Biografi dan Film-Filmnya

Julia Fiona Roberts lahir pada 28 Oktober 1967 di Atlanta, Georgia. Orangtua Roberts, Betty Lou dan Walter Grady Roberts. Ayahnya adalah seorang aktor dan pemain teater, ketika Roberts masih dalam kandungan, bersama istrinya ia membuka sekolah teater untuk anak-anak di Decatur, Georgia. Ketika orang tuanya bercerai, keluarganya lalu pindah ke Smyrna, Georgia. Setelah lulus dari Smyrna’s Campbell High School, Roberts bergabung bersama kedua kakaknya Lisa Roberts Gillan dan Eric Roberts ke New York untuk memulai karirnya di dunia akting. Di tahun 1987, Roberts mendapat peran kecil di film Blood Red yang juga dibintangi oleh kakaknya dimana ia hanya berbicara hanya dua kata. Sebelumnya Roberts juga sempat mendapatkan peran dalam film Fire House. Penampilan pertamanya di televisi adalah di serial Crime Story di tahun 1987.

Roberts mendapatkan pujian saat membintangi sebuah film independen yang berjudul Mistyc Pizza di tahun 1988. Di tahun yang sama ia juga mendapatkan peran di musim akhir seri televisi populer, Miami Vice. Roberts lalu mendapat peran pembantu dalam film drama komedi, Steel Magnolias (1989) sebagai pengantin muda yang terserang diabetes. Di film ini ia bersama aktor-aktris senior, seperti Shirley Maclaine, Olympia Dukakis, Tom Skrerritt dan Sam Shepard. Untuk aktingnya yang menawan dalam film ini, Roberts untuk pertama kali mendapatkan nominasi Oscar untuk peran pembantu terbaik. Pencapaiannya dalam film ini merupakan awal dari sukses karir aktingnya setelah ini.

Roberts meraih status aktris superstar setelah pada tahun 1990, dia bermain dalam film komedi romantis sukses, Pretty Woman garapan Garry Marshall dengan lawan main Richard Gere. Dalam kastingnya, Roberts mengalahkan Molly Ringwald, Meg Ryan dan Daryl Hannah yang juga menjadi kandidat. Roberts sukses memerankan seorang wanita penghibur yang genit dan mendapatkan pria kaya yang tampan. Aktingnya dengan wajah lugu dan genit berhasil membuatnya mendapatkan nominasi Oscar untuk kedua kalinya, kali ini untuk pemain utama wanita terbaik. Film yang hanya berbuget $ 14 juta ini meraih $ 463 juta yang merupakan film komedi romantis paling sukses hingga kini. Kesuksesan ini tidak lepas dari kemahiran akting Roberts yang sukses memerankan perempuan pinggiran namun sangat memukau. Kecocokan pasangan Richard Gere dan Julia Roberts masih menjadi salah satu pasangan terbaik bagi para pecinta film.

Baca Juga  Pretty Woman, Kisah Cinderella dalam Kemasan Masa Kini

Setelah ini tawaran demi tawaran akting mulai berdatangan untuk bermain di film-film besar. Robert memilih berperan dalam film drama thriller, Sleeping with the Enemy dan film ini menjadi film keduanya yang sukses komersil. Film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama karangan Nancy Price ini hanya berbuget $19 juta namun berhasil meraup $174,999,005. Selanjutnya Roberts bermain dalam film fantasi sukses garapan Steven Spielberg yaitu, Hook (1991) sebagai Tinkerbell dan juga film drama romantis, Dying Young (1991) dimana ia berperan sebagai perawat yang jatuh cinta pada pasiennya. Selama dua tahun Roberts vakum, tercatat ia hanya menjadi cameo dalam film The Player (1992) yang disutradarai oleh sineas kawakan, Robert Altman. Pada 1993, aktris cantik berbibir seksi ini menjadi cover story People Magazine dengan headline “What Happened to Julia Roberts?”.

Roberts bermain kembali dalam film thriller, The Pelican Brief arahan Alan J. Pakula yang diangkat dari novel sukses karangan John Grisham bersama aktor Denzel Washington. Roberts juga bermain menjadi lawan main Liam Neeson dalam film drama biografi, Michael Collins (1996). Tak ketinggalan juga, Roberts ikut serta dalam serial yang sedang sangat digemari pada tahun 1995, Friends, dalam episode, The One After the Superbowl. Roberts mendapatkan sukses kritik dalam film drama Mary Reilly (1996) sekalipun filmnya gagal di pasaran namun tak lama ia menjawabnya melalui film komedi romantis, My Best friend Wedding (1997) yang sukses luar biasa meraih hampir $300 juta di seluruh dunia. Di film ini untuk pertama kalinya Roberts dibayar lebih dari $10 juta dan menjadi salah satu aktris Hollywood termahal. Bersama Mel Gibson ia juga bermain dalam film thriller, Conspiracy Theory yang digarap Richard Donner.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.