Cruella (2021)
134 min|Comedy, Crime|28 May 2021
Rating: Metascore: 58
A live-action prequel feature film following a young Cruella de Vil.

Rupanya tokoh antagonis kini tengah diminati para pembuat film untuk menjadi sorotan utama. Cruella turut meramaikan tren ini setelah Joker dan Harley Quinn. Cruella diadaptasi dari sosok Cruella de Vil dalam kisah klasik 101 Dalmations yang sebelumnya juga pernah diproduksi live-action-nya oleh Disney pada tahun 1996. Berbekal bujet USD 100 juta, Cruella diarahkan oleh Craig Gillespie yang juga menyutradarai film biografi unik, I Tonya. Cruella dibintangi sederetan bintang tenar, antara lain Emma Stone, Emma Thompson, Mark Strong, Joel Fry, dan Paul Walter Hauser. Apakah Cruella mampu memperkuat tren film bertema antagonis?

Inti kisahnya adalah bagaimana Estella berubah menjadi sosok bengis Cruella yang kita kenal pada kisah 101 Dalmations. Kisahnya adalah sebuah proses yang amat panjang sejak Estella masih kanak-kanak hingga ia menjadi wanita dewasa. Satu problem besar plotnya adalah tempo kisahnya yang bergerak sangat cepat. Momen demi momen melaju deras dan cenderung melelahkan karena informasi cerita masuk bertubi-tubi nyaris tanpa jeda. Terlebih dengan setting yang mengagumkan dan sedemikian detil, mampu memanjakan mata layaknya film-film Tim Burton, segalanya lewat begitu saja. Kejutan akhir cerita juga rasanya sudah bukan kejutan lagi bagi para penikmat film sejati.

Di luar kisahnya yang melelahkan, pendekatan estetik filmnya adalah satu aspek yang harus diapresiasi tinggi. Baik setting eksterior maupun interior disajikan amat meyakinkan dan begitu detil. Kostum yang menjadi titik lebih kisah filmnya, juga dominan sepanjang film. Agak mengherankan, mengapa bukan Burton yang menggarap film ini? Teknik montage juga dominan sepanjang film, disajikan unik dengan dikombinasi headline surat kabar. Satu lagi adalah penggunaan lantunan lagu nyaris tanpa jeda yang pas mengiringi tiap adegan sepanjang filmnya. Lalu dua kasting utamanya, Emma Stone dan Emma Thomson tak perlu dikomentari lagi karena keduanya tampil amat kuat dan memukau. Satu lagi, sebagai penikmat film, saya menikmati sisipan tribute klasik dalam beberapa adegannya, sebut saja Full Metal Jacket dan Terminator.

Dengan mise_en_scene yang mengagumkan, Cruella adalah sebuah pencapaian estetik dari segala lini yang mengagumkan di luar tempo kisahnya yang melaju cepat. Masih sulit ditebak, apakah tren tema antagonis bakal menjadi hit. Pandemi tentu merusak banyak rencana para pembuat film ke depan. Joker sukses komersial sebelum masa pandemi, sementara Harley Quinn sudah terkena dampak awal pandemi. Untuk bujetnya, Cruella rasanya juga sulit untuk bisa sukses komersial di teater. Tren ini bisa saja dianggap sebagai satu terobosan baru dalam industri, atau bisa jadi sudah kekurangan ide?

Baca Juga  Fast & Furious

 

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
70 %
Artikel SebelumnyaYang Tak Tergantikan
Artikel BerikutnyaShadow and Bone
Himawan Pratista
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.