More Than Family adalah film drama komedi keluarga arahan oleh Choi Ha-na-I yang dibintangi Krystal Jung, Jang Hye-jin, dan Choi Deok-Moon. Tema hamil di luar nikah memang sudah jamak, namun More Than Family mampu mengemas kisahnya dengan cara yang tidak biasa.

Toi-il (Jung) berkerja sebagai tutor pribadi siswa SMU di Seoul dan satu insiden kecil membuatnya hamil dengan muridnya, Ho-hun. Lima bulan kemudian, mereka berdua baru memberitahu orang tua mereka masing-masing. Alhasil, orang tua Toi-il geram dengan putrinya, sementara orang tua Ho-hun justru sebaliknya merasa bahagia. Toi-il sendiri sebelum menikah, mencoba mencari kedamaian dengan mencari identitas ayah kandungnya di kota tempat ia dibesarkan.

Tidak mau terjebak dengan kisah senada, More Than Family mencari cara berbeda untuk menyampaikan pesannya. Tidak seperti lazimnya yang mengambil fokus pada problema pasangan mudanya, film ini justru lebih banyak menggambarkan konflik batin Toi-il dan hubungannya dengan ayah-ibu kandungnya, serta ayah tirinya. Ketidakharmonisan orang tuanya rupanya berbuah trauma pada sang putri yang memiliki ketakutan akan kebahagiaannya di masa depan. Konflik yang demikian kompleks ini, hebatnya mampu disajikan ringan, dibalut sisi komedi yang sangat menghibur. Adu mulut dan ceplosan konyol di antara para karakternya amat dominan sepanjang film. Tak ada yang mampu menyajikan ini lebih baik dari film-film buatan Korea Selatan.

Kisahnya yang ringan dan mengena juga disajikan pula menggunakan pendekatan estetik yang unik. Beberapa kali teknik long take digunakan sepanjang dialog dalam beberapa adegan pentingnya. Satu yang mencuri perhatian adalah satu shot berdurasi panjang di taman bermain badminton. Dalam satu shot istimewa ini menyajikan serangkaian konflik yang berisi adu mulut panjang antara teman-teman Badminton Ho-hun dengan To-il dan keluarganya. Jujur saja, saya tak keberatan melihat satu take panjang berkualitas macam ini berapa lama pun durasinya. Kasting dan akting adalah kunci dari segalanya, dan seperti kebanyakan film Korea, para pembuat film seperti tidak pernah meleset mengkasting para pemain untuk peran tertentu. Mereka semua bermain sempurna.

Baca Juga  Itaewon Class (Series)

More Than Family menampilkan kisah menghibur bertema hamil di luar nikah dengan problematika keluarga yang membumi serta beberapa momen estetik yang mengesankan. Adegan kecil pada penghujung film yang menampilkan dialog kunci antara To-il dengan sang ibu tentu punya potensi menimbulkan pro dan kontra bagi penonton. Jika berpatok pada hukum dan tradisi tentu pernyataan ini jauh dari ideal yang melemahkan institusi pernikahan. Namun, jika berpatok pada realita, To-il juga tidak salah. Kebahagiaan keluarga bisa dicapai melalui situasi dan cara yang tidak ideal. To-il memahami ini melalui jalan yang berliku dan penuh goncangan bersama orang tuanya. Pergeseran nilai adalah sesuatu yang tak terelakkan selama bumi masih berputar.

Stay safe and Healthy!

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
90 %
Artikel SebelumnyaHunter Hunter
Artikel BerikutnyaThe Nest
Himawan Pratista
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.