Stowaway (2021)
116 min|Drama, Sci-Fi, Thriller|22 Apr 2021
Rating: Metascore: N/A
A stowaway on a mission to Mars sets off a series of unintended consequences.

Apakah satu nyawa sama berharganya dengan nyawa seribu orang, atau sebaliknya? Ini adalah dilema yang lazim kita temui dalam kisah film. Stowaway mengangkat polemik yang sama dengan latar kisah di tengah ruang angkasa. Stowaway adalah film thriller fiksi ilmiah arahan Joe Penna. Film ini dibintangi beberapa nama besar, yakni Anna Kendrick, Tony Collete, Daniel Dae Kim, serta Shamier Anderson. Film ini dirilis oleh dua platform besar, Netflix dan Amazon Prime. Lalu bagaimana problem klasik ini dikemas dalam kisah filmnya?

Satu kru pesawat angkasa yang diisi oleh 3 orang, Zoe (Kendrick), David (Kim), dan Marina (Collete)  memiliki misi selama 2 tahun di Planet Mars. Setelah sukses take off dari bumi dan bergabung dengan pesawat angkasa di orbit bumi, tanpa diduga mereka menemukan seorang petugas teknis bernama Michael yang secara tak sengaja terbawa dalam pesawat mereka. Masalah mulai muncul ketika perangkat hidup di pesawat rusak dan tak mampu direparasi. Cadangan oksigen yang ada di pesawat untuk melanjutkan perjalanan ke orbit Mars, ternyata hanya cukup untuk 3 orang. Lantas bagaimana mereka memecahkan solusi ini?

Melalui tempo kisah relatif lambat, sejak awal, kita disuguhi secara detil awak kru dari take off hingga mereka bergabung dengan pesawat antar planet di orbit bumi. Semua disajikan begitu nyata dan mengesankan, seolah kita pun ikut turut merasakan dari momen ke momen. Dalam tempo singkat, kita sudah dekat dengan tiga sosok karakternya dan apa tugas mereka. Kejadian sang “penyelundup” sudah tentu sulit untuk dinalar, namun ini mampu ditangkis melalui penjelasan dialognya. Oke, premis bisa kita tolerir, namun pengembangan selanjutnya jelas mudah diantisipasi. Dengan penuh harap, saya menantikan sebuah solusi yang belum pernah kita temui sebelumnya. Ternyata harapan cuma harapan. Tidak ada sesuatu pun yang berbeda dari film-film yang mengangkat dilema sejenis selain prosesnya yang berbeda.

Baca Juga  Power Rangers

Dengan konsep minimalis serta kasting bertalenta, Stowaway tak mampu membuat pengembangan cerita yang intens dengan resolusi masalah yang klise. Kisahnya jelas membuang talenta para pemainnya, terutama Kendrick yang rasanya belum pernah bermain dalam genre ini sebelumnya. Film bertema survival sejenis, Arctic adalah film arahan sang sineas sebelumnya, yang naskahnya juga tertolong dari penampilan aktornya. Sang sineas jelas punya talenta dan gaya, namun rasanya ia harus mencari naskah yang lebih kuat untuk proyek berikutnya. Dalam ratusan mungkin ribuan film berdilema sejenis, pengorbanan (sisi heroik) memang adalah solusi mudah untuk mengakhiri masalahnya, bahkan film sekelas Avenger’s Endgame. Ini adalah memang sebuah tantangan bagi para penulis naskah untuk mencari sebuah penyegaran bagi solusi masalahnya.

 

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
70 %
Artikel SebelumnyaBeast Beast
Artikel BerikutnyaThe Falcon and the Winter Soldier
Himawan Pratista
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.