Roberts dalam Film-Filmnya

Sejak tahun 1987, Roberts telah bermain dalam puluhan film baik layar lebar maupun televisi serta broadway. Bakat aktingnya juga didukung dengan kemampuan akting dua kakaknya Eric Roberts dan Lisa Roberts Gillan yang mendahuluinya memasuki dunia akting. Senyumnya yang khas membuat sosok Roberts memiliki daya pikat yang sempurna, tidak hanya cantik namun Roberts sukses berakting dengan sempurna dalam setiap perannya. Akting yang menjadi pilihan utamanya dan ia selalu menolak bermain adegan ranjang atau tampil polos dalam filmnya. ”I wouldn’t do nudity in films. To act with my clothes on is a performance. To act with my clothes off is a documentary.”

Roberts bisa dikatakan sebagai spesialis film komedi romantis dan drama. Sebagian besar film-film yang dibintanginya adalah bergenre dua macam ini. Film-filmnya yang bergenre komedi roman ini tidak hanya sukses komersil luar biasa namun juga banyak dipuji pengamat, seperti Pretty Woman, My Best Friend Wedding, Runaway Bride, Notting Hill, serta America’s Sweetheart. Sementara film-filmnya yang bergenre drama yang populer sebut saja macam, Steel Magnolia’s, Dying Young, Michael Collins, Erin Brockovich, Monalisa Smile, Closer, hingga yang terbaru Eat, Pray, Love. Tidak hanya dalam film bergenre drama saja, Roberts juga pernah menjajal kemampuannya dalam film-film aksi serta thriller seperti The Pelican Brief, Conspiracy Theory, Ocean’s Eleven, Ocean’s Twelve, hingga Duplicity.

Wajahnya yang cantik dan anggun jelas sangat mempengaruhi peran Roberts dalam film-filmnya. Roberts nyaris bermain tipikal (sama) dalam hampir semua filmnya sebagai sosok yang cuek, feminin, anggun, serta mandiri. Kemampuannya untuk berargumen atau berdebat dalam adegan dialog dengan sosok karakternya yang biasanya keras kepala merupakan salah satu ciri Roberts. Ini mengapa Roberts sangat cocok jika berperan dalam film bergenre drama dan komedi romantis. Rasanya aneh jika kita melihat Roberts bermain dalam film-film yang bergenre aksi atau horor yang lebih mengandalkan fisik ketimbang dialog (kemampuan berakting).

Sepanjang karirnya Roberts tercatat empat kali diarahkan oleh sineas Steven Soderbergh, tiga dari film tersebut sangat sukses komersil, yakni Erin Brockovich, Oceans’s Eleven dan Ocean’s Twelve. Tercatat ia juga dua kali diarahkan oleh Garry Marshall, yakni Pretty Woman dan Runaway Bride, serta Mike Nichols, yakni Closer dan Charlie Wilson’s War. Roberts juga tercatat pernah diarahkan oleh sineas-sineas top Hollywood, seperti Steven Spielberg, Mike Newell, Alan J. Pakula, Richard Donner, hingga Gore Verbinsky.

Baca Juga  Dogtooth, Kasihan Sekali Ya Anak-anak Ini…

Roberts juga tercatat pernah bermain bersama aktor dan aktris besar lainnya. Tercatat aktor-aktor kenamaan yang pernah bermain dengannya, adalah Tom Hanks, Mel Gibson, Richard Gere, George Clooney, Brad Pitt, Clive Owen, Denzel Washington, Liam Nesson, John Cussak, serta Hugh Grant. Tercatat tiga kali ia bermain bersama Clooney dan Pitt, dua kali bersama Richard Gere dan Clive Owen. Sementara aktris-aktris kenamaan yang pernah bermain bersama Roberts antara lain, Cameron Diaz, Susan Sarandon, Chaterine Zeta Jones, Nathalie Portman, hingga Kristen Dunst.

Roberts kini tercatat sebagai salah satu aktris dengan bayaran termahal di dunia. Roberts juga tercatat sebagai aktris Hollywood termahal pertama yang mendapat bayaran $20 juta untuk bermain dalam Erin Brockovivh. Konon Roberts dibayar $25 juta untuk perannya dalam Monalisa Smile. Tercatat separuh dari film-film yang dibintanginya ia dibayar lebih dari $10 juta, sejak membintangi My Best Friend Wedding (1997). Dua kali ia dibayar dibawah standartnya dan hanya bermain sebagai pemeran pembantu dalam film Confession of a Dangerous Minds ($250 ribu) serta Valentine Days ($3 juta + 3% dari total pendapatan kotor). Dalam filmnya yang paling sukses, yakni Pretty Woman (1990) tercatat ia hanya mendapat bayaran $300 ribu.

Julia Roberts adalah artis yang tidak suka berbicara tentang politik dan agama. ”Saya menyadari apa yang dikatakan ibu saya sekitar 22 tahun lalu. Kamu seorang aktris. Jangan pernah bicara soal politik atau agama.” jawabnya ketika ditanya tentang keyakinan yang dianutnya. Julia diketahui mempraktikkan kepercayaan Hindu meski ia dibesarkan dalam keluarga Katolik. Ini ada kaitannya dengan film yang baru saja dibintanginya itu di mana ibu dua anak ini belajar meditasi dan agama Hindu saat syuting di Bali, beberapa waktu lalu. Meski demikian dalam wawancaranya dengan Majalah Elle, ia mengaku menjalankan kepercayaan Hindu.

Julia Roberts tidak hanya berstatus sebagai salah satu aktris termahal dan populer di dunia namun juga salah satu aktris paling berbakat yang pernah ada. “ I’m just a girl from a little town in Georgia who had this giant, absurd dream.” Ujarnya berbicara mengenai suksesnya kini. Julia Roberts dapat kita jadikan contoh dengan kesabaran, usaha keras, serta tentu keberuntungan, mimpi yang tinggi dan tak pernah kita bayangkan sekalipun bisa dicapai.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.