The Meg (2018)
113 min|Action, Horror, Sci-Fi|10 Aug 2018
Rating: Metascore: N/A
After escaping an attack by what he claims was a 70-foot shark, Jonas Taylor must confront his fears to save those trapped in a sunken submersible.

Teror ikan hiu rupanya masih diminati untuk diproduksi Hollywood. Tak tanggung-tanggung, kali ini menampilkan ikan hiu raksasa prasejarah bertitel Megalodon. Trailer film berbujet US$ 150 juta memang lumayan meyakinkan, namun tetap saja pesimis karena sejak Jaws yang rilis empat dekade silam hingga kini masih belum ada tandingan. Terlebih melihat kasting pemain macam Jason Statham dan Li Bingbing, serta target pasar Tiongkok yang terlalu kentara. Ekspektasi rendah sekali. Namun, di luar dugaan, filmnya amat mengejutkan dari banyak sisi.

Satu ekspedisi bawah laut berhasil menembus kedalaman yang belum pernah dijangkau manusia sebelumnya. Mereka tanpa diduga, diteror satu makhluk air raksasa dan terjebak di sana hingga meminta bantuan sang ahlinya. Jonas yang memiliki trauma masa lalu dipaksa kembali untuk menghadapi kasus yang sama dalam skala berbeda. Seperti sudah diduga, sang jagoan menjadi juru selamat, namun hiu raksasa ternyata lepas ke permukaan. Perburuan pun di mulai.

Film arahan John Turteltaub (Phenomenon, National Treasure) ini, memiliki kisah yang telah jamak untuk film bergenre aksi atau fiksi ilmiah sejenis. Alur plotnya sederhana, konflik dan tujuan teramat tegas. Lalu bagusnya di mana? Alur plotnya di luar dugaan berjalan sabar dan mampu memberikan rasa ketegangan secara perlahan sehingga penonton bisa masuk betul ke dalam kisahnya. Sang monster pun tak terburu untuk ditampilkan secara penuh hingga kejutan demi kejutan muncul membuat filmnya jauh dari kata bosan. Film ini juga banyak memberi rasa nostalgia bagi penikmat film fiksi ilmiah bawah air, macam The Abbys serta film hiu, The Deep Blue Sea, atau bahkan film-film fiksi ilmiah beraroma alien sekalipun.

Baca Juga  Inferno

Segmen aksinya pun juga jauh dari kata mengecewakan. Walau perburuan sang hiu kini lebih modern dari Jaws, namun film ini mampu menyajikan aksi-aksi menegangkan dengan sangat baik  dan matang dengan pencapaian CGI yang meyakinkan pula. Segmen aksi di pantai wisata di China juga sangat mengasyikan untuk dinikmati dengan sisipan humornya, yang juga banyak mengingatkan segmen aksi pantai yang sama pada Jaws.

The Meg, walau tak bisa dibandingkan film besar di subgenrenya, tanpa diduga memiliki banyak kejutan dari banyak aspeknya, menegangkan dan menghibur, sekalipun kita tahu target utama sasaran penontonnya. Film produksi patungan Hollywood – Tiongkok dengan bintang lokal beberapa kali tidak dibuat serius dengan pencapaian setting dan CGI yang seadanya, namun rupanya tidak untuk film ini. Bisa jadi ini adalah film terbesar yang pernah diproduksi sang bintang, Jason Statham sebagai tokoh utama. Ini rasanya merupakan pertaruhan besar untuk studio Warner Bros. Kita lihat saja, apakah film yang menghibur ini berhasil di Tiongkok dan belahan dunia lainnya?

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
70 %
Artikel SebelumnyaSi Doel the Movie
Artikel BerikutnyaBrother of the Year
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini