Sesuai Aplikasi merupakan film drama komedi yang mengangkat kisah keseharian para pengemudi ojek online. Film ini diproduksi oleh rumah produksi TBS Films yang disutradarai Adink Liwutang dengan durasi 89 menit. Sebelumnya, Adink juga telah memproduksi film bergenre sama yang berjudul The Underdogs. Sesuai Aplikasi merupakan proyek keempatnya yang berkolaborasi dengan Ernest Prakasa. Skenario ditulis sendiri oleh sang sutradara dengan dibantu Agasyah Kharim, Khalid Khasogi, dan Ronny Irawan.

Sesuai Aplikasi mengisahkan tentang dua sahabat, yakni Pras (Valentino Peter) dan Duras (Lolox) yang sama-sama berprofesi sebagai pengemudi ojek online. Duras adalah seorang kakak yang bertanggungjawab dan rela melakukan apapun untuk membiayai kuliah adiknya, Monik (Meisya Amira) hingga lulus menjadi seorang dokter. Sedangkan Pras, bekerja keras untuk membiayai operasi ibunya yang menderita penyakit jantung. Suatu hari, Sakti (Ernest Prakasa) mencuri berlian milik Ci Asiu (Dayu Wijanto) yang merupakan seorang rentenir. Hasil curiannya, tidak sengaja terbawa oleh biduan dangdut bernama Sofiyah (Titi Kamal). Pras dan Duras, dipaksa Sakti untuk mengambil berlian tersebut dari Sofiyah dengan imbalan uang. Terjepit keadaan ekonomi, mereka bingung apa yang harus mereka lakukan.

Seperti halnya kebanyakan film komedi produksi lokal lainnya, Sesuai Aplikasi memiliki plot sederhana dan mudah diantisipasi. Seperti biasa kelemahan film-film kita pula, kejanggalan cerita serta lubang plot pun muncul di sana-sini. Namanya juga film komedi hal yang masuk akal memang memungkinkan terjadi, namun tetap ada batasannya. Apa mereka tahu persis berapa nilai berlian tersebut sehingga penjagaan di rumah Ci Asiu dan sang biduan bisa begitu berbeda jauh sehingga tampak sangat berlebihan. Walaupun begitu, film ini tetap mampu menghadirkan tontonan yang menghibur penonton melalui sisi komedi yang ditampilkan para bintang komikanya.

Baca Juga  Hanum & Rangga: Faith and the City

Sesuai Aplikasi merupakan film pertama Valentino Peter dan Lolox yang keduanya berperan sebagai tokoh utama. Lolox sendiri biasanya berperan sebagai tokoh pendukung di film lain. Kebanyakan para pemain lainnya juga merupakan aktris dan aktor pendatang baru, jadi wajar saja jika akting mereka kurang maksimal. Film ini juga menghadirkan bintang senior, seperti Dayu Wijanto, Asri Welas, Titi Kamal, dan Ovi Sovianti yang memberi kesegaran dalam adegan-adegannya. Uniknya, film ini juga menggait putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming yang berperan sebagai seorang pemilik usaha kuliner dengan gaya khasnya yang sangat irit ketika berbicara, “biasa saja” jawabnya ketika ditanya.

Soundtrack lagu yang dibawakan oleh Titi Kamal sebagai seorang diva dangdut yang berjudul “Rindu Semalam” mampu membuat penonton terngiang-ngiang hingga keluar dari bioskop. Lagu tersebut diputar berulang-ulang dengan porsi yang lumayan banyak, hal ini membuat penonton sedikit terganggu. Lagu ini mengisahkan tentang kerinduan seseorang terhadap sang kekasih yang sedang sibuk bekerja, salah satunya menjadi seorang pengemudi ojek online. Lagu ini juga mengingatkan penonton pada akting Titi Kamal pada film Mendadak Dangdut (2006) yang sama-sama memerankan tokoh sebagai seorang biduan dangdut.

Wahyu Sri Palupi Ningsih

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
40 %
Artikel SebelumnyaUpdate: New Trailer
Artikel BerikutnyaAquaman
Redaksi Montase
memberikan ulasan serta artikel tentang film yang sifatnya ringan, informatif, mendidik, dan mencerahkan. Kupasan film yang kami tawarkan lebih menekankan pada aspek cerita serta pendekatan sinematik yang ditawarkan sebuah film.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini