Roberts bermain dalam film komedi romantis Notting Hill (1999) bersama Hugh Grant. Lagi-lagi Roberts sekalipun dibayar tinggi namun setimpal dan layak dianggap sebagai pembawa keberuntungan bagi film-film bergenre komedi romantis. Hanya dengan bujet produksi sebesar $42 juta film garapan Roger Michell ini meraih pendapatan lebih dari $360 juta. Untuk akting manisnya, Robert juga dinominasikan sebagai aktris terbaik dalam ajang Golden Globe. Dalam tahun yang sama dia juga berperan kembali dalam film komedi romantis, Runaway Bride, bereuni kembali bersama aktor Richard Gere. Film ini kembali sukses besar meraih lebih dari $300 juta di seluruh dunia. Roberts juga menjadi bintang tamu dalam serial televisi Law & Order, episode Empire bersama Benjamin Bratt yang kala itu menjadi kekasihnya. Pada 1999, dia berperan dalam film drama yang mendapatkan banyak kritik bersama Susan Sarandon, Stepmom.

Roberts mencapai masa puncak karirnya setelah ia membintangi film drama biografi, Erin Brockovich (2000) yang diambil dari kisah nyata. Film arahan Stephen Soderberg ini berkisah tentang seorang ibu tunggal yang memiliki tiga orang anak sekaligus wanita karir. Roberts berperan sebagai Erin Brockovich yang bekerja pada sebuah firma hukum kecil yang menuntut sebuah perusahaan raksasa akibat masalah pencemaran limbah. Untuk perannya yang sangat meyakinkan dalam film ini, Roberts akhirnya meraih Oscar untuk peran wanita utama terbaik. Film ini sendiri meraih beberapa nominasi Oscar, termasuk film dan sutradara terbaik. Beberapa penghargaan lain juga didapatkan Roberts dari beberapa ajang bergengsi lainnya, seperti Golden Globe dan BAFTA. Selain sukses kritik film ini juga sukses komersil meraih lebih dari $250 juta dari bujet produksi hanya sekitar $50 juta.

Setelah ini tercatat Roberts berkolaborasi bersama Steven Soderbergh dalam tiga film berikutnya, yakni Ocean’s Eleven (2001), Full Frontal (2002), dan Ocean’s Twelve (2004). Dalam dua seri Ocean ia bermain bersama bintang-bintang top seperti George Clooney, Brad Pitt, dan Matt Damon. Pada tahun 2001 selain membintangi Oceans’s Eleven, Roberts juga membintangi The Mexican, sebuah film gangster komedi juga bersama Brad Pitt serta film komedi romantis America’s Sweetheart bermain bersama bintang-bintang top macam John Cussak, Catherine Zeta-Jones, dan Billy Crystal. Pada tahun 2003, Roberts bermain dalam film drama Monalisa Smile besutan sutradara Mike Newell.

Baca Juga  Dari Redaksi mOntase

Dalam film Closer (2004) garapan Mike Nichols, Roberts beradu akting dengan bintang-bintang top yakni, Clive Owen, Jude Law, serta Natalie Portman. Film ini sendiri sukses kritik dan komersial sekalipun dalam film ini ia kalah pamor dari akting Portman dan Owen. Setelah absen sebentar beberapa waktu, Roberts melanjutkan karirnya melalui dua film animasi yang dirilis di tahun 2006 yakni, The Ant Bully dan Charlotte’s Web dimana Roberts untuk pertama kalinya mengisi susara untuk film animasi panjang. Di tahun 2007, Roberts bermain kembali dalam film yang diarahkan Mike Nichols, yakni Charlie Wilson’s War, yang dibintangi juga oleh Tom Hanks dan Philip Seymour Hoffman. Sekalipun filmnya tidak terlalu sukses namun film ini banyak dipuji para pengamat. Akting Roberts yang menawan juga membuahkannya nominasi Golden Globe untuk kesekian kalinya.

Robert beradu akting kembali dengan Clive Owen dalam film komedi-thriller Duplicity garapan Tony Gilroy, yang membuatnya kembali mendapatkan nominasi Golden Globe untuk ketujuh kalinya. Film Roberts berikutnya adalah Valentine’s Day, sebuah film komedi romantis yang bertabur bintang. Giliran si tampan Bradley Cooper yang beradu akting dengannya. Film yang mengunggulkan bintang-bintang kenamaan ini cukup laris dengan rilis waktu yang bertepatan dengan hari Valentine. Tecatat dalam film yang baru saja rilis, Roberts berperan sebagai Elizabeth Gilbert dalam film drama, Eat Pray Love (2010) yang salah satu setting-nya berlokasi di Pulau Bali. Film ini diangkat dari novel yang mengisahkan perjalanan pengarang, Elizabeth Gilbert yang untuk menenangkan hatinya dari luka perceraian dengan berkunjung ke beberapa tempat dan berakhir di Bali ketika ia bertemu dengan guru spiritualnya. Disini Roberts beradu akting dengan aktor kawakan latin, Javier Bardem.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.