Saw menjadi ikon genre slasher sejak dua dekade lalu yang kala itu digawangi oleh James Wan dan Leigh Whannel. Keduanya berlanjut menjadi sineas horor sukses melalui seri populer Conjuring dan Insidious. Saw bersama setengah lusin sekuelnya berkembang menjadi mesin horor sukses berbujet minim dengan para filmaker yang berbeda. Spiral tidak bisa juga dibilang sekuel, mungkin lebih pas “spin off” karena tidak berhubungan cerita secara langsung dengan seri sebelumnya. Spiral digarap oleh Darren Lynn Bousman dengan Wan dan Whannel duduk menjadi eksekutif produser. Film ini dibintangi dua bintang kondang, yakni komedian Chris Rock dan Samuel L. Jackson. Tak ada ekspektasi banyak menonton film ini, karena saya sendiri bukan fans serinya, tapi pencapaian film ini ternyata di luar bayangan saya.
Seorang polisi dibunuh secara brutal dengan metode dan modus operandi yang sama dengan pembunuh serial “Jigsaw” yang tewas beberapa tahun silam. Detektif Zeke (Rock) yang menyelidiki kasus ini menjadi bertambah frustasi ketika para korban berikutnya, diberi petunjuk oleh sang pembunuh melalui paket yang dikirimkan ke kantornya. Zeke lambat laun menyadari bahwa para korbannya ternyata adalah rekan-rekan satu kantornya yang pernah dekat dan bermasalah dengannya.
Jujur saja, saya memang tidak bisa menikmati serinya yang ultra sadis dan brutal. Saya hanya mengagumi konsep ide filmnya yang berada di ruang terbatas dengan segala peralatan mekaniknya untuk menghukum para korbannya. Opsinya hanya live or die! Jika hidup pun seseorang punya pengorbanan besar. Suka tidak suka, harus diakui ini memang unik yang menjadi ciri khas serinya. Spiral tidak disangka mampu menggunakan metode unik ini dan mengemasnya menjadi satu kisah investigasi yang menegangkan sekaligus mengerikan. Kisahnya sulit ditebak dan fans bisa jadi akan selalu mengaitkannya dengan sosok John Kramer (Jigsaw). Plot investigasinya memang bukan selevel Se7en, kastingnya pun jauh dari itu, namun melihat serinya, kisahnya adalah sebuah pencapaian yang jauh dari buruk.
Dengan memanfaatkan gadget yang menjadi ikon serinya, Spiral berhasil membangun kisah thriller yang solid dengan pesan “Black Lives Matter” yang kini masih hangat. Adegan klimaks dan ending-nya jelas mengarahkan pesan filmnya ke arah ini. Kisah polisi korup boleh jadi sudah ratusan jumlahnya, namun rasanya belum ada yang mampu menggandengnya dengan plot seri lain yang telah populer. Ibarat seri Annabelle, tapi detektif (bukan paranormal) yang mengusut kasus pembunuhannya. Bagi serinya, rasanya film ini bisa menjadi sebuah penyegaran karena menggunakan perspektif cerita yang berbeda dari seri sebelumnya. Fans Saw bisa jadi suka, bisa pula tidak dengan transformasi ini. Bagi yang bukan penikmat serinya pun, film ini masih bisa dinikmati secara lepas tanpa harus tahu siapa Jigsaw.
Bagi penikmat film awam, ini jelas bukan tontonan yang ideal di masa lebaran. Mengapa harus dirilis sekarang? Anehnya lagi adalah soal sensor. Mortal Kombat dibabat habis secara kasar oleh guntingan sensor, namun film ini yang kelewat sadis bisa terlihat halus tanpa potongan. Masih terngiang jeritan beberapa penonton perempuan di sekitar saya yang saya tak heran dengan tontonan mengerikan yang tersaji. OMG.