Go Karts (2020)
102 min|Family|16 Jan 2020
5.9Rating: 5.9 / 10 from 296 usersMetascore: N/A
A thrilling family film about a boy who must overcome tremendous odds and his own recklessness to achieve his dream of winning the National Go Kart Championship.

Go! atau Go-Kart adalah film drama olahraga remaja produksi Australia yang diarahkan Owen Trevor. Film yang didistribusikan Netflix ini dibintangi para pemain yang namanya pasti asing di telinga kita, seperti Richard Roxburgh, William Lodder, Frances O’Connor, Anastasia Bampos, serta Dan Wyllie. Film bertema balap go-kart memang nyaris tak pernah terdengar sebelumnya, kini apakah mampu menawarkan sesuatu yang berbeda bagi genrenya?

Alkisah Jack dan ibunya pindah ke kota kecil di tepi pantai barat Australia. Jack hingga kini rupanya masih belum mampu lepas dari sosok mendiang ayahnya yang terobesi dengan mobil. Bakat bawaan dari sang ayah mulai terpacu ketika di kota barunya ini, ia menemukan hobi barunya, yakni balap go-kart. Mantan juara balap, Patrick yang juga pemilik arena balap di sana, melihat bakat alami Jack dan ia pun akhirnya mau melatihnya dengan cara yang unik. Berbekal dua rekan mudanya, Colin dan si mekanik, Mandy, Jack mencoba melawan segala tantangan untuk menjadi juara balap Go-kart level nasional.

Plotnya memang baku untuk standar genrenya. Jack adalah seorang pembalap amatir yang bermodal seadanya, namun bisa berprestasi istimewa. Tipikal plot David vs Goliath, namun tak sepenuhnya karena memang sejak awal bakat alami Jack adalah yang membuat dirinya berbeda. Plotnya jelas mudah sekali kita antisipasi. Hanya saja, perjalanan kisahnya yang membuat sedikit menarik karena adanya beberapa subplot, yakni sang ibu yang kesepian, sang pelatih yang trauma, serta hubungan asmaranya dengan Mandy. Tak ada satu pun yang istimewa tapi juga jauh dari kata buruk. Satu hal yang terasa amat lemah hanyalah hubungan Jack dan mendiang ayahnya. Sosok sang ayah tak banyak dijelaskan secara rinci dan apa hubungan sang ayah dengan mobil? Ia seorang pembalapkah? Tak jelas, padahal ini sebenarnya penting bagi penokohan sosok Jack.

Baca Juga  The Quake

Satu kekuatan terbesar film ini adalah segmen balapnya. Balap go-kart mampu disajikan dengan enerjik, dinamis, dan menegangkan sehingga mampu membawa penonton ikut terbawa dalam aksi balap, momen demi momen. Sisi sinematografi dan editingnya amat mendukung segmen balap ini menjadi terlihat istimewa. Tak kalah dengan film-film besar Hollywood sejenis. Satu lagi yang mendukung film ini jelas adalah akting para pemainnya. Nyaris semuanya bermain prima, sang ibu dan pacarnya, sang pelatih, dan tentu sang tokoh utama dengan sang pacar. Masing-masing dari mereka mampu memberikan chemistry yang sangat baik di tiap subplotnya. Membuat kita mudah sekali untuk larut dalam kisah dan bersimpati dengan tiap karakternya.

Go! adalah film drama olahraga remaja solid, dengan kombinasi aksi balap, roman, serta sisi keluarga dan persahabatan yang seimbang. Bujet besar terbukti tidak memberikan jaminan banyak bagi genre ini. Go! telah membuktikannya dengan cara yang berkelas. Go! adalah tontonan yang mendidik sekaligus menghibur yang bisa dinikmati segala usia. Selamat menonton.

Stay Healthy and safe!

PENILAIAN KAMI
Overall
70 %
Artikel SebelumnyaKingdom
Artikel BerikutnyaEscape from Pretoria
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.