Pokémon Detective Pikachu (2019)
104 min|Action, Adventure, Comedy, Family, Mystery, Sci-Fi|10 May 2019
6.9Rating: 6.9 / 10 from 42,903 usersMetascore: 53
In a world where people collect Pokémon to do battle, a boy comes across an intelligent talking Pikachu who seeks to be a detective.

Pokémon Detective Pikachu merupakan film arahan Rob Letterman yang diadaptasi dari video game Detective Pikachu serta karakter Pokémon kreasi Satoshi Tajiri. Info tentang produksi film ini tak lama muncul, sesaat game Pokémon booming di seluruh dunia beberapa tahun lalu. Film live action berbujet US$ 150 juta ini dibintangi oleh Ryan Reynolds, Justice Smith, serta Kathryn Newton. Apakah film ini bakal memenuhi ekspektasi para fansnya?

Pada suatu masa, di Ryme City, umat manusia dan Pokémon hidup secara berdampingan. Dikisahkan Tim, seorang  pemuda eks pelatih Pokémon mendapatkan info jika ayahnya telah menghilang. Suatu ketika, Tim bertemu Pokémon Pikachu milik ayahnya yang anehnya mampu berbicara secara verbal dengannya. Setelah beberapa perseteruan kecil, akhirnya mereka memutuskan bekerja sama untuk menemukan ayah Tim. Tak disadari, mereka terjebak dalam satu rencana jahat besar yang bakal memengaruhi masa depan umat manusia dan Pokémon.

Bagi para fansnya, tentu konsep dan sosok Pokemon sudah tak asing lagi. Dalam film ini, para monster Pokemon divisualisasikan dengan gaya animasi 3D unik sehingga mereka tampak begitu nyata dan sama persis dengan sosok asli animasinya. Mereka tampak begitu lucu dan menggemaskan. Kisah misterinya juga didukung baik oleh set bergaya noir yang mengagumkan, khususnya set cerita di kota. Secara visual, semua aspeknya, termasuk aksi pun sangat memuaskan dan memanjakan mata.

Baca Juga  Ready Player One

Kisahnya sebenarnya sederhana, tapi jelas untuk penonton awam terlebih anak-anak, rasanya bakal terlalu absurd. Plotnya berjalan mengikuti perkembangan cerita melalui petunjuk demi petunjuk yang ditemui Tim dan Pikachu. Tidak buruk memang, namun sayang hal yang menganggu adalah kebetulan demi kebetulan yang terus terjadi dalam plotnya. Satu kejadian terjadi, dan sering kali tanpa alasan yang jelas, sosok atau petunjuk baru, datang begitu saja di hadapan mereka. Belum satu pertanyaan terjawab dan belum bisa kita cerna, satu peristiwa lainnya sudah terjadi. Pokoknya semua serba kebetulan dan ini amat melelahkan. Satu pertanyaan kecil bagi yang sudah menonton filmnya, tidakkah Tim mengenali suara yang sudah dikenalnya begitu lama?

Dengan sentuhan gaya noir dan visual yang mengagumkan, Pokémon Detective Pikachu mengkombinasi sisi misteri, humor, dengan karakter Pokémon yang unik melalui kisah yang sayangnya terasa absurd. Layaknya sosok Deadpool, diisi suara vokal sang bintang (Ryan Reynolds) sebagai Pikachu, ia berceloteh dan berkomentar seenaknya yang memang mendominasi sisi humornya. Entah, apa ini semua bakal memuaskan para fansnya, namun rilis dua minggu setelah Avengers: Endgame tentu bakal merugikan film ini secara komersial. Sekuel? Ya, jika film ini sukses komersial. Film ini jelas masih memungkinkan untuk dibuat jauh lebih baik melalui potensi kisahnya serta sosok Pokémon yang menggemaskan.

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
65 %
Artikel SebelumnyaLong Shot
Artikel BerikutnyaBrightburn
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.