Seperti sudah diduga, film raksasa Marvel, Avengers: Endgame mencatat sejarah box office dengan angka raihan pendapatan yang nyaris mustahil dicapai sebuah film dalam minggu pertamanya. Endgame tercatat memecahkan puluhan rekor box office baik secara domestik di AS maupun secara global. Angka fenomenal dicapai dalam minggu pertama rilisnya yang meraih US$ 1.2 miliar (1.2 billion dollar) secara global! Ini tercatat adalah kali pertama sebuah film menembus angka US$ 1 miliar hanya dalam 5 hari setelah rilisnya. Angka ini melewati rekor sebelumnya yang dicatat oleh Avengers: Infinity War tahun lalu yang meraih US$ 640.5 juta dalam rilis minggu pertamanya. Angka raihan Endgame tercatat hampir 2x angka Infinity War, yang dianggap banyak pengamat box office sebagai sesuatu hal yang tak bisa dibayangkan sebelumnya. Bandingkan saja dengan film superhero Marvel lainnya yang belum lama tayang, yakni Captain Marvel yang setelah 8 minggu rilisnya, mencatat raihan US$ 1.1 miliar secara global. Sangat jauh bukan. Padahal capaian box office Captain Marvel sudah dianggap sebagai sesuatu yang sensasional.

Secara domestik di AS, Endgame juga mencatat rekor opening dengan meraih US$ 350 juta, menumbangkan Infinity War dengan US$ 257.69 juta. Angka sensasional ini jelas dicapai salah satunya karena memecahkan rekor tayang di 4662 bioskop secara serentak dan bahkan di banyak tempat diputar sepanjang 72 jam atau 3 hari berturut-turut tanpa henti! Pertanyaan besar sekarang, apakah Endgame bakal menembus angka psikologis US$ 1 miliar secara total domestik? Rekor film terlaris sepanjang masa di AS hingga kini masih dipegang oleh Star Wars: The Force Awakens dengan US$936.6 juta.

Sementara secara internasional (minus Amerika Utara), Endgame berhasil melewati jauh angka opening The Fate of the Furious (US$ 443.15) dengan capaian US$ 859 juta. Tiongkok memuncaki daftar opening terbesar dengan angka US$ 330.5 juta, diikuti Inggris Raya (US$ 53.8), Korea (US$ 47.4 juta), Meksiko (33.1 juta), Australia (US$ 30.8 juta), Jerman (US$26.9 juta). Sementara Indonesia sendiri mencatat raihan opening sebesar US$ 14.1 juta. Kita lihat beberapa minggu mendatang apakah Endgame mampu mencetak rekor box office lainnya.

Baca Juga  Avengers: Infinity War Trailer, Pecahkan Rekor!

Sumber: boxofficemojo.com

Artikel Sebelumnya27 Steps of May
Artikel BerikutnyaThe Vanishing
memberikan ulasan serta artikel tentang film yang sifatnya ringan, informatif, mendidik, dan mencerahkan. Kupasan film yang kami tawarkan lebih menekankan pada aspek cerita serta pendekatan sinematik yang ditawarkan sebuah film.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.