Hellbender adalah film horor supernatural arahan John Adams, Zelda Adams, dan Toby Poser. Penulis naskahnya adalah juga mereka bertiga yang uniknya Zelda Adams dan Toby Poser pun bermain sebagai tokoh utama. Film ini dirilis secara eksklusif oleh platform khusus horor Shudder. John Addams sebelumnya juga telah membuat dua film pendek berdurasi 2 menit yang punya relasi cerita dan estetik dengan film ini. Cerita film yang dibuat secara literal oleh “Adams Family” ini sebenarnya bukan hal baru, namun adalah pendekatan estetiknya yang terbilang unik.
Film dibuka dengan adegan kilas balik yang memperlihatkan bagaimana seorang penyihir digantung yang disajikan secara brutal. Di masa kini, Izzy (Zelda) dan ibunya (Poser) tinggal di sebuah rumah terisolir di tengah hutan. Lantas apa hubungannya dengan adegan pembuka? Dikisahkan penyihir yang digantung ternyata adalah nenek dari Izzy yang ini berarti ia dan ibunya masih memiliki kemampuan sang nenek. Sepanjang film dikisahkan bagaimana sang ibu berusaha melindungi putrinya agar terlindungi dari dunia luar. Suatu hari, Izzy bertemu dengan seorang gadis seumurnya yang mengenalkannya pada dunia luar yang penuh pesona.
“Growing up is hell” menjadi tagline dalam posternya. Semakin remaja dikekang semakin pula ia melawan. Ini menjadi inti pesan kisahnya. Pesan simpel ini dikemas melalui kisah yang brilian dengan pendekatan horor-supernatural. Siapa yang salah (antagonis) dan siapa yang benar (protagonis)? Pertanyaan ini dijawab sendiri dalam dialog dalam satu adegannya. Penikmat film sejati rasanya tak sulit untuk menebak siapa sebenarnya “serigala” dalam filmnya? Kisah sederhana yang dikemas kompleks ini secara unik didukung oleh pencapaian estetiknya yang amat absurd.
Menonton Hellbender banyak mengingatkan pada Persona (1966) karya masterpiece sineas legendaris Swedia, Ingmar Bergman. Sepanjang filmnya banyak menggunakan insert (sisipan shot) absurd yang bernuansa alam mimpi. Teknik ini bekerja sempurna untuk mendukung kisahnya yang memang absurd. Beberapa shot yang menjadi style Bergman seringkali tersaji dalam filmnya melalui kombinasi komposisi terukur dan close up. Coba lihat satu contoh shot cuplikan adegan di atas, terlihat sentuhan “Bergman” di sana. Butuh analisa lebih panjang untuk hanya membahas ini. Di luar kisahnya yang aneh, sajian visualnya memang satu tontonan yang enak untuk dinikmati.
Hellbender adalah film horor fantasi langka dengan sentuhan estetik sineas yang unik dan absurd. Sang tiga sineasnya tampak sekali memiliki talenta yang tidak bisa dianggap remeh. Sentuhan mereka juga mengingatkan banyak pada Ari Aster (Hereditary, Midsommar) dan Robert Eggers (The Witch) yang menyumbang pendekatan baru ke genre horor-supernatural. Mereka semua mampu membuktikan bahwa genre horor masih mampu dieksplorasi lebih jauh ke melalui sisi psikologis dengan pesan relevan yang terjadi di sekitar kita.
Penasaran, tapi tone-nya terlihat seperti tayangan layar kaca (Shudder?) daripada layar perak. Mengingatkan pada kasus film Wiro Sableng.