Erin Brockovich (2000)
131 min|Biography, Drama|17 Mar 2000
7.4Rating: 7.4 / 10 from 221,641 usersMetascore: 73
An unemployed single mother becomes a legal assistant and almost single-handedly brings down a California power company accused of polluting a city's water supply.

Erin Brockovich (Roberts) adalah seorang ibu yang harus menghidupi tiga orang anaknya sendiri. Ia mencari pekerjaan apapun untuk bisa menghidupi keluarga serta membayar hutang-hutangnya. Suatu ketika Erin mengalami kecelakaan mobil dan menuntut si penabrak dengan meminta bantuan pengacara, Edward Masry (Finney). Erin lalu kalah di persidangan dan sebagai kompensasi ia meminta Masry untuk mempekerjakannya di kantor pengacaranya. Dengan terpaksa Masry menyetujui. Suatu ketika Erin melihat keganjilan dalam sebuah laporan kasus tentang perusahaan PG & E yang dilampiri catatan medik penduduk di kawasan sekitarnya. Usut punya usut ternyata perusahaan tersebut diduga bertanggung jawab terhadap gangguan kesehatan yang diderita penduduk melalui limbah yang mencemari air tanah.

Seperti film drama biografi kebanyakan, Erin Brockovich menyajikan perjuangan seorang wanita biasa yang melakukan hal yang sangat luar biasa. Soderbergh mampu secara berimbang menggambarkan perjuangan Erin melawan ketidakadilan serta kehidupan pribadi keluarganya tanpa ada sesuatu yang dilebih-lebihkan. Konflik yang dihadapi Erin ternyata tidak hanya dalam pekerjaannya namun juga keluarganya sendiri. Kita diperlihatkan sisi manusiawi dari sang ibu yang harus bersusah payah merawat tiga orang anaknya yang masih relatif kecil. Ketika sang ibu sibuk dengan pekerjaannya, sang pacar yang menggantikan perannya merasa terabaikan hingga ia meninggalkan Erin. Walau ending-nya tidak sulit kita tebak namun tetap saja penonton terharu melalui adegan klimaksnya yang dramatik.

Baca Juga  Dari Redaksi mOntase

Kekuatan utama film ini jelas ada pada akting Julia Roberts. Roberts bermain menawan sebagai Erin Brockovich, sebagai seorang ibu tiga orang anak sekaligus wanita karir yang tampil selalu dengan busana menggoda kaum hawa. Bisa jadi Roberts tidak kesulitan memerankan karakter ini karena sebelumnya ia banyak bermain sebagai sosok karakter bertipikal sama, yakni keras serta mandiri. Entah perannya ini didramatisir atau tidak jika dibandingkan sosok Erin aslinya namun ganjaran Oscar untuk peran utama wanita terbaik menjawab semuanya. Satu pemain lain yang mampu bermain mengesankan memberikan chemistry yang unik dengan sosok Erin adalah Albert Finney berperan sebagai Ed Masry yang juga dinominasikan Oscar.

Di luar pencapaian kedua pemain diatas yang luar biasa peran Soderberg dalam film ini juga tidak dapat dikesampingkan. Soderbergh seperti lazimnya film-film karyanya kali ini secara efektif mampu mengkombinasikan antara gaya film independen dengan film komersil. Gaya kamera handeld serta teknik editing yang efektif mampu memberikan sentuhan nyata pada film ini. Sayang film ini dalam ajang Academy Awards hanya meraih nominasi film terbaik, ia kalah oleh dirinya sendiri dalam film karyanya juga yakni, Traffic.

WATCH TRAILER

https://www.youtube.com/watch?v=HCQGydFK_hM

Artikel SebelumnyaEat, Pray, Love, Perjalanan Mencari “Cinta”
Artikel BerikutnyaPretty Woman, Kisah Cinderella dalam Kemasan Masa Kini
His hobby has been watching films since childhood, and he studied film theory and history autodidactically after graduating from architectural studies. He started writing articles and reviewing films in 2006. Due to his experience, the author was drawn to become a teaching staff at the private Television and Film Academy in Yogyakarta, where he taught Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut film book, "Understanding Film," was published in 2008, which divides film art into narrative and cinematic elements. The second edition of the book, "Understanding Film," was published in 2018. This book has become a favorite reference for film and communication academics throughout Indonesia. He was also involved in writing the Montase Film Bulletin Compilation Book Vol. 1-3 and "30 Best Selling Indonesian Films 2012-2018." Additionally, he authored the "Horror Film Book: From Caligari to Hereditary" (2023) and "Indonesian Horror Film: Rising from the Grave" (2023). Until now, he continues to write reviews of the latest films at montasefilm.com and is actively involved in all film productions at the Montase Film Community. His short films have received high appreciation at many festivals, both local and international. Recently, his writing was included in the shortlist (top 15) of Best Film Criticism at the 2022 Indonesian Film Festival. From 2022 until now, he has also been a practitioner-lecturer for the Film Criticism and Film Theory courses at the Yogyakarta Indonesian Institute of the Arts in the Independent Practitioner Program.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.