) ingin segera hengkang dari New York setelah berpisah dari pacarnya dan bertemu dengan seorang produser musik (Mark Ruffalo). Tiba-tiba saja mereka terlibat dalam pembuatan album musik pop indie di seluruh jalanan kota New York.

  1. Frank (2014)

Jon (Domhnall Gleeson) ingin sekali menjadi musisi dan menciptakan lagu hingga ia bertemu Frank (Michael Fassbender) beserta anggota band-nya. Frank dan kawan-kawan anehnya membuat pengalaman Jon menjadi musisi pop indie tidak seperti yang ia bayangkan.

  1. God Help The Girl (2014)

Emily Browning sebagai Eve, kabur dari tempat rehabilitasi anoreksia dan menonton acara musik. Ia bertemu  dengan James, Cassie, dan pemain musik lain, membentuk sebuah band bernama God Help The Girl. Lewat obsesi bermusik dan menulis lagu, Eve perlahan mulai sadar tentang hubungannya dengan James serta kesehatannya.

  1. Sing Street (2016)
Baca Juga  Hari Film Nasional: Sebuah Refleksi

Berlatar tahun 1985, seorang remaja yang bercita-cita menjadi musisi (Ferdia Walsh-Peelo) terpaksa pindah sekolah karena kondisi keuangan keluarga yang menurun. Sekolah barunya berdisiplin tinggi, ia terus memberontak hingga menemukan teman dan membentuk band serta melakukan rekaman musik video bersama gadis pujaannya.

  1. La La Land (2016)

Holywood, LA, adalah kota impian para seniman muda, termasuk Mia dan Sebastian. Mia (Emma Stone), mengejar mimpinya untuk menjadi aktris top Holywood dengan ikut casting di studio-studio besar. Sedangkan Seb (Ryan Gosling) mencintai music jaz, berencana membangun klub dengan sajian jaz murni. Mereka bertemu dalam paduan musikal jaz.

Artikel SebelumnyaThe Battleship Island
Artikel BerikutnyaThe Conjuring Universe Tembus US$ 1 Milyar.
Lahir dan besar di Kalimantan Barat, merupakan seorang aktivis demokrasi. Tahun 2015 hijrah ke Yogyakarta untuk menekuni ilmu film di sebuah perguruan tinggi swasta. Selain kuliah, menulis dan menggambar animasi menjadi rutinitas pilihannya.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.