first llove

Kepopuleran melegenda dari lagu First Love yang dinyanyikan oleh Utada Hikaru rilisan tahun 1997, membuat Netflix tertarik untuk menggarap series yang terinspirasi dari lagu tersebut. Ditulis dan disutradarai oleh Yuri Kanchiku, First Love memiliki total 9 episode yang dapat ditonton di layanan streaming berbayar, Netflix.

Harumichi Namiki (diperankan oleh Takeru Satoh), seorang mantan pilot yang sekarang bekerja sebagai penjaga Gedung menemukan cinta pertamanya lagi setelah terpisah selama 20 tahun. Sang cinta pertama, Yae Noguchi (diperankan oleh Hikari Mitshushima), seorang supir taksi, ternyata telah menikah sebelumnya dan memiliki seorang putra. Awalnya, Yae Noguchi tidak mengenali siapa Harumichi Namiki sebelumnya. Ia hanya mengenal Harumichi sebagai kawan sang anak, karena Yae pernah mengalami amnesia. Lagu First Love dari Utada Hikaru lah yang membangkitkan memori Yae tentang siapa Harumichi sebenarnya.

First Love dibintangi oleh aktor dan aktris populer Jepang. Takeru Satoh dan Hikari Mitshushima, dua idola Jepang yang kerap wara-wiri di TV serta layar lebar ini sangat apik memainkan peran Harumichi Namiki dan Yae Noguchi. Ada juga bintang baru seperti Yagi Rikako dan Taishei Kido yang juga tampak bersinar memerankan Yae Noguchi dan Taishei Kido saat muda.

Sejak episode pertama, serial Jepang ini mampu menunjukkan kemampuannya dari segi visual dan plot. Berlatar hampir sepanjang musim, First Love menampilkan visual yang sangat cantik. Uniknya, jika diperhatikan baik keluarga Yae maupun Harumichi memiliki ciri khas warnanya masing-masing. Keluarga Yae hampir selalu hadir dengan pakaian bernuansa biru, sedangkan keluarga Harumichi kerap tampil dengan baju bernuansa merah.

Meskipun memiliki alur maju mundur yang cukup mengejutkan, serial ini tidak membuat para penontonnya bingung dan mampu dinikmati dengan baik. Setiap scene layaknya puzzle yang disusun merangkai sebuah cerita dengan sempurna. Selain lagu First Love dari Utada Hikaru, series ini juga mengajak penonton bernostalgia dengan film Titanic yang juga digandrungi pada masa itu. Tak hanya mempertontonkan sebuah kisah cinta pertama yang manis, lugu, nun menyenangkan, First Love juga memperlihatkan kisah jatuh bangun serta perjuangan seseorang dalam hidupnya dengan realistis.

Baca Juga  The Midnigth Sky

Pada episode 3, seri ini menyajikan sebuah konflik besar sebagai jawaban, mengapa Yae dan Harumichi bisa menjadi seperti orang asing ketika mereka dewasa. Diceritakan bahwa ternyata Yae telah mengalami kecelakaan tertabrak mobil dan mengakibatkan ia amnesia. Meskipun klise, tetapi pengemasan ceritanya bisa dibilang cukup bagus dan tidak berlebihan. Taishei Kido juga menunjukan performa maksimalnya dalam adegan ini. Emosi yang ia sampaikan dapat tersalurkan ke penonton dengan baik. Penampilannya dalam serial ini patut mendapatkan apresiasi, karena mampu memainkan perannya dengan baik walau pengalamannya dalam berakting belumlah banyak.

First Love bukan hanya menggambarkan kisah cinta pertama yang tak selalu manis, lugu, nun menyenangkan semata. Lebih dari itu, First Love pun mengisahkan tentang perjuangan seseorang dalam menghadapi sebuah kenyataan hidup yang tidak mudah untuk dijalani.

PENILAIAN KAMI
Overall
80 %
Artikel SebelumnyaMy Father’s Dragon dan Sekelumit Tentang Animasi Irlandia
Artikel BerikutnyaAdagium
Siska Ayu Diaz Sekarini lahir di Karanganyar pada 10 Februari 2001. Mahasiswa sastra inggris ini memiliki ketertarikan di dunia perfilman sejak duduk dibangku sekolah menengah. Ia pernah berpartisipasi dalam sebuah film pendek berjudul Eyes Of a Blue Dog (2022) sebagai seorang asisten sutradara.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.