Pitch Perfect 3 (2017)

93 min|Comedy, Music|22 Desember 2017
6.3Rating: 6.3 / 10 from 6,776 usersMetascore: 40
Following their win at the world championship, the now separated Bellas reunite for one last singing competition at an overseas USO tour, but face a group who uses both instruments and voices.

Sukses tak terduga Pitch Perfect 2 (bujet US$ 29 juta) meraih US$ 287,5 juta secara global, memicu sekuel keduanya yang dikonfirmasi hanya beberapa hari setelah rilis filmnya. Pitch Perfect 3 digarap oleh Trish Sie yang pernah menggarap seri Step Up kelima. Aktris sutradara Elizabeth Banks yang menggarap sekuel keduanya, kini hanya bertindak sebagai produser. Film ini masih menampilkan bintang-bintang reguler, yakni Anna Kendrick, Rebel Wilson, Hailee Steinfeld, Brittany show, Anna Camp, dan juga aktor gaek John Lithgow, Ruby Rose, serta DJ Khaled. Banks sendiri bersama John Michael Higgins, masih tampil sebagai duo presenter ikonik sejak seri pertamanya.

Setelah gagal dalam pekerjaan mereka, para alumni Barden Bella yang kini bersahabat kental, memutuskan untuk mengikuti tur musik yang diadakan USO (United Service Organizations Inc.) untuk menghibur para militer AS yang ada di negeri seberang sana. Tanpa diduga, ternyata Bela dan kawan-kawan berkompetisi bersama grup musik lain yang menggunakan instrumen untuk dipilih DJ Kondang, DJ Khaled, mendampingi turnya.

Tak banyak ekspektasi dari film ini karena terasa sebagai sekuel formal belaka. Para tokohnya kini bukan lagi remaja kampus yang enerjik, namun telah menjadi perempuan dewasa yang kini berkutat dengan masalah dan pekerjaan mereka. Memang terasa agak memaksa ketika mereka mengikuti tur menyanyi, but the show must go on. Kita bakal tahu apa yang terjadi setelah lawan-lawan mereka muncul, dan The Bella memang sudah terbiasa dalam aroma kompetisi macam ini. Sudah tak banyak kejutan, kecuali sub plot Fat Amy dan ayahnya yang memberi nuansa komedi aksi berbeda dari dua film sebelumnya.

Baca Juga  John Carter

Film ini tidak lagi menekankan tema kecintaan pada musik seperti pada seri pertamanya, namun lebih menekankan pada nilai persahabatan. Sekali pun begitu, musik akapela yang menjadi ruh seri ini masih menghidupkan pula seri ketiganya ini. The Bella masih menampilkan beberapa nomor manis yang renyah dan merdu di telinga. Segmen adu vokal seperti dua seri sebelumnya masih pula ditampilkan, walau kini nuansanya jauh berbeda. Duo presenter reguler, Gail (Banks) dan John (Higgins), selalu muncul dengan komentar negatif mereka terhadap The Bella. Walaupun tampil sebagai efek humor semata, namun kini tampak sekali memaksa dan keberadaan mereka cenderung menganggu.

Walau kita semua tahu Picth Perfect 3 diproduksi karena sukses sekuel keduanya, namun film ini masih memiliki pesona akapela untuk menutup manis serinya. Film ini memang dimaksudkan sebagai penutup trilogi Pitch Perfect. Namun, industri film kini semakin sulit ditebak. Film ini diproduksi dengan bujet US$ 45 juta. Hanya dalam waktu satu minggu saja sejak rilisnya, film ini sudah menghasilkan US$ 50 juta pada rilis globalnya. Siapa bakal tahu?

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
60 %
BAGIKAN
Artikel SebelumnyaAyat-Ayat Cinta 2
Artikel BerikutnyaTeaser Wiro Sableng Rilis!
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPAN

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini