Film Suicide Squad kini tengah ramai diperbincangkan. Sejak tayang premiere di negara asalnya kemarin, berbagai kritik mengenai film “superhero” ini bermunculan. Salah satunya adalah penilaian dari website populer rottentomatoes.com. Rotten Tomatoes adalah sebuah website yang mengulas berbagai hal tentang film yang mengutakan ulasan disertai dengan rating berupa prosentase. Review dan rating tersebut adalah opini rata-rata berdasarkan ratusan kritikus di seluruh dunia yang dianggap kompeten. Prosentase 60% ke bawah dianggap sebuah film “rotten” (tomat busuk) sementara 61% ke atas adalah “fresh” (tomat segar). Poin 90% berarti ada 90 dari 100 kritikus yang menilai film tersebut “fresh” jika 40% berarti hanya ada 40 dari 100 kritikus yang menilai film tersebut ”fresh” dan film tersebut mendapat simbol tomat busuk.

Rotten Tomatoes memberikan rating yang amat rendah untuk film Suicide Squad, yaitu 29% (hingga berita ini ditulis) dengan konsensus, “Suicide Squad boasts a talented cast and a little more humor than previous DCEU efforts, but they aren’t enough to save the disappointing end result from a muddled plot, thinly written characters, and choppy directing.” Sementara di website yang sama justru berbanding terbalik banyak sekali orang yang menyatakan ingin menonton film (want to see) tersebut hingga 97%. Kritikus, David Ehrlich dari Indie Wire memberikan rating D+, dengan berkomentar bahwa para pahlawan dalam Suicide Squad mungkin saja memang buruk, tetapi filmnya justru lebih buruk. Sedangkan, Richard Lawson dari Vanity Fair berkata bahwa film ini bahkan lebih buruk daripada film Fantastic Four.

Merasa kecewa oleh rendahnya nilai kritik terhadap film favorit mereka, para fans kemudian membuat petisi untuk menutup website Rotten Tomatoes. Hingga berita ini dimuat indiwire.com, petisi telah diisi oleh 16.000 orang dan diharapkan mencapai target hingga 25.000 orang. Petisi ini dibuat oleh fans DC Comics bernama Abdullah Coldwater. Ia menyatakan melalui tulisannya bahwa sebenarnya petisi ini tidak akan benar-benar menutup Rotten Tomatoes, tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan pesan bahwa banyak sekali fans yang merasa tidak setuju dengan review pada kritikus tersebut. Menurut Coldwater, petisi ini merupakan ekspresi dari kemarahan para fans.

Baca Juga  Dapatkan Buku MEMAHAMI FILM Edisi 2!

Suicide Squad yang digarap oleh David Ayer menampilkan Will Smith (Deadshot), Margot Robbie (Harley Quinn), Jared Leto (Joker), serta banyak pemain berbakat lainnya. Film ini dianggap sebagai film superhero yang unik dan berbeda dengan film superhero lainnya dengan mengunggulkan unsur komedi. Berbujet 175 juta dolar, film ini dapat membuat penonton merasa puas atau malah setuju dengan kritik dalam rottentomatoes.com? Silakan berikan pendapat anda!

SUMBERSumber: indiewire.com
Artikel Sebelumnya3 Srikandi
Artikel BerikutnyaThe Shallow
Menonton film sebagai sumber semangat dan hiburan. Mendalami ilmu sosial dan politik dan tertarik pada isu perempuan serta hak asasi manusia. Saat ini telah menyelesaikan studi magisternya dan menjadi akademisi ilmu komunikasi di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.