The Battleship Island (2017)

132 min|Action, Drama, History|26 Jul 2017
7.1Rating: 7.1 / 10 from 4,688 usersMetascore: 60
During the Japanese colonial era, roughly 400 Korean people, who were forced onto Battleship Island ("Hashima Island") to mine for coal, attempt to a dramatic escape.

Film ini diadaptasi lepas dari kisah nyata pekerja paksa dari Korea berjumlah sekitar 400-an orang, yang berusaha untuk bisa melarikan diri dari Pulau Hashima. Pulau kecil ini adalah tambang batu bara milik Jepang pada masa Perang Dunia II. Film ini disutradarai oleh Ryoo Seung-wan dengan dibintangi sederet aktor kenamaan negeri ginseng, yaitu Hwang Jung-min, Kim Soo-Ahn, Lee Jung-hyun, So Ji-seob, dan tentunya yang paling ditunggu kaum hawa adalah Song Joong-ki.

Film ini berdasarkan dari fakta sesungguhnya sejarah Pulau Hashima, atau yang sering pula disebut dengan Gunkanjima, yang artinya pulau kapal perang. Di awal film, penonton disuguhi latar belakang melalui teks disusul dengan pengadeganan yang menggambarkan situasi para penambang batu bara pada masa itu. Cerita kemudian berjalan dengan tempo yang lambat, membuat penonton bisa ikut merasakan setiap penderitaan serta emosi yang dialami pekerja paksa. Mendekati konflik akhir, tempo cerita berjalan semakin cepat, namun efek ketegangan sejak awal mampu terjaga dengan baik. Hal yang saya sukai dari film ini adalah sisi artistiknya, yakni setting yang realistik tanpa banyak sentuhan rekayasa digital, kostum dan make-up yang natural yang membuat film ini terasa nyata dan mendukung banyak adegan sadistisnya.

Untuk akting para pemeran dalam film ini tak perlu diragukan lagi, bahkan si kecil Kim Soo-Ahn berperan sangat apik sebagai So-hee, penyanyi cilik dalam grup band jaz milik sang ayah Lee Kang-ok yang diperankan oleh Hwang Jung-min. Hubungan antar ayah dan anak terjalin dengan sangat baik, hampir keseluruhan film terfokus pada kedua pemain ini, namun hal ini pula yang membuat tokoh lain tidak terlalu disorot. Sangat disayangkan tokoh berkarakter kuat seperti Choi Chil-sung yang diperankan oleh So Ji-seob tidak terlalu disorot kamera, padahal ia memiliki peran penting membela rekan-rekannya dengan aksi nekatnya.

Baca Juga  The Bow

Hal yang paling ditunggu adalah kemunculan Song Joong-ki. Ia bermain cukup bagus sebagai Park Moo-young, mata-mata Korea yang diutus untuk menyelamatkan salah satu petinggi negaranya yang terjebak di Pulau tersebut. Bahkan karakter tokoh yang diperankannya tidak jauh berbeda dengan tokoh dalam Descendants of the Sun yang melambungkan namanya. Kali ini, tokoh yang diperankan Song kurang menonjol meskipun tokoh tersebut merupakan satu tokoh kunci dalam ending cerita, dan cukup banyak mendapat porsi adegan semenjak kedatangannya di Pulau Hashima.

Secara keseluruhan The Battleship Island menarik untuk ditonton. Sebuah drama fiksi yang menegangkan dan cukup sadis, dengan bumbu humor yang membuat rileks, serta ending yang mampu menguras emosi penonton. Film ini juga mengajarkan bagaimana sebuah kekuatan terbentuk dari kesatuan tekad untuk mendapatkan kebebasan bersama. Rupanya bukan kebetulan penayangan film ini berdekatan dengan tanggal 17 Agustus, seolah ikut menyemarakkan hari raya kemerdekaan kita.
WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
70 %
Artikel SebelumnyaThe Hitman’s Bodyguard
Artikel Berikutnya7 Film Musik Tentang Kaum Hipster
Luluk Ulhasanah
Luluk Ulhasanah atau lebih akrab dipanggil EL, lahir di Temanggung 6 September 1996. Sejak kecil hobi menonton film dan menulis. Minatnya pada film membuat ia bergabung dengan Komunitas Film Montase sejak tahun 2016 dan mulai beberapa kali terlibat produksi film pendek, dan aktif menulis review film, khususnya rubrik film Asia. Pada bulan Desember 2017, ia menjadi juri mahasiswa dalam ajang festival film internasional, Jogja Asian Film Festival (JAFF Netpac) 2017. Ia juga salah satu penyusun dan penulis buku 30 Film Indonesia Terlaris 2002-2018. Kini, ia menjabat sebagai Asisten Divisi Website untuk periode 2019-2020.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.