Richard Gere and Julia Roberts in a scene from the film 'Pretty Woman', 1990. (Photo by Buena Vista/Getty Images)

Film komedi romantis merupakan sub-genre dari film komedi dan film roman. Ciri khas film komedi romantis pada umumnya adalah dua orang pasangan muda yang segar, menarik, dan lucu yang mana mereka ditakdirkan untuk saling jatuh cinta, namun terpisah oleh berbagai macam hal seperti status sosial, orang tua, sahabat, prinsip, atau lainnya, hingga pada akhirnya mereka dapat mengatasi semua masalah itu dan dapat hidup bahagia bersama selamanya. Film komedi romantis seringkali menampilkan sisi lucu dan kekonyolan dari tokoh-tokoh yang berbeda status atau memiliki karakter yang berlawanan satu sama lain atau berbeda status. Tokoh yang satu kaya dan satu miskin, satu majikan atau atasan dan yang satu lagi bawahannya, atau bisa pula satu halus dan satu berperangai kasar.

Plot yang sering ada dalam film komedi romantis adalah tentang dua karakter, biasanya laki-laki dan perempuan bertemu, awalnya mereka berseteru kemudian muncul ketertarikan diantara keduanya. Atau dapat pula karena sebuah konflik, bisa dari mereka sendiri ataupun masalah eksternal membuat mereka harus berpisah. Selama mereka berpisah, salah satu ataupun keduanya mulai merasa kehilangan dan sadar bahwa mereka saling mencintai. Cerita kemudian berlanjut pada usaha-usaha tokoh utama untuk bertemu atau mendapatkan orang yang dicintainya tersebut. Si tokoh utama kemudian menyatakan perasaanya dan film pun berakhir bahagia.

Setting cerita film-film komedi romantis lazimnya menggunakan kota-kota besar. Musik dan lagu menjadi salah satu kunci pendukung utama dalam membentuk mood filmnya. Musik dan lagu ringan berirama dan berlirik romantis biasanya mengiringi sepanjang filmnya sesuai konteks cerita. Dalam perkembangan sejak era silam hingga saat ini genre komedi romantis sudah ribuan film diproduksi dan dengan mudah kita jumpai berbagai macam variasinya. Banyak akrtis maupun aktor serta sutradara masa kini yang menjadi ikon film-film bergenre komedi romantis, seperti Hugh Grant, Julia Roberts, Tom Hanks, Meg Ryan, dan sutradara seperti Woody Allen dan Garry Marshall.

Baca Juga  Budaya Bioskop, Budaya Mengantri

NEXT: Era Klasik

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.