Troll adalah film bencana-monster produksi Norwegia-AS arahan sineas kawakan, Roar Uthaug. Sang sineas seperti kita tahu telah memproduksi film bencana berkualitas, The Wave (2015), serta film populer, Tomb Rider (2018). Film ini dibintangi beberapa pemain lokal, yakni Ine Marie Wilmann, Kim Falck, Mads Sjøgård Pettersen, Gard B. Eidsvold, Pål Richard Lunderby, dan Eric Vorenholt. Film ini baru saja dirilis platform Netflix pada tanggal 1 Desember 2022. Bermodal sentuhan sang sineas dan film-filmnya, mampukah Troll menawarkan sesuatu yang berbeda?
Sebuah anomali aneh terjadi pada proyek pembangunan terowongan di satu pegunungan di Norwegia, di mana jejak tapak kaki raksasa terlihat di sana. Ahli paleontologi, Nora Tidemann (Wilmann) secara mendadak diundang ke rapat rahasia bersama otoritas tertinggi di Denmark, termasuk perdana menteri dan petinggi militer lainnya. Dalam investigasinya bersama tim militer dan ayahnya, Nora menemukan satu fakta mengejutkan bahwa makhluk raksasa yang hanya ada dalam dongeng ternyata eksis.
Uthaug yang sudah berpengalaman dengan dua film besar sebelum ini, membuat Troll tampak matang secara teknis. Pencapaian efek visual meyakinkan ditambah sisi sinematografi yang kuat membuatnya Troll sama baiknya dengan film-film box-office besar tipikalnya. Aksi-aksinya pun tersaji begitu mengesankan walau kita sudah melihatnya dalam banyak film sejenis, sebut saja Godzilla (beragam versinya), Jurassic Park: The Lost World, hingga King Kong. Sekalipun mencoba mengambil cerita mitos lokal, namun eksekusi adegan aksi-aksinya memang tak lagi baru. Setidaknya, banyak momen aksi menghibur yang ditawarkan.
Kisahnya sendiri sebenarnya memiliki premis menarik, plus isu lingkungan yang menyertainya. Sisi misteri melingkupi plotnya yang bernuansa mistik lokal. Tidak hingga sang raksasa muncul, dan kisahnya pun berjalan ke arah tipikal plot genrenya yang klise. Plot Troll tak ubahnya Godzilla dan film monster lainnya yang isunya berubah menjadi penyelamatan warga kota, dan tentu saja pihak militer yang begitu bersemangat ingin menjajal persenjataan berat mereka. Isu lingkungan lambat laun menghilang sejalan dengan plotnya yang bekerja dengan segala amunisi blockbuster-nya.
Troll memang bukan lagi teritori baru bagi genrenya, namun sentuhan sang sineas kawakan mampu membuahkan sesuatu yang menghibur dalam beberapa momennya. Hanya amat disayangkan, isu dan mitos lokal yang sedemikian kuat tak mampu diolah lebih dalam dan bijak. Medium film telah membuktikan kemampuan menyampaikan pesannya secara efektif untuk berdamai dengan alam. Relasi antara lingkungan, dongeng lokal, versus kapitalisme adalah satu modal besar untuk memberikan solusi yang bijak, sekalipun hanya dibalut melalui film hiburan. Selamat menikmati.