Biografi dan Film-Filmnya

Alicia Christian “Jodie” Foster lahir pada 19 November 1962 di Los Angeles, California. Orang tuanya bercerai tiga tahun sebelum ia lahir. Ayahnya adalah seorang Letnan Kolonel Angkatan Udara. Ketika masih dalam kandungan, ibunya Evelyn “Brandy” Ella tinggal bersama ayahnya, Lucius Fisher Foster. Bakat akting Foster telah tampak sejak ia masih balita. Pada umur tiga tahun ia sudah mulai bermain dalam sebuah iklan komersil produk Coppertone Sunblock yang diikuti beberapa iklan komersil lainnya. Saat berumur lima tahun ia bahkan telah berakting di sebuah acara televisi, Mayberry R.F.D. (1968) dan diikuti The Doris Day Show, Adam-12, serta Gun Smoke. Di serial televisi Gunsmoke inilah untuk pertama kalinya Foster menggunakan nama kecilnya dalam kredit, yakni “Jody”.

Debutnya di dunia film dimulai ketika ia membintangi film untuk televisi Menace on the Mountain (1970). Studio Walt Disney yang melihat bakat akting Foster merekrutnya untuk membintangi beberapa film anak-anak produksi mereka, seperti Napoleon and Samantha (1972) dan One Little Indian (1973). Di tahun 1973, Foster juga bermain dalam film-film seperti Rookie of the Year, Alexander, Alexander, The Addams Family, Kung Fu, Tom Sawyer, dan Alice Doesn’t Live Here Anymore dan setelahnya bermain dalam Smile, Jenny, You’re Dead, Paper Moon, serta The Secret Life of T.K. Dearing.

Bakat Foster pada masa ini juga telah menuai pujian formal dari banyak kalangan. Dalam film The Little Girl Who Lives Down the Lane ia berperan sebagai sebagai Rynn Jacobs yang mendapat penghargaan Saturn Award untuk aktris terbaik. Dalam film komedi, Freaky Friday ia berperan sebagai Annabel Andrews bermain bersama aktris Barbara Harris yang untuk aktingnya dalam peran ini meraih nominasi aktris terbaik dalam ajang Golden Globe. Foster juga bermain dalam Bugsy Malone sebagai Tallulah yang aktingnya meraih penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik dalam ajang BAFTA Award.

Karir Foster semakin melesat setelah ia bermain dalam film Taxi Driver (1976) arahan sutradara kondang Martin Scorsese. Disini Foster juga bermain bersama aktor senior Robert De Niro. Foster berperan sebagai Iris seorang pelacur berusia 12 tahun. Dalam film ini akting Foster yang memukau meraih nonimasi Oscar untuk aktris pendukung terbaik. Film ini sendiri meraih empat Oscar termasuk untuk film terbaik dan hingga kini dianggap sebagai salah satu film terbaik yang pernah diproduksi. Untuk perannya ini Foster juga mendapat penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik dalam ajang BAFTA, Kansas City Film, serta National Society of Critics Award.

Baca Juga  The Silence of the Lamb, Kemenangan Hopkins, Foster, dan Demme

Sejak ia masih cilik hingga beranjak remaja, total ia membintangi hampir 50 judul film sebelum ia masuk bangku kuliah. Film terakhir yang ia bintangi pada masa-masa ini adalah Foxes (1980) sebelum ia masuk Yale University untuk mengambil studi literatur pada usia 17 tahun. Foster sendiri akhirnya lulus pada tahun 1985 dengan predikat sangat memuaskan. Pada masa kuliahnya ini ia juga tidak bisa lepas dari dunia akting dan menyempatkan bermain dalam beberapa film. Pada tahun 1982 ia bermain dalam O’Hara’s Wife, tahun 1983 ia bermain dalam Svengali bersama Peter O’Toole, tahun 1984 bermain dalam The Blood Of Other (Le Sang des autres), dan The Hotel New Hampshire.

Tragedi tak mengenakkan menimpa Foster semasa ia kuliah. Seorang pria bernama John Hickley terobsesi berat dengan sang aktris terutama setelah ia menonton Taxi Driver beberapa kali. Hickley menguntit Foster hingga ke kampus serta meneror dengan surat dan telepon. Pada tanggal 30 Maret 1981, ia bahkan mencoba membunuh Presiden Amerika Serikat kala itu, Ronald Reagan hanya sekedar untuk mencari perhatian sang aktris. Setelah kejadian tersebut ratusan media menyerbu kampus Yale untuk mencari segala berita tentang Foster. Setelah semua masalah berakhir secara hukum namun tragedi ini tetap membekas bagi Foster yang sangat mengguncang rasa percaya dirinya.

1
2
3
4
Artikel SebelumnyaThe Accused, Menggali Potensi Sang Bintang Muda
Artikel BerikutnyaDari Redaksi mOntase
Agustinus Dwi Nugroho
Agustinus Dwi Nugroho lahir di Temanggung pada 27 Agustus 1990. Ia menempuh pendidikan Program Studi Film sejak tahun 2008 di sebuah akademi komunikasi di Yogyakarta. Di sini ia mulai mengenal lebih dalam soal film, baik dari sisi kajian maupun produksi. Semasa kuliah aktif dalam produksi film pendek baik dokumenter maupun fiksi. Ia juga lulus dengan predikat cum laude serta menjadi lulusan terbaik. Ia mulai masuk Komunitas Film Montase pada tahun 2008, yang kala itu masih fokus pada bidang apresiasi film melalui Buletin Montase, yang saat ini telah berganti menjadi website montasefilm.com. Sejak saat itu, ia mulai aktif menulis ulasan dan artikel film hingga kini. Setelah lulus, ia melanjutkan program sarjana di Jurusan Ilmu Komunikasi di salah satu perguruan tinggi swasta di Jogja. Penelitian tugas akhirnya mengambil tema tentang sinema neorealisme, membandingkan film produksi lokal yang bertema sejenis. Tahun 2017, Ia menyelesaikan studi magisternya di Program Pascasarjana Jurusan Pengkajian Seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dengan minat utama film. Penelitian tesisnya terkait dengan kajian narasi dan plot sebuah film. Saat ini ia berprofesi sebagai dosen lepas di beberapa perguruan tinggi mengampu mata kuliah terkait film, baik kajian maupun produksi. Ia juga aktif memberikan pelatihan, kuliah umum, seminar di beberapa kampus, serta menjadi pemakalah dalam konferensi Internasional.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.