Crush Landing on You merupakan salah satu Drama Korea terbaik tahun ini. Film ini mencapai rating tertinggi di sepanjang sejarah TV kabel TvN, yaitu sebesar 21.68%. Berhasil mengalahkan rating sebelumnya yaitu drama Goblin (2016) sebesar 20.5%. Drama Korea memang selalu berhasil mengambil hati penikmatnya, termasuk di Indonesia. Kisah drama yang diangkat dan dibumbui dengan sedikit action, penggarapan cerita yang matang, ikatan emosi antar tokoh dan karakter yang kuat, sinematografi yang apik, sampai soundtrack  yang menguatkan emosi.

Terdiri dari 16 episode, Crush Landing on You bisa dinikmati di channel streaming Netflix. Drama ini disutradarai oleh Lee Jung Hyo, yang sebelumnya telah menggarap drama terkenal, seperti Criminal Minds, In Need of Romance, A Witch’s Love. Penulisnya yaitu Park Ji Eun juga berhasil menulis beberapa drama seri lainnya.

Selain Hyun Bin (Ri Jung Hyeok) dan Son Ye Jin (Yoon Se Ri) yang sudah terkenal pamor dan kepiawaiannya berakting dipilih sebagai pemeran utama. Para aktor dan aktris pendukung juga berperan sangat apik.  Diantaranya dua aktor yang bermain dalam Parasite yang berhasil memenangkan Best Picture dalam ajang Academy Awards 2020 lalu, yakni Jang Hye Jin dan Park Myung Hoon.

Melansir HanCinema, Crash Landing on You terinspirasi dari insiden yang terjadi pada 12 September 2008, yaitu sebuah kapal yang membawa seorang aktris yang tak sengaja terbawa arus hingga zona demiliterisasi Korea Utara. Tidak sedikit cerita tentang tema Korea Utara dan Selatan yang sudah diproduksi tapi Crush Landing on You menampilkan sesuatu yang berbeda.

Menceritakan tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin) seorang pewaris konglomerat di Korea Selatan yang ketika itu bermain paralayang untuk melakukan percobaan terhadap pakaian olahraga yang diciptakan perusahannya, namun tiba-tiba angin kencang mengakibatkan Se-ri kecelakaan dan melakukan pendaratan darurat di wilayah Korea Utara, tepatnya di zona demiliterisasi Korea Utara. Selama itu, Se-ri bertemu dengan Ri Jeong-hyuk (Hyun Bin), seorang perwira tinggi Korea Utara beserta prajuritnya. Jung-hyeok mencoba untuk melindungi dan menyembunyikannya. Dari sinilah perasaan saling cinta muncul dan konflik baru sedikit demi sedikit bermunculan.

Baca Juga  Blame!

Drama ini tidak hanya menceritakan kisah cinta saja, tapi juga persahabatan, intrik keluarga menengah atas dan yang paling utama yaitu konflik internasional antara Korea Utara dan Selatan, yang kita tahu mustahil untuk dipersatukan. Penonton dibuat penasaran dalam tiap episodenya. Genre campuran, romantis, komedi, dan aksi dalam satu drama menghasilkan perasaan campur aduk jika menontonnya.

Satu hal yang membuat salut adalah, penggambaran Korea Utara yang tampak riil. Penonton mampu mendapatkan gambaran tentang Korea Utara yang jarang sekali terekspos media, termasuk kehidupan desa di pinggirian Korea Utara dan Ibu Kota Pyongyang, serta budaya budaya yang ada di Korea Utara. Di tengah episode, setting juga berubah dari Korea Selatan hingga Swiss. Tampak Crush Landing on You dilakukan dengan riset yang dalam, kisah romansa diantara intrik dua negara, sangat cocok dinikmati saat Pandemi Corona dan kita harus tetap #dirumahaja.

Stay safe and healthy!

PENILAIAN KAMI
Overall
80 %
Artikel SebelumnyaResistance
Artikel BerikutnyaNew Trailers: Update
Tia Sukma Sari
Tia Sukma Sari lahir di Salatiga 14 November 1994. Sekarang ia masih menempuh pendidikan di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Jurusan Film dan Televisi. Kesukaannya terhadap dunia baca dan menulis membuatnya memilih konsentrasi di penulisan naskah film fiksi. Ia cukup aktif menulis di tumblr-nya, dan sekarang mencoba untuk semakin rajin menulis ulasan film.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.