Kegagalan Justice League secara kritik ternyata tidak menggoyahkan niat DC Entertainment dan Warner Bros. untuk melanjutkan seri populer ini. Sejauh ini, DC Extended Universe (DCEU) telah merilis 5 film, yakni Man of Steel, Batman v Superman, Suicide Squad, Wonder Woman, dan Justice League. Total bujet produksi yang telah mereka keluarkan untuk 5 film ini adalah US$ 1,1 milyar dengan hasil box-office US$ 3,7 milyar dalam rilis globalnya. Dinamika dua studio ini dalam mencermati potensi pasar dan capaian pesaing mereka, membuat amat sulit membaca film mana yang akan diproduksi dulu. Namun, melalui laman resmi DC Entertainment serta berbagai rumor yang beredar, tercatat lebih dari 20 film kini tengah dalam tahap pengembangan hingga tahap pra-produksi dan pasca produksi. Lima film tercatat telah mengeluarkan jadwal resmi rilisnya, yakni Aquaman (2018), Shazam! (2019), Wonder Woman 2 (2019), Cyborg (2020), dan Green Lantern Corp (2020).

Aquaman yang rilis akhir tahun ini telah dalam tahap pasca produksi. Sineas spesialis horor, James Wan yang menggarap film ini, tentunya menjanjikan sesuatu yang lebih untuk film ini. Sementara Wonder Woman 2, kembali menggaet sineas Patty Jenkins yang sukses komersial dan kritik di film pertamanya, yang konon akan mengubah konsep film keduanya ini. Film ini akan memulai pengambilan gambar pada musim panas tahun ini. Secara mengejutkan sineas spesialis horor lainnya, David F. Sandberg, menggarap Shazam!, yang akan memulai proses syuting bulan Februari ini. Sementara Cybord dan Green lantern Corp. masih dalam pencarian sutradara. Sementara film solo Batman yang akan digarap sineas Matt Reeves, The Batman, masih simpang siur dan selalu ramai di pemberitaan tahun lalu, hingga kini masih belum jelas akan diproduksi kapan.

Sementara belasan film, masih dalam tahap pengembangan dan masih belum ditentukan mana yang akan diproduksi terlebih dulu, walau beberapa film telah menetapkan sineas bahkan aktornya. Batgirl kabarnya akan digarap sineas superhero kawakan yang menggarap dua film The Avengers, Josh Whedon, namun kini masih ramai dibicarakan siapa yang akan bermain sebagai sang protagonis. Dwayne Johnson sudah ramai diberitakan tahun lalu akan berperan sebagai tokoh Black Adam, yang merupakan tokoh antagonis dari Shazam, dan masih belum jelas siapa yang akan menggarap film ini. Berita seputar film solo Flash juga selalu ramai diberitakan sejak tahun lalu, yang diberi titel Flashpoint. Film yang kabarnya berlatar setelah peristiwa Justice League, akan bermain dengan dimensi waktu sehingga akan bisa me-refresh kisah DCEU. Dua sineas, John Francis Daley dan Jonathan Goldstein, baru saja direkrut pada bulan Januari ini untuk menggarap filmnya. Kabarnya pula, film ini akan melibatkan karakter-karakter superhero yang lain.

Baca Juga  Christopher Lee Tutup Usia

Setelah sukses Suicide Squad, kabar sekuelnya telah ramai sejak 2 tahun lalu. Sineas Gavin O’Connor ditunjuk sebagai sutradara dan pemain regulernya kembali bermain di sekuelnya, yakni Will Smith, Margot Robbie, Jared Leto, serta Jay Courtney. Bahkan rumornya, film ini akan memulai pengambilan gambar pada akhir tahun ini. Rumor tentang Justice League Dark sudah ramai sejak tahun 2013, dan beberapa nama sutradara besar dikaitkan dengan film ini, sebut saja, Guillermo del Toro, Doug Liman, Gareth Evans, hingga Peter Jackson. Namun, masih tak jelas kelanjutan proyek besar ini. Gareth Evans, sineas The Raid, justru direkrut untuk menggarap Deathstroke, yang karakternya telah muncul dalam post-credit scene Justice League. Beberapa film lainnya, seperti Nightwing, Joker and Harley Quinn, Deadshot, Birds of Prey, dan Gotham City Sirens, juga kabarnya telah dalam pengembangan.

Sejauh ini, DCEU masih kalah angin dari Marvel Cinematic Universe (MCU), khususnya secara kritik. DCEU melalui 5 filmnya mestinya bisa belajar dari pengalaman dan menggunakan formula yang lebih baik dan segar dari sebelumnya. Pengarapan oleh sineas besar belum tentu meraih hasil yang baik pula. Pencapaian pesaing mereka kini jauh di atas DCEU, dan kita berharap saja film-filmnya kelak bisa membuat terobosan baru. Rilis terdekat, kita tunggu saja Aquaman.

Artikel SebelumnyaDilan 1990 Raih 1 Juta Penonton Dalam 4 Hari!
Artikel BerikutnyaMaze Runner Berhasil Duduki Puncak Box-office
memberikan ulasan serta artikel tentang film yang sifatnya ringan, informatif, mendidik, dan mencerahkan. Kupasan film yang kami tawarkan lebih menekankan pada aspek cerita serta pendekatan sinematik yang ditawarkan sebuah film.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.