The Hunt (2020)
90 min|Action, Horror, Thriller|13 Mar 2020
6.4Rating: 6.4 / 10 from 9,566 usersMetascore: 50
Twelve strangers wake up in a clearing. They don't know where they are, or how they got there. They don't know they've been chosen - for a very specific purpose - The Hunt.

Sayang sekali, film ini tidak bisa kita tonton di bioskop. The Hunt adalah film thriller aksi permainan garapan Craig Zobel serta produser kawakan Jason Blum (baru merilis Fantasy Island, The Invicible Man). Blum sebelum ini seolah tak pernah gagal komersial, namun rupanya takdir film ini berkata lain. Pandemi viruskorona menyebabkan The Hunt harus beralih ke media streaming hanya beberapa hari setelah rilis terbatas di bioskop. Film berbujet USD 14 juta ini dibintangi sederetan nama tenar, seperti Hillary Swank, Betty Gilpin, serta Emma Roberts. Film ini memang mirip plot Ready or Not yang rilis tahun lalu serta Predators (2010), namun The Hunt menawarkan sesuatu yang sama sekali berbeda.

Dua belas orang dewasa mendadak terbangun di hutan dengan alasan yang tak jelas bagaimana mereka bisa berada di sana. Satu kotak besar berisi amunisi beragam senjata berada di tengah padang rumput dan mendadak mereka dihujani peluru dari atas bukit. Sesaat berikutnya, mereka sadar bahwa mereka menjadi bagian dari sebuah permainan brutal dan menjadi target buruan utamanya.

Filmnya sejak adegan pembuka telah menawarkan sebuah kejutan mengesankan dengan meninggalkan rasa penasaran penonton dengan pertanyaan, what the heck is going on? Rupanya ini hanya permulaan. Setelahnya, kejutan demi kejutan bermunculan tanpa sama sekali bisa kita duga. Satu hal yang amat unik bagi saya, belum pernah kita dengan mudahnya bersimpati dengan satu karakter dan berpindah dengan cepat ke karakter lainnya. Saya hanya bisa menggeleng tak percaya dengan apa yang saya lihat. Siapa tokoh utama kita? Semua berjalan begitu cepat dan di luar dugaan hingga membuat kita tak sempat berpikir hingga akhirnya jagoan kita muncul. The game is on. Film ini nyaris tak ada celahnya hingga “perbincangan membosankan” di penghujung adegan yang membuat terasa sedikit antiklimaks. Ya, selain ini semuanya mengesankan. Plot they mess with the wrong rabbit berjalan dengan gaya yang berkelas.

Baca Juga  Aladdin

The Hunt adalah film aksi thriller unik dengan kejutan demi kejutan tak terduga, brutal, sadis, serta sisi komedi yang bakal menghibur fans genrenya. Aksinya memang rada sadis dan brutal, seperti adegan pembuka (saya pikir ini salah satu yang aksi tersadis yang pernah saya lihat untuk tontonan mainstream), darah bercipratan dan tubuh bergelimpangan di mana-mana. Film ini memang bukan untuk tontonan semua orang. Bicara pemain, Betty Gilpin bermain dingin dan cool, juga para pemain lainnya tampak menikmati perannya, khususnya Swank. Pesannya pun mirip Ready or Not yang berupa satir status sosial. The Hunt dijamin adalah tontonan menghibur semasa kita bosan mengurung diri dalam rumah.

Stay Healthy and safe!

PENILAIAN KAMI
Overall
80 %
Artikel SebelumnyaKilas Balik: The Two Popes
Artikel BerikutnyaAll the Bright Places
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.