Karakter James Bond identik dengan setelan jas yang rapi dan elegan. Tidak ketinggalan pistol canggih serta gadget yang selalu menemaninya beraksi. Untuk urusan minuman, Bond selalu setia dengan vodka martini, dengan yakin ia katakan “shaken not stirred”. Penuh percaya diri, paham apa yang harus dilakukan, dan memiliki selera yang tinggi membuat James Bond tampak begitu karismatik.

Dari sebanyak 24 seri film James Bond yang diproduksi oleh EON Productions, terdapat 6 pemeran James Bond dari masa ke masa. Mereka semua unggul secara fisik baik wajah maupun postur tubuh. Tidak diragukan lagi bahwa secara visual mereka memang pantas menjadi sosok pujaan para perempuan di seluruh belahan bumi. Karakter Bond dalam setiap filmnya tentu dipengaruhi skenario. Tetapi, aktor juga sangat berpengaruh dalam membawakan sosok James Bond yang sangat berkaitan dengan karakter pribadi sang aktor itu sendiri. Lalu siapakah pemeran yang paling keren membawakan karakter James Bond?

  1. Sean Connery

Sean Connery sangat berkontribusi besar dalam menghidupkan karakter James Bond. Ia berperan sebagai Bond sejak film pertamanya, Dr. No (1962). Bermain dalam 6 seri, penampilan Connery sebagai Bond dapat diamati secara detil. Connery membawakan karakter Bond sebagai tipikal pria dewasa yang percaya diri, yakin bahwa ia dapat menguasai segala kondisi, tengil, dan amat penggoda. Ia tampak mudah tersenyum dan menyenangkan. Namun sayangnya, tatapan dan gesture yang menunjukkan bahwa ia laki-laki yang suka menggoda justru membuat nilai godaan itu sendiri tidak lagi begitu berharga. Connery membuat karakter Bond tampak seperti laki-laki yang tidak tahan godaan dan selalu siap menikmati semua perempuan yang ada di sekelilingnya tanpa saringan  yang bersifat personal.

  1. George Lazenby

George Lazenby adalah satu-satunya aktor yang hanya bermain dalam 1 seri. Lazenby bermain cukup baik dalam On Her Majesty’s Secret Service (1969). Ia memang tampak seperti Prince Charming yang ketampanannya sanggup membuat perempuan manapun menoleh. Ia dengan senang hati menebarkan senyumnya yang mempesona. Tatapan mata Lazenby menunjukkan rasa percaya diri yang timbul dari kesadarannya bahwa ia adalah seorang laki-laki yang good looking. Lazenby memang tampan dan ia sadar itu, tapi sayangnya ia tidak cukup menggigit. Lazenby tidak tampak berani, Karakternya lembek dan tidak terkesan macho. Lazenby membuat karakter Bond tampak seperti anak laki-laki baik-baik yang sama sekali tidak misterius dan menantang. Tidak cukup kuat untuk mewakili karakter seorang mata-mata yang gesit, tegas dan cerdas.

  1. Roger Moore

Wajahnya yang rupawan dan terkesan ramah ini mudah meluluhkan hati perempuan. Ia punya selera humor yang baik dan gesture-nya pun lembut. Caranya menatap begitu meneduhkan, sanggup membuat perempuan klepek-klepek. Meskipun begitu, ia juga gesit dan sigap sehingga nampak selalu bisa diandalkan. Karakter laki-laki seperti ini biasanya mudah membuat perempuan merasa nyaman dan aman terlindungi. Bermain di 7 seri Bond, Roger Moore memang layak untuk diperhitungkan. Film demi film, gesture Moore yang semakin tenang dan yakin membuatnya terkesan sebagai laki-laki yang bijak. Penampilannya begitu memukau hingga ia pun masih diminta untuk berperan sebagai Bond di usianya yang sudah tidak muda lagi. Untung saja wajahnya yang rupawan masih tetap enak dilihat meskipun sudah mulai berkeriput. Bahkan semakin tua, ia justru tampak semakin karismatik.  Penampilannya di Octopussy (1983) boleh dibilang sebagai penampilannya yang paling berkesan.

  1. Timothy Dalton

Timothy Dalton bermain dalam dua seri yaitu The Living Daylights (1987) dan Licence To Kill (1989). Dalam dua film ini, karakter Bond tampak dingin dan lebih sadis. Ekspresi wajah dan bahasa tubuh Dalton tampak tidak seperti karakter-karakter Bond sebelumnya. Tatapan matanya begitu tajam dan meskipun ia sedang tersenyum manis. Dalton memang cocok sekali menjadi pria penuh aksi dan loyal pada pekerjaannya. Namun sayangnya, ia tampak tidak sepenuhnya menikmati momen intim disaat ia sedang bersama perempuan yang ia sukai. Sikap tubuh dan tatapan mata Dalton seolah-olah menunjukkan bahwa ia selalu siaga sehingga perhatiannya tidak fokus tertuju pada sang perempuan. Harus diakui bahwa penampilan Timothy Dalton tidak begitu berkesan. Ia terlalu dingin untuk menjadi sosok pria pujaan.

  1. Pierce Brosnan
Baca Juga  UEFA's Short - Tottenham v Liverpool: Perayaan Puncak dalam Kemasan Filmis Istimewa

Pierce Brosnan mempunyai gaya tersendiri. Sejak berperan dalam GoldenEye (1995), Brosnan membuat karakter Bond menjadi lebih karismatik dan menyenangkan. Brosnan mungkin bukanlah aktor pemeran Bond yang memiliki visual paling menarik. Tapi ia bisa menampilkan hal-hal menarik dari seorang James Bond khususnya di mata para perempuan. Ia tampak memesona justru karena ia berhasil membuat orang lain percaya bahwa ia adalah laki-laki yang memesona. Perhatikanlah cara Brosnan bersikap dalam 4 seri Bond yang ia perankan. Bahasa tubuh, gerak-gerik, dan tatapan matanya memancarkan kepercayaan diri dan ini begitu seksi. Tampak sekali Brosnan begitu menikmati perannya. Ia sanggup menampilkan karakter Bond yang menikmati pekerjaannya, menikmati kegiatannya, dan yang paling utama – dirinya sendiri. Sikapnya cuek, tidak terburu-buru, dan tatapannya yang penuh percaya diri begitu menantang untuk terus mendekat. Ia pun tidak terlalu ramah, tidak terlalu genit, tapi juga tidak dingin. Brosnan bukan tipe laki-laki bijak ataupun manja. Dia mungkin tidak lembut ataupun humoris. Ia pun menolak untuk terlihat desperately menginginkan dan membutuhkan kaum hawa. Sikapnya ini justru membuat ia menjadi misterius dan membuat perempuan penasaran. Sikapnya yang santai dan tidak terlalu mengayomi/mengemong perempuan malah bisa membuat perempuan merasa dekat secara emosional. Brosnan berhasil membuat karakter Bond yang misterius tapi juga seru untuk dijadikan partner berpetualang penuh aksi.

  1. Daniel Craig

Inilah pemeran James Bond di 4 seri terakhir. Daniel Craig mengesankan sosok Bond yang serius, fokus, dan ambisius. Sikap laki-laki yang seperti ini memang bisa menjadi tampak seksi. Tetapi pada porsi yang telalu banyak malah justru membosankan. Daniel Craig membentuk karakter Bond yang tidak begitu suka dengan aksi tebar pesona. Ia justru suka melakukan hal yang menantang seiring dengan egonya. Tetapi sikapnya ini justru membuatnya terkesan kurang hangat dan tidak menarik untuk didekati. Perempuan akan jatuh ke pelukannya karena berada di momen yang membuatnya ‘terpaksa’ berada di posisi yang dekatnya. Karena Bond hadir di depan mata, bukan karena Bond menarik untuk terus diikuti dan raih untuk selalu berada di sisi sang perempuan. Ia kurang santai, kurang lembut, dan kurang humor. Satu kata sederhana yang dapat dengan cepat diucapkan menggambarkan Bond yang diperankan oleh Daniel Craig adalah membosankan.

Dari hasil pengamatan penulis selama menonton seluruh film seri James Bond berulang-ulang, penulis kemudian bisa memilih manakah James Bond favorit yang layak menjadi laki-laki idaman. Penilaian ini memang bersifat sangat personal dan subyektif, tapi semoga ulasan ini bisa cukup mewakili suara para perempuan pecinta James Bond. Pierce Brosnan adalah sosok James Bond yang paling menyenangkan. Brosnan begitu charming, cool dan seru. Laki-laki seperti ini asik untuk diajak mengisi hari demi hari dengan penuh petualangan menantang dan berkesan. Lalu, manakah James Bond farovit kamu?

Artikel SebelumnyaRogue One
Artikel BerikutnyaBulan Terbelah di Langit Amerika 2
Menonton film sebagai sumber semangat dan hiburan. Mendalami ilmu sosial dan politik dan tertarik pada isu perempuan serta hak asasi manusia. Saat ini telah menyelesaikan studi magisternya dan menjadi akademisi ilmu komunikasi di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.