Furious 7 (2015)
137 min|Action, Crime, Thriller|03 Apr 2015
7.1Rating: 7.1 / 10 from 413,046 usersMetascore: 67
Deckard Shaw seeks revenge against Dominic Toretto and his family for his comatose brother.

Sejak titik balik sukses Fast Five silam, produser dan penulis naskah sadar jika formula “team work” bekerja sempurna mempermulus sukses seri ini dibanding sebelumnya. Seri ke-6, dengan pula menggunakan formula sama terbukti meraih sukses melebihi seri ke-5. Dan kali ini seri ke-7 mereka juga menggunakan formula yang sama, ditambah kepergian Walker sebelum film ini selesai produksi, kesuksesan film ini melebihi ekspetaksi siapa pun hingga bisa dipastikan seri ke-8, 9, dan seterusnya kemungkinan besar akan terus diproduksi. Dijamin.

Sekuel demi sekuel diproduksi semata karena sukses film sebelumnya tanpa terkonsep sejak awal dan mengalami perubahan besar sejak seri kelima karena mampu menggabungkan semua unsur cerita dari seri pertama hingga empat, yang berlanjut hingga Furious 7. Penulis naskah cukup pintar mengakali kita dengan mampu menghubung-hubungkan cerita dari seri-seri sebelumnya dengan sedikit memutarbalikkan fakta dan logika. Siapa pun tahu Letty yang tewas di seri ke-4 dihidupkan kembali di seri ke-6 semata hanya karena tuntutan pasar (tanpa direncanakan dari awal). Sama halnya Han yang tewas pada seri ke-3 ternyata dibunuh Deckard Shaw pada seri ke-7 (Jason Statham). Ini jelas terlalu memaksa dan konyol.

Furious 7 mengambil cerita sesaat setelah seri ke-3 sejak Han tewas. Inti cerita hanya sederhana, Dominic dan kawan-kawan ingin membalas dendam kematian rekan dekatnya (baca: family) tersebut. Sementara lucunya, Deckard Shaw sendiri ingin membalaskan dendam adiknya, Owen Shaw, yang kini koma akibat aksi Dominic dan kawan-kawan di seri ke-6. Dominic mendapat tawaran dari agen Frank Petty (Russel) untuk membantu mecari Deckard namun ia harus membantu sang agen mendapatkan sebuah program komputer maha dahsyat bernama God’s Eye. Cerita film hanya bergerak seputar ini dan lucunya setiap kali usaha Dominic dan kawan-kawan mendapatkan God’s Eye disitu pulalah Deckard Shaw muncul. Pertanyaan sederhana: Buat apa mengejar God’s Eye, mengapa Dominic dan tim tidak lantas fokus mengejar Deckard?. Plot filmnya telah membunuh filmnya sendiri.

Baca Juga  The Father

Bicara soal aksi, sehebat apapun aksi jika cerita tidak memiliki motif yang kuat tetap saja terasa hambar. Ini masalah besar filmnya kecuali untuk penonton yang memang ingin menonton aksinya, cerita atau motif bukan masalah. Aksi gila-gilaan di luar nalar mulai muncul di seri ke-6, ketika mobil-mobil dan para pemain berterbangan di aksi jalanan mereka dan kini aksi lebih gila lagi muncul. Mobil-mobil yang terjun dari pesawat menggunakan parasut bukan hal yang baru dalam film dan ini masih bisa dinalar namun ketika satu mobil “terbang” dari satu gedung pencakar langit ke pencakar langit yang lain hingga dua kali, ini jelas kelewatan. Logika aksi sejak seri ke-1 dan ke-5 masih dalam batas toleransi tapi seri ke-7 ini sudah luar biasa kebablasan.

Furious 7 dengan segala aspeknya semata hanya bisnis dan pastinya fans aksi seri ini tidak akan kecewa. Mendiang Paul Walker jelas menjadikan film ini salah satu tontonan paling dramatik yang pernah ada. Tak seorang pun lepas dari sosok Walker yang seolah dihidupkan kembali dalam film ini. Adegan akhir yang menjadi tribute buat Paul juga disajikan sangat menyentuh. Paul Walker menjadi faktor besar bagi kesuksesan film ini. Tidak apapun yang bisa ditawarkan Furious 7 selain ini. Semoga seri ke-8 dan seterusnya bisa menggunakan pendekatan yang berbeda dengan sisi dramatik yang lebih kuat dan aksi jalanan yang lebih nalar.

Movie Trailer

PENILAIAN KAMI
Total
30 %
Artikel SebelumnyaWhiplash
Artikel BerikutnyaAvengers: Age of Ultron
His hobby has been watching films since childhood, and he studied film theory and history autodidactically after graduating from architectural studies. He started writing articles and reviewing films in 2006. Due to his experience, the author was drawn to become a teaching staff at the private Television and Film Academy in Yogyakarta, where he taught Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut film book, "Understanding Film," was published in 2008, which divides film art into narrative and cinematic elements. The second edition of the book, "Understanding Film," was published in 2018. This book has become a favorite reference for film and communication academics throughout Indonesia. He was also involved in writing the Montase Film Bulletin Compilation Book Vol. 1-3 and "30 Best Selling Indonesian Films 2012-2018." Additionally, he authored the "Horror Film Book: From Caligari to Hereditary" (2023) and "Indonesian Horror Film: Rising from the Grave" (2023). Until now, he continues to write reviews of the latest films at montasefilm.com and is actively involved in all film productions at the Montase Film Community. His short films have received high appreciation at many festivals, both local and international. Recently, his writing was included in the shortlist (top 15) of Best Film Criticism at the 2022 Indonesian Film Festival. From 2022 until now, he has also been a practitioner-lecturer for the Film Criticism and Film Theory courses at the Yogyakarta Indonesian Institute of the Arts in the Independent Practitioner Program.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.