Johnny English Strikes Again (2018)
89 min|Action, Adventure, Comedy|26 Oct 2018
6.6Rating: 6.6 / 10 from 15,023 usersMetascore: 39
After a cyber-attack reveals the identity of all of the active undercover agents in Britain, Johnny English is forced to come out of retirement to find the mastermind hacker.

Johnny English Strikes Again adalah film seri ketiga dari petualangan agen Johnny English yang kembali diperankan komedian ikonik, Rowan Atkinson. Filmnya digarap oleh David Kerr dengan didukung pemain-pemain kenamaan, seperti Emma Thompson, Olga Kurylenko, serta Ben Miller. Mr. Bean seperti tak ada matinya, dan kini petualangan apa lagi yang ingin ditawarkan filmnya di usia sang aktor yang memasuki umur 63 tahun.

Kantor pusat markas agen rahasia Inggris di London di-hack seseorang sehingga semua agen yang kini ada di lapangan terekspos identitasnya. Tak ada agen lapangan tersisa dan pihak pemerintah terpaksa mengutus agen lama (baca: tua) untuk menyelidiki kasus ini. Johnny yang kini berprofesi sebagai guru seolah dasar kini terpaksa harus kembali ke lapangan untuk menyelamatkan negaranya.

Kita semua tahu, Johhny English identik dengan sosok Mr. Bean, dan semua aspeknya, baik dari sisi cerita, pengadeganan hingga tentu aksi komedinya memberi ruang penuh bagi sosok ini untuk beraksi dengan segala kekonyolannya. Intinya, tak usahlah kita membahas cerita karena polah Bean, eh Johnny, adalah sajian utama film ini. Semua orang telah kenal betul karakter ini, apa saja bisa terjadi dan tak ada yang tak mungkin. Polah Johnny selalu berujung malapetaka bagi orang lain, dan inilah yang membuat film ini menghibur banyak penonton.

Baca Juga  Brave

Formula komedinya yang khas, “old school”, bisa jadi memang masih ampuh bagi penonton sekarang. Semua serba mudah diprediksi. Ketika Johnny meremehkan satu hal dengan mimiknya yang khas maka hal yang ditakutkan (diharapkan penonton) pasti bakal terjadi. Banyolan ini sudah usang, namun tidak bagi sebagian besar penonton yang memenuhi bioskop. Aksi terpleset, bom, terlempar dari gedung, hingga aksi VR mampu membuat seisi bioskop bergemuruh. Kadang banyolan berkelas muncul (contoh saja, “London Lemming”, jawabnya ketika bartender bertanya ingin minum apa), namun sebagian besar guyonan slapstick-nya sudah tidak lagi menggelitik.

Dengan mengusung formula komedi yang sudah menjadi trademark sang bintang, Johnny English Strikes Again bakal memuaskan para fansnya sekalipun gaya banyolannya kini sudah tampak usang. Beberapa pemain pendukung, seperti Emma Thompson dan Miller bermain baik, namun Kurylenko hanya tampak sebagai pemanis semata. Jika memang kamu fans Mr.Bean, jelas akan terhibur seperti apa yang kamu harapkan.

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
50 %
Artikel SebelumnyaAlpha
Artikel BerikutnyaFinal Score
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini