A Silent Voice (2016)

130 min|Animation, Drama, Romance|17 Sep 2016
8.2Rating: 8.2 / 10 from 24,796 usersMetascore: 78
A young man is ostracized by his classmates after he bullies a deaf girl to the point where she moves away. Years later, he sets off on a path for redemption.

A Silent Voice atau dalam bahasa jepang berjudul Koe no Katachi merupakan anime adaptasi dari sebuah manga berjudul sama karya Yoshitoki Oima. Film ini diproduksi oleh Kyoto Animation dan disutradarai oleh Naoko Yamada dengan pengisi suara oleh Saori Hayami, Miyu Irino, Aoi Yuki, Kensho Ono, dan Yuki Kaneko. Film ini rilis di Jepang pada 17 September 2016 dan baru diputar di Indonesia pada awal bulan Mei 2017.

A Silent Voice menceritakan tentang seorang gadis tunarungu (Shoko Nishiyama) yang menjadi murid pindahan di sebuah sekolah dasar. Shoko harus menggunakan sebuah note untuk berkomunikasi dengan orang lain akan tetapi hal tersebut justru membuat dirinya diasingkan dan diganggu oleh teman-teman sekelasnya, terutama oleh Shoya Ishida dan gengnya. Aksi bullying terus ia terima dan Shoko hanya diam saja. Perlakuan Shoya dan gengnya semakin menjadi hingga akhirnya sebuah kejadian membuat Shoko harus pindah sekolah. Semenjak itu Shoya mendapat karma dari perbuatannya.

Sepanjang film ini diputar, penonton dibuat menebak apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang akan terjadi pada kedua karakter tersebut. Sulit sekali untuk menebak alur cerita hingga kita harus berkonsentrasi penuh agar tidak ketinggalan satu pun informasi. Hal yang paling menyorot perhatian adalah banyaknya pemakaian teknik yang unik dan belum pernah saya temui di film anime ataupun lainnya, seperti penggunaan tanda silang yang menutupi wajah tokoh yang tidak berhubungan dengan tokoh utama. Namun ada satu adegan yang secara visual sangat tidak nyaman untuk dilihat menjelang akhir filmnya. Pada adegan terakhir, saat Shoya mulai membuka diri untuk mendengarkan sekelilingnya, layar menjadi gelap dengan satu titik pusat yang buram lalu pindah ke shot seorang tokoh dengan background terang yang sangat menyilaukan mata. Hal ini pun dilakukan berulang-ulang dan membuat mata kita tidak nyaman.

Baca Juga  Inuyashiki

A Silent Voice merupakan anime yang mencerminkan dengan baik bagaimana realita kehidupan di sekolah yang dibumbui dengan drama keluarga. Film ini sukses mempermainkan emosi serta memutar otak penonton untuk ikut berpikir hingga akhir filmnya.
WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
65 %
Artikel SebelumnyaKing Arthur: Legend of the Sword
Artikel BerikutnyaAlien: Covenant
Luluk Ulhasanah
Luluk Ulhasanah atau lebih akrab dipanggil EL, lahir di Temanggung 6 September 1996. Sejak kecil hobi menonton film dan menulis. Minatnya pada film membuat ia bergabung dengan Komunitas Film Montase sejak tahun 2016 dan mulai beberapa kali terlibat produksi film pendek, dan aktif menulis review film, khususnya rubrik film Asia. Pada bulan Desember 2017, ia menjadi juri mahasiswa dalam ajang festival film internasional, Jogja Asian Film Festival (JAFF Netpac) 2017. Ia juga salah satu penyusun dan penulis buku 30 Film Indonesia Terlaris 2002-2018. Kini, ia menjabat sebagai Asisten Divisi Website untuk periode 2019-2020.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.