Mantan (2017)

N/A|Drama, Romance|01 Apr 2017
Rating: Metascore: N/A
Before getting marriage, ADI (Gandhi Fernando) travels to 5 different cities in Indonesia to get closure with his ex-girlfriends.

Film ini bercerita tentang Adi, seorang penulis buku, yang sudah bertunangan dan akan mengakhiri masa lajangnya. Sebelum menikah, Adi, berniat untuk menemui para mantan pacarnya yang berada dibeberapa kota di Indonesia. Apakah dengan menemui mantan-mantannya Adi akan jatuh cinta kembali dengan salah satu mantannya ? Atau Adi akan tetap memutuskan untuk menikahi tunangannya ?

Waktu 110 menit bukanlah waktu yang pendek untuk menikmati sebuah film drama komedi. Tetapi sang sutradara nampaknya cukup piawai dalam mengemas film yang penuh romansa cinta masa lalu Adi dan para mantannya. Film ini mengambil gambar dengan sebagian besar difokuskan di dalam kamar hotel. Rupa hotel yang diperlihatkan difilm ini cukup beragam, mulai dari hotel berbintang lima, sampai wujud hotel yang bergaya eropa modern. Sang sutradara nampaknya ingin menimbulkan nuansa intens yang tidak melibatkan banyak tokoh, sebab dari awal sampai dengan akhir film ini, hanya sebagian besar menyoroti tokoh Adi saja dengan para mantannya. Dialog yang cukup panjang antara Adi dengan para mantannya diperlihatkan dalam film ini. Adi sebagai seorang pacar, mempunyai masa lalu yang pelik, terutama dengan pacar-pacarnya. Adi lalu memulai perjalanannya menemui para mantannya. Mantan yang pertama adalah Ella di bandung, pada situasi ini mereka membahas tentang perilaku Adi yang mencampakkan Ella begitu saja, dan memanfaatkan kepolosan Ella.

Pada kota kedua, Yogjakarta, ia menemui Frida, mereka terlibat dalam kenangan masa lalu yang indah. Mereka tidak terlelu memusingkan masa lalu mereka. Karena keduanya tipe penggoda. Dan saling menyukai satu sama lain. Malahan Frida berniat untuk mengajak Adi menikah. Mantan yang ketiga adalah Juliana, dari gadis berlogat inggris ini Adi membahas tentang mantan pacarnya yang kini menjadi suaminya. Tentang keseruan mereka dalam menyelingkuhi pacarnya.

Tiba di kota keempat, Medan. Adi memutuskan untuk menemui Tara, seoarng wanita pemilik hotel yang usianya lebih tua dari Adi. Di tengah suasana kamar hotel presiden-suite, mereka bernostalgia, tentang serunya masa pacaran mereka berdua. Mulai dari Tara yang berkeluh tentang sulitnya menjalin hubungan dengan Adi yang berusia lebih muda, sampai dengan Adi yang mengeluh tentang rumitnya pasangan yang lebih muda untuk disenangkan. Tak berapa lama berada di Medan, Adi lalu melangkahkan kakinya dirumah mantannya yang terakhir, Deedee. Di kota Jakarta, Adi bersama dengan Deedee membahas kisah cinta mereka di ruang masak. Deedee yang berkarakter ceria, malah berharap pada Adi untuk menjadi pendamping hidupnya.

Baca Juga  Aum!

Dari seluruh pertemuan dengan para mantannya, Adi menarik kesimpulan kalau ia harus melupakan masa lalu, beralih menjadi pria penuh tanggung jawab, tahu setiap konsekuensi yang diambil dan bergerak maju. Dengan hati yang lega Adi lalu pulang dan menemui tunangannya.

Adi sendiri disini diceritakan sebagai individu yang pintar. Ia tidak hidup seperti orang-orang kebanyakan; kerja dikantor dan bekerja dari pukul 09.00-17.00. Tapi Adi orang yang sibuk dengan pikirannya sendiri, dengan bermacam filosofi kehidupan. Bagi Adi, dalam usahanya mencari jawaban, ia harus menemui dulu para mantannya, untuk menelisik apakah ada kesalahan dalam masa lalunya.

Film ini cukup lugas, karena tidak menyajikan adegan yang bertele-tele. Semuanya tertata dengan proporsional. Pada bagian wardrobe, para pemainya ditonjolkan sebagai tokoh kelas menengah yang classy / berkelas. Pakaian mereka terlihat bergaya modis, dan casual. Busana yang dikenakan para pemainya menyesuaikan dengan era kekinian. Gambaran lokasi para mantan yang berada dikota yang berbeda juga diperlihatkan dengan jelas, karena hampir semuanya diambil di bandara. Dialog yang panjang menjadi kekuatan dalam film ini, karena fokus penonton dipacu untuk terus berkonsentrasi pada dialognya. Isi dari dialognya meskipun tentang percintaan, tapi pembuatnya tidak membuat ini menjadi sebuah material yang sulit untuk dicerna. Kisah cinta yang dijadikan topik pembicaraan Adi dengan para mantannya adalah kisah cinta sepasang kekasih yang kerap kita temui. Penasaran seperti apa uniknya film ini ?. Langsung saja tonton filmnya…

<span class=”td_text_highlight_marker_green td_text_highlight_marker”>WATCH TRAILER</span>

Artikel SebelumnyaWonder Woman: Kekuatan yang menginspirasi
Artikel BerikutnyaBila Nonton The Mummy Tanpa Tahu Dark Universe
Penikmat film dan kontributor montasefilm.com

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.