The 355 (2022)
122 min|Action, Thriller|07 Jan 2022
5.4Rating: 5.4 / 10 from 24,914 usersMetascore: 40
When a top-secret weapon falls into mercenary hands, a wild card CIA agent joins forces with three international agents on a lethal mission to retrieve it, while staying a step ahead of a mysterious woman who's tracking their ever...

The 355 adalah film aksi spionase garapan Simon Kinberg yang kita kenal sebelumnya mengarahkan X-Men: Dark Phoenix. Istimewanya, film ini dibintangi sederetan aktris ternama, Jessica Chastain, Lupita Nyong’o, Diane Kruger, Penelope Cruz, Fan Bing-Bing, didampingi aktor Edgar Ramirez serta Sebastian Stan. Sejak beberapa tahun terakhir, banyak film aksi spionase perempuan yang dirilis, namun The 355 menampilkan sesuatu yang sama sekali berbeda dengan beberapa kejutan.

Agen CIA perempuan, Mace (Chastain) bersama rekannya Nick (Stan) mendapat misi untuk mendapatkan satu perangkat canggih yang mampu mengendalikan sistem komputer apapun di muka bumi ini. Misi yang terlihat mudah ternyata gagal total karena di luar dugaan banyak pihak yang menginginkan alat ini. Diberi kesempatan kedua, Mace lalu meminta tolong rekan MI:6-nya, Khadijah (Nyong’o), namun di lapangan, Mace bersinggungan terbuka dengan rival mereka, yakni Marie, agen BND (CIA-nya Jerman), lalu Graciela, agen DNI (CIA-nya Kolombia), hingga Lin, agen MSS (Tiongkok). Aksi perburuan tanpa henti pun di mulai.

Jika setelah melihat poster atau trailer yang memberi kesan bernuansa komedi, kamu salah besar. The 355 adalah film aksi spionase serius! Tidak hingga kini, sebuah film aksi spionase memiliki kisah yang begitu solid dengan tokoh utama lebih dari satu orang, perempuan pula. Tidak diduga sama sekali pula, kisahnya berjalan nyaris tanpa henti, sejak menit awal hingga klimaks. Sisi misteri dan ketegangan begitu intens hingga klimaks, walau beberapa hal mudah kita antisipasi arahnya. Namun yang berbeda dibandingkan film aksi sejenis adalah penokohan lima kasting utamanya yang tersaji begitu kuat. Tak butuh waktu lama bagi penonton untuk bisa berempati penuh dengan mereka. Ditambah nilai plus lagi, chemistry di antara mereka terjalin begitu kuat, khususnya Mace dan Marie. Rivalitas dan pertemanan mereka berdua, sungguh membuat gregetan.

Baca Juga  Resident Evil: Retribution

Sebuah film aksi spionase yang mengejutkan, The 355 adalah aksi nonstop menghibur dengan deretan kasting perempuan yang bermain mengesankan, sekalipun satu dua hal, tak sulit diantisipasi plotnya. Memang, tidak ada aksi heboh layaknya film-film seri spionase besar (Bond, Bourne, M:I), namun untuk fans genrenya yang menuntut aksi dan kisah yang solid, The 355 adalah sebuah tontonan wajib, dijamin tidak mengecewakan. Jika membandingkan The 355 dengan seri spionase populer Charlie’s Angel, Angel terlihat seperti film anak-anak.

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
75 %
Artikel SebelumnyaScream
Artikel BerikutnyaCinta Pertama, Kedua, & Ketiga
Hobinya menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari studi arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan mengulas film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar di Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengajar Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga tahun 2019. Buku film debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film sebagai naratif dan sinematik. Buku edisi kedua Memahami Film terbit pada tahun 2018. Buku ini menjadi referensi favorit bagi para akademisi film dan komunikasi di seluruh Indonesia. Ia juga terlibat dalam penulisan Buku Kompilasi Buletin Film Montase Vol. 1-3 serta 30 Film Indonesia Terlaris 2012-2018. Hingga kini, ia masih menulis ulasan film-film terbaru di montasefilm.com dan terlibat dalam semua produksi film di Komunitas Film Montase. Film- film pendek arahannya banyak mendapat apresiasi tinggi di banyak festival, baik lokal maupun internasional. Biodata lengkap dapat dilihat di https://montase.org/mt_team/himawan-pratista/

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.