F9 (2021)
143 min|Action, Adventure, Crime|25 Jun 2021
5.5Rating: 5.5 / 10 from 23,857 usersMetascore: 58
Cipher enlists the help of Jakob, Dom's younger brother to take revenge on Dom and his team.

Masih ingat benar film ini seharusnya dirilis bulan April tahun lalu. Jujur saja, waktu itu sudah tidak ada keinginan untuk menonton filmnya, mengapa? Film ini sudah terlalu absurd bagi saya. Aksinya sudah tidak lagi bisa dinikmati, apalagi kisahnya. Pandemi seperti merubah banyak mindset banyak orang. Juga termasuk penikmat film, mungkin juga saya. Mungkin mereka sudah haus akan hiburan sehingga apa saja yang ada dianggap sebagai pemuas dahaga setelah sekian lama tidak menonton dianggap baik. Aneh, banyak film buruk (menurut saya) diapresiasi terlalu tinggi, sebut saja WW84, Justice League’s Snyder Cut, dan terakhir Kong. F9? Rasanya ini yang terburuk diserinya.

Rekan saya pernah berkelakar soal masa depan seri ini, jangan-jangan besok Toretto cs mengikat mobil mereka dengan roket dan terbang ke luar angkasa. OMG! Saya tidak menyangka jika ini sungguh-sungguh terjadi. Kekonyolan aksinya semakin menjadi dari seri ke seri, setidaknya sejak seri 6. Seri 5 masih yang terbaik di serinya yang menjadi landasan formula plot untuk seri berikutnya hingga kini. Bicara aksi, hingga kini balapan antara Dom dan Brian di seri pertama walau hanya di track lurus bagi saya masih yang paling berkesan, terlebih untuk tata suaranya. Tidak ada lawan!

Apa masalah F9? Aksi absurdnya tak terhitung. Tidak akan ada sosok yang mati di seri ini. Lucunya, di film ini, sosok Roman mencoba berfilosofi ria dengan nasib mereka yang tidak hanya sekedar beruntung, namun ada sesuatu yang lebih besar dari ini hingga setelah sekian lama, Roman tidak pernah lecet sedikitpun. Mungkin ini satu-satunya hal yang saya paling suka di plotnya. Mereka mengolok mereka sendiri. Bicara family? Rasanya lelah sekali saya mendengarnya dari seri ke seri. Inti plot F9 memang benar-benar family. Sang antagonis adalah saudara kandung Dom dan Mia. Mengapa kita tidak pernah mendengarnya dari dulu? Ya bisa-bisa saja. Mati saja bukan masalah. Besok mungkin, Dom punya saudara sepupu super jahat yang entah kini dia di mana.

Baca Juga  Whiplash

Fans serinya bisa jadi masih tergila-gila dengan aksi absurd macam ini, tapi sudah tidak lagi untuk saya. Semua juga tahu, apapun kisahnya sudah tidak lagi masalah karena nama besar serinya sudah menjadi jaminan untuk meraup ratusan juta dollar. Sekuelnya, pasti bakal terus diproduksi entah sampai kapan. Setidaknya saya hanya berharap sebuah aksi dan cerita yang solid bisa dinalar dan tidak memaksa untuk kisah dan genrenya. Pesan keluarga yang jadi jargon seri ini justru malah menjadi kelemahan plotnya yang mudah sekali diantisipasi. Coba kita lihat, mau sampai mana seri ini? Spin-off, macam Hobbs & Shaw atau bisa jadi serialnya mudah sekali diproduksi, setidaknya ini bisa jadi opsi lain untuk mengatasi kejenuhan serinya.

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
20 %
Artikel SebelumnyaGas Kuy
Artikel BerikutnyaInfinite
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.