Raavan (2010)
130 min|Action, Adventure, Drama|18 Jun 2010
5.4Rating: 5.4 / 10 from 4,775 usersMetascore: N/A
A bandit leader kidnaps the wife of the policeman who killed his sister, but later falls in love with her.

Dev (Vikram), seorang polisi jatuh cinta kepada Ragini (Rai), seorang gadis penari klasik. Mereka lalu menikah dan Dev membawa Ragini ke tempat tugasnya yang baru di Maati Lal, sebuah kota kecil di India utara. Lal Maati adalah kota kecil dimana polisi bukanlah penegak hukum melainkan Beera (Bachchan), seorang pria yang menjadi panutan disana. Dev menganggap Beera ancaman bagi masyarakat dan menjadikannya buron. Beera lalu menyandera Ragini dan Dev yang murka pun mengejar sang buron. Semasa pengejaran ini ternyata mengungkap kebenaran tentang diri mereka bertiga. Sebuah perjalanan yang mengungkap identitas sejati mereka.

Dari judulnya Raavan atau “Rahwana” mengisyaratkan kisahnya yang merupakan adaptasi lepas dari kisah Ramayana bab Penculikan Sinta. Tidak seperti kisah aslinya uniknya film ini justru mengaburkan tokoh baik dan buruk. Beera yang sejak awal tampak begitu jahat dan kasar lama kelamaan justru menjadi sosok yang meraih simpati Ragini. Demikian pula dengan Dev. Plotnya sendiri dituturkan dengan lambat cenderung membosankan seiring dengan terkuaknya jati diri masing-masing karakter. Sekuen pernikahan adik Beera menjelang akhir yang disajikan secara besar-besaran adalah kunci serta titik balik cerita filmnya. Setelah ini semua misteri terkuak. Dari sisi cerita film ini jelas sangat membosankan karena penonton dibiarkan menggantung lebih dari separuh filmnya. Namun pencapaian estetik film ini yang sangat baik mampu mengimbangi sisi naratifnya.

Baca Juga  Istri Bo'ongan, Hanya Menjual Sensualitas

Hampir sepanjang film memperlihatkan indahnya panorama wilayah pegunungan India utara yang masih natural. Hal ini terutama didukung pencapaian sinematografi yang sangat mengagumkan baik melalui variasi sudut kamera maupun komposisi yang sempurna. Seperti tampak pada sekuen klimaks pertarungan di jembatan gantung mampu disajikan begitu meyakinkan tak kalah dengan film-film aksi buatan Hollywood. Dari sisi pemain Bachchan, Vikram, dan Rai bermain luar biasa. Walau peran mereka memang cenderung teatrikal namun permainan akting mereka mampu mengimbangi satu sama lain dalam semua adegan. Satu pencapaian lagi yang mengagumkan adalah lagu dan musik dari komposer kondang peraih Oscar, A.R. Rahman yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Sekuen musikalnya yang energik dan enak dinikmati memang menjadi penyeimbang tempo plotnya yang lambat.

Sinema Bollywood boleh berbangga hati karena film ini mampu memberikan sajian yang berkelas dibandingkan film-film India sejenis yang hadir belakangan ini. Film ini bisa dikatakan adalah kombinasi antara film masala (komersil) serta film seni (art). Film ini merupakan kombinasi unik antara seni literatur (Kisah Ramayana), teater, musik, serta film. Raavan mencoba mengeksplorasi sisi baik dan sisi buruk manusia dengan caranya yang unik. Siapa “Rahwana” sebenarnya? Setiap manusia rasanya memiliki “Rahwana” dalam dirinya masing-masing.

WATCH TRAILER

Artikel SebelumnyaFestival Film Pelajar Indonesia 2010, Apresiasi dan Tolak Ukur Pengembangan Film
Artikel BerikutnyaIstri Bo’ongan, Hanya Menjual Sensualitas
Menonton film sebagai sumber semangat dan hiburan. Mendalami ilmu sosial dan politik dan tertarik pada isu perempuan serta hak asasi manusia. Saat ini telah menyelesaikan studi magisternya dan menjadi akademisi ilmu komunikasi di salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.