Angel Has Fallen (2019)
121 min|Action, Thriller|23 Aug 2019
6.4Rating: 6.4 / 10 from 71,026 usersMetascore: 45
Mike Banning is framed for the attempted assassination of the President and must evade his own agency and the FBI as he tries to uncover the real threat.

Siapa sangka, ternyata seri ketiga franchise Has Fallen masih saja diproduksi dengan masih memasang sang jagoan sekaligus aktor laga, Gerard Butler. Filmnya kali ini diarahkan oleh Ric Roman Waugh yang juga diproduseri oleh salah satunya Butler sendiri. Film ini juga masih memasang aktor regulernya pada dua seri sebelumnya, yakni Morgan Freeman, yang kini telah menjadi presiden. Film aksi murni ini memang masih didominasi sekuen aksi dengan plot “Die Hard” seperti dua seri sebelumnya. Faktanya, dua seri sebelumnya memang bukan menjadi favorit para kritikus, bagaimana dengan seri ketiganya ini?

Beberapa tahun sejak peristiwa seri sebelumnya, Mike Banning masih menjadi pemimpin pasukan khusus pengawal presiden yang kali ini adalah Allan Trumbull yang dulu menjadi wakil presiden. Ketika sang presiden tengah berlibur di akhir pekan, mendadak mereka diserang oleh pihak tak dikenal yang mengakibatkan seluruh pasukan pengawal presiden tewas, kecuali Mike dan sang presiden. Beberapa bukti yang didapat FBI justru memberatkan Mike sebagai dalang dari pembantaian ini. Dalam satu upaya penahanan, Mike berhasil lolos dan kini, ia berusaha mencari otak dari malapetaka yang menimpanya.

Baca Juga  Jumanji: The Next Level

Tidak seperti sebelumnya yang memang nyaris didominasi aksi. Seri ketiganya ini dibilang lebih lunak dan bahkan cenderung membosankan dalam prosesnya. Plot Angel banyak memiliki kemiripan dengan film Sentinel yang dibintangi Michael Douglas, yang jelas-jelas jauh lebih baik. Plot Angel sangat mudah sekali diantipasi arah kisahnya. Penikmat film sejati, rasanya bisa memprediksi hasil akhirnya sejak belasan menit awal. Tak ada kejutan sama sekali. Tempo plot ”drama” di awal pun, sangat lambat dan melelahkan. Aksi pada babak pertama dan kedua juga terasa kurang menggigit. Film ini baru terasa hidup sejak babak ketiga (seperempat durasi akhir) karena sajian aksinya yang terhitung lumayan. Mengherankan, mengapa tidak membuat kisahnya lebih sederhana seperti seri sebelumnya?

Walau aksi di babak klimaks yang terbilang lumayan, Angel Has Fallen adalah seri ketiga yang kurang menggigit dan terlalu konvensional untuk genrenya, sejalan usia sang aktor yang telah menua. Untuk bujet filmnya yang sebesar US$ 80 juta (lebih besar dari sebelumnya), hasilnya sungguh mengecewakan. Apa yang diharapkan penonton terhadap film ini hanyalah aksi. Terbukti, sewaktu menonton film ini, banyak penonton yang berbicara dengan rekan di sebelahnya. Ini sungguh sangat jarang terjadi ketika saya menonton. Sangat menganggu. Persis seperti film ini yang amat menganggu saya. Mike Banning is done. Untuk bisa mengikuti sukses seperti sebelumnya, rasanya mustahil.

 

PENILAIAN KAMI
Overall
40 %
Artikel SebelumnyaPerburuan
Artikel BerikutnyaTenki no Ko (Weathering with You)
Himawan Pratista
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.