Bagaimana jika seorang pemuda diam-diam jatuh cinta pada gadis cantik populer di kampusnya? Tentu saja perlu perjuangan untuk mendapatkan cinta sang pujaan hati. Apalagi tidak hanya ia seorang yang berusaha memenangkan cintanya. Berbagai upaya akan dilakukan Andovi demi cintanya pada Kirana. Dibantu oleh kakaknya, Jovial, dan dua teman dekatnya, Reza dan Limm, Andovi melakukan berbagai cara. Salah satunya dengan menyingkirkan sosok Dipa yang amat menganggu.

Lagi-lagi, para komik yang sedang naik daun meramaikan kancah industri film Indonesia. Seperti Relationshit dan Abdullah VS Takeshi, film ini menekankan pada aspek cerita yang sangat kental dengan unsur komedi. Dialog yang diucapkan memang cukup lucu dan sanggup membuat penonton tertawa. Ditambah lagi dengan mimik wajah dan tingkah para pemeran yang memang merupakan para komik yang sedang digandrungi anak muda. Meskipun terdapat beberapa hal yang terlalu dibuat-buat dan berlebihan atau justru tidak lucu (garing) namun secara keseluruhan film Modus merupakan film komedi romantis yang gampang dipahami.

Akting para pemain terbilang biasa-biasa saja. Sekalipun begitu para pemeran utama dapat menyampaikan maksud dialog dengan baik dan luwes, sedangkan beberapa pemeran pendukung masih tampak kaku. Sosok seleb Youtube yang memiliki banyak penggemar, Listia Magdalena yang lucu dan banyak omong cukup memberikan sentuhan hiburan yang mengesankan meskipun porsi perannya hanya sedikit. Sayang sekali kemunculan Monica Oemardi, aktris lawas yang kualitas aktingnya dapat diandalkan justru hanya mendapatkan porsi yang sangat sedikit sehingga tampak tidak meninggalkan kesan apapun selain kecantikannya yang masih bersinar di usia yang tidak muda lagi.

Penggunaan setting yang merupakan lokasi wisata masih menjadi strategi film-film Indonesia khususnya film yang plot ceritanya sederhana saja. Setting di Pulau Lombok tampak sekali diunggulkan untuk mendukung film ini. Semua adegan disini memamerkan keindahan alam Pulau Lombok menjadi nilai plus Modus selain kelucuan para komik.  Ilustrasi musik tidak begitu mengesankan sehingga tidak banyak membantu membangun mood film. Kekurangan lain dalam film ini adalah kualitas gambar yang tidak selalu baik, bahkan ada beberapa shot dimana gambar out fokus.

Baca Juga  Yuni

Kemunculan film-film komedi Indonesia memang menarik minat masyarakat untuk menonton. Penonton merasa terhibur hanya dengan cerita sederhana dan kekonyolan yang disuguhkan. Tidak ada yang salah dengan maraknya film komedi, tetapi tentu lebih membanggakan dan menghibur jika film-film komedi Indonesia disajikan dengan kualitas yang baik, baik secara teknik maupun naratif. Peningkatan mutu pada dialog, akting, dan plot cerita merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk memajukan film komedi Indonesia.

Artikel SebelumnyaAADC 2 Tembus 2,5 Juta Penonton
Artikel BerikutnyaMidnight Special
Menonton film sebagai sumber semangat dan hiburan. Mendalami ilmu sosial dan politik dan tertarik pada isu perempuan serta hak asasi manusia. Saat ini telah menyelesaikan studi magisternya dan menjadi akademisi ilmu komunikasi di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.