The Raid: Redemption (2011)
101 min|Action, Crime, Thriller|13 Apr 2012
7.6Rating: 7.6 / 10 from 216,524 usersMetascore: 73
A S.W.A.T. team becomes trapped in a tenement run by a ruthless mobster and his army of killers and thugs.

The Raid terhitung adalah film pertama kita yang sukses diputar secara luas di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat. Film ini bahkan mendapat banyak pujian kritikus disana karena aksi tarungnya yang dianggap merupakan terobosan baru untuk genre ini. Boleh saja kita berbangga, namun dibalik itu apakah aksi kekerasan yang teramat sadis dan brutal seperti ini yang akan kenang sebagai film yang membawa perubahan bagi sinema kita?

Gareth Evans bersama Iko Uwais pernah berkolaborasi dalam film aksi Merantau yang kisahnya lebih bersahaja. The Raid sama sekali tidak menawarkan cerita, hanya aksi kekerasan semata-mata yang dijual. Plotnya yang minim mendukung agar adegan aksi bisa dieksploitasi maksimal. Kisahnya sangat sederhana, pasukan elit khusus dikirim ke sebuah apartemen kumuh berlantai 15 yang merupakan sarang para penjahat kelas kakap hingga kelas teri yang dipimpin oleh sang bos, Tama ( Ray Sehetapy). Pasukan elit yang dikomandani Jaka (Joe Taslim) menyusup secara diam-diam, targetnya Tama yang berada di lantai 15. Belum ada separuh jalan, penyusupan terbongkar, semua akses keluar ditutup, dan Tama mengerahkan seluruh anak buahnya untuk menghabisi mereka. Jaka, Rama (Iko Uwais) yang menjadi jagoan kita, bersama anggota lainnya, tidak bisa lain selain bertahan hidup mati-matian.

Cerita memang bukan fokusnya, 90% isi filmnya hanya aksi, aksi, dan aksi, namun bukan berarti logika bisa dikesampingkan begitu saja. Tutup semua akses dan komunikasi, kata Tama. Bagaimana cara menutup akses komunikasi? Tidak adakah satu anggota pasukan saja yang membawa handphone atau alat komunikasi lainnya untuk meminta bantuan. Mobil panser pasukan elit diberondong habis oleh para penjahat dengan senjata mesin, tak jauh dibelakang tampak berlalu-lalang kendaraan sedemikian ramai, apa suara sekeras itu tidak menarik perhatian sekitar? Di awal film ada dua penembak jitu dari gedung sebelah yang menghabisi tiap pasukan elit yang di luar gedung bahkan di dalam yang mendekati jendela, kemana mereka? Lalu bagaimana mungkin bangunan gedung berlantai 15 menggunakan lantai konstruksi kayu? Dan masih tidak terhitung puluhan lainnya.

Baca Juga  Lovely Man, Kombinasi Kisah Unik dan Akting Menawan

Lalu adegan aksinya sendiri? Beberapa adegan aksi terutama tarung tangan kosong yang menggunakan gaya tarung silat memang dikoreografi dengan mengesankan. Jarak dan sudut kamera dikombinasi dengan editing mampu menghasilkan aksi tarung yang enak ditonton. Namun yang menjadi isu disini adalah kekerasan yang teramat brutal dan sadis. Adegan mematahkan leher rasanya belum pernah disajikan senyata dan sedramatik ini dalam film. Sepertinya kombinasi pencapaian teknik dan aksi brutal ini memang yang menjadi andalan dan disukai penonton dan pengamat luar. Semua tergantung Anda yang menonton filmnya. Bagi saya film ini adalah semata-semata pemuas penonton yang haus akan aksi tarung brutal dan sadis. Tidak lebih. Sungguh sangat memprihatinkan melihat banyak penonton anak-anak sewaktu saya menonton film berating Dewasa ini.

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
20 %
Artikel SebelumnyaThe Artist, Mengenang Kejayaan Era Film Bisu
Artikel BerikutnyaMata Tertutup, Tak Mampu Membuka “Mata (Hati)”
His hobby has been watching films since childhood, and he studied film theory and history autodidactically after graduating from architectural studies. He started writing articles and reviewing films in 2006. Due to his experience, the author was drawn to become a teaching staff at the private Television and Film Academy in Yogyakarta, where he taught Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut film book, "Understanding Film," was published in 2008, which divides film art into narrative and cinematic elements. The second edition of the book, "Understanding Film," was published in 2018. This book has become a favorite reference for film and communication academics throughout Indonesia. He was also involved in writing the Montase Film Bulletin Compilation Book Vol. 1-3 and "30 Best Selling Indonesian Films 2012-2018." Additionally, he authored the "Horror Film Book: From Caligari to Hereditary" (2023) and "Indonesian Horror Film: Rising from the Grave" (2023). Until now, he continues to write reviews of the latest films at montasefilm.com and is actively involved in all film productions at the Montase Film Community. His short films have received high appreciation at many festivals, both local and international. Recently, his writing was included in the shortlist (top 15) of Best Film Criticism at the 2022 Indonesian Film Festival. From 2022 until now, he has also been a practitioner-lecturer for the Film Criticism and Film Theory courses at the Yogyakarta Indonesian Institute of the Arts in the Independent Practitioner Program.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.