Sumber: MEMAHAMI FILM – 2nd edition (2017)

A

adegan atau scene_ suatu segmen pendek dari keseluruhan cerita yang memperlihatkan satu aksi berkesinambungan yang diikat oleh ruang, waktu, isi (cerita), tema, karakter, atau motif. Satu adegan biasanya terdiri dari beberapa shot yang saling berhubungan Lihat shot dan sekuen.

aksis aksi atau garis 180°_ garis imajiner yang membagi persis dimana sebuah aksi berlangsung. Jika seseorang atau obyek sedang berjalan ke depan maka garis imajiner adalah arah berjalan orang atau obyek tersebut. lihat aturan 180°.

akurasi suara_suara yang keluar dari sebuah obyek dalam film sesuai dengan suara sebenarnya.

anamorphic_format gambar layar lebar dengan aspect ratio 2.35:1. Lihat fullscreen dan widescreen

aspect ratio_perbandingan antara ukuran lebar dan tinggi frame. Lihat fullscreen dan widescreen.

aturan 180°_sebuah aturan dalam sistem editing kontinuiti dimana posisi kamera tidak boleh melewati aksis aksi (garis imajiner) ketika pemotongan (cut) gambar dilakukan.

 B

 back lighting_arah pencahayaan dari belakang obyek

 

C

cameo_penampilan sesaat seorang bintang ternama atau seorang yang populer di mata publik

cerita_seluruh rangkaian peristiwa baik yang tersaji dalam film maupun tidak.

CGI (Computer Generated Imagery)_penggunaan teknologi digital untuk membuat setting, karakter, serta obyek lainnya dalam sebuah film

cinematic universe_pengembangan seri yang mengkombinasikan banyak film dengan banyak tokoh dalam satu dunia cerita yang sama.

close-up_umumnya memperlihatkan wajah atau dapat pula tangan, kaki, atau obyek lainnya yang berukuran kecil. Lihat medium close-up dan extreme close-up.

crane shot_pergerakan kamera akibat perubahan posisi kamera secara vertikal, horisontal, atau ke arah manapun sejauh kamera masih berada di atas tanah.

crosscutting atau paralel editing_serangkaian shot memperlihatkan dua rangkaian peristiwa atau lebih yang berbeda lokasi dan umumnya berjalan secara simulatan.

crossover_ persilangan dua atau lebih franchise film yang telah populer.

cut in_sebuah transisi langsung dari jarak shot yang jauh ke shot yang lebih dekat dalam ruang yang sama.

cut_transisi antara dua shot secara langsung. Cut adalah bentuk editing yang paling umum digunakan.

cut-away_transisi langsung yang menjauh dari shot sebelumnya atau berganti dengan sebuah shot lain pada ruang yang berbeda.

 

D

deep focus_ teknik yang menampilkan gambar yang sama (ketajaman gambar) fokus antara latar depan dan latar belakang. lihat rack focus.

diafragma_pengaturan exposure kamera sehingga mampu mengontrol intensitas cahaya yang masuk dalam kamera. Lihat exposure.

diegetic sound_seluruh suara yang berasal dari dalam dunia cerita film. lihat non diegetic sound.

dissolves_transisi antara dua shot dimana gambar pada shot sebelumnya untuk sesaat terlihat pada shot setelahnya.

dokumenter_suatu jenis film yang didasarkan atas fakta baik peristiwa, tokoh, serta lokasi yang sunguh-sungguh nyata dan terjadi.

dubbing_proses pengisian atau penambahan suara dialog yang dilakukan setelah gambar filmnya telah selesai produksi.

 

E

editing diskontinu_perpindahan shot dengan terjadi lompatan waktu.

editing kontinu_perpindahan shot tanpa terjadi lompatan waktu.

editing kontinuiti_ sistem penyuntingan gambar untuk memastikan tercapainya kesinambungan suatu rangkaian aksi cerita. Beberapa teknik digunakan untuk mencapai editing kontinuiti yakni, aturan 180°, shot/reverse shot, eyeline match, establishing /reestablishing shot, match on action, point of view cutting, cut-in.

editing_tahap produksi: pemilihan serta penyambungan shot-shot yang telah diambil; tahap setelah filmnya selesai: teknik yang digunakan untuk menghubungan tiap shot-nya.

efek suara atau noise_seluruh suara dalam film selain suara dialog, lagu, dan musik.

eksperimental atau avant-garde_suatu jenis film yang amat bergantung pada subyektifitas pembuatnya dan berada di luar industri mainstream. Umumnya berbentuk abstrak dan sangat sulit untuk dipahami.

elliptical editing_satu rangkaian shot yang mempersingkat bagian dari sebuah aksi atau peristiwa.

ending credit_kredit berupa teks nama sutradara, produser, para pemain, serta kru secara lengkap yang muncul setelah filmnya selesai. Lihat opening credit.

epilog_serangkain gambar dan atau teks yang muncul sebelum ending credit, lazimnya muncul dalam film biografi atau dokudrama yang menyajikan fakta-fakta tentang tokoh atau peristiwa filmnya.

establishing shot_sebuah shot dari jarak cukup jauh (long shot) yang memperlihatkan hubungan spasial antara para karakter pokok, obyek, serta setting dalam sebuah adegan. Lihat reestablising shot.

exposure_besar intensitas cahaya yang masuk dalam kamera

external diegetic sound_seluruh suara yang mampu didengar oleh semua orang yang berada dalam ruangan yang sama pada sebuah adegan. lihat internal diegetic sound.

extreme close-up_ jarak kamera yang memperlihatkan bagian mendetil dari wajah seperti mata, hidung, telinga atau bagian dari sebuah obyek. Lihat close-up.

extreme long shot_ jarak kamera yang sangat jauh dari obyeknya dan sosok manusia tidak tampak jelas. Umumnya digunakan untuk melihat pemandangan atau panorama yang luas. Lihat long shot.

eyeline match_sebuah shot yang memperlihatkan seseorang melihat sebuah obyek di luar frame dan diikuti dengan shot yang memperlihatkan obyek yang dilihatnya.

 

F

fade_transisi shot dimana gambar secara perlahan bertambah gelap hingga seluruh frame berwarna hitam (fades-out) dan secara perlahan kembali bertambah terang hingga muncul gambar berikutnya (fades-in).

fast-motion_kecepatan gerak gambar yang lebih cepat dari kecepatan normal

figuran_semua karakter diluar para pelaku cerita utama dan pendukungnya

fiksi atau film cerita_suatu jenis film yang terikat oleh plot dan umumnya menggunakaan cerita rekaan di luar kejadian nyata.

fill-light_sumber cahaya pengisi berfungsi untuk melembutkan atau menghilangkan bayangan. Lihat key-light.

film noir_film yang bernuansa “gelap” atau “suram”_jenis film yang merupakan pengembangan dari genre kriminal-gangster yang populer pada era 40an dan 50-an. Memiliki karakter cerita dan sinematik yang khas, seperti plot rumit yang sulit ditebak, penggunaan narator, tata cahaya low-key lighting, serta kamera low-angle.

focal length_ jarak dari titik pusat lensa ke titik obyek dengan fokus yang tajam. Lihat lensa wide angle, lensa normal, dan lensa telephoto.

frame atau bingkai_batas wilayah gambar yang ditangkap oleh kamera

franchise_film berseri atau satu rangkaian film yang diproduksi dua film atau lebih yang memiliki kontinuitas cerita atau tokoh dalam kisahnya.

freeze frame_teknik membekukan gambar (pause).

frontal lighting_arah pencayahaan dari depan obyek

fullscreen_format gambar dengan aspect ratio 1.33:1. Lihat widescreen.

 

G

genre_jenis atau klasifikasi dari sekelompok film yang memiliki karakter atau pola yang sama, seperti aksi, drama, western, horor, perang dan sebagainya

graphic match_transisi antara dua shot yang berbeda namun memiliki komposisi visual yang hampir sama.

 

H

handheld camera_merupakan teknik kamera gaya dokumenter dimana kamera langsung dijinjing atau dipegang ketika merekam sebuah adegan dan hasilnya gambar tampak bergoyang-goyang.

hard light_kualitas pencahayaan yang menyorot tajam dan cenderung membentuk obyek dan bayangan yang jelas. Lihat soft light.

high angle_sudut kamera yang melihat obyek dalam frame yang berada di bawahnya. Posisi kamera lebih tinggi dari obyeknya. Lihat low-angle.

high-key lighting_rancangan tata cahaya yang menghasilkan batas yang tipis antara area gelap dan terang. Lihat low-key lighting.

 

I

infocus_obyek dalam gambar yang terlihat tajam atau fokus. Lihat outfocus.

internal diegetic sound_seluruh suara yang bersumber dari pikiran seorang karakter dan tidak mampu didengar oleh orang lain. Lihat eksternal diegetic sound.

iris_frame berbentuk lingkaran yang membesar dan mengecil untuk membuka atau menutup sebuah adegan.

 

J

jump-cut_sebuah lompatan gambar dalam satu rangkaian shot akibat perubahan posisi karakter atau obyek dalam latar yang sama atau dapat pula akibat posisi karakter atau obyek yang tetap namun latar berubah seketika.

 

K

kamera digital_kamera video yang menggunakan sistem digital.

kamera film_kamera yang menggunakan format seluloid.

kamera subyektif atau point of view (POV) shot_arah pandang kamera persis seperti apa yang dilihat oleh mata seorang karakter.

key-light_sumber cahaya utama atau yang paling dominan dan mampu menimbulkan area bayangan dengan tegas. Lihat fill-light.

kine transfer_proses transfer format digital ke format seluloid

kuleshov effect_ eksperimen editing yang dilakukan oleh sineas Rusia, Lev Kuleshov yang menyimpulkan bahwa dengan menggunakan sebuah shot dapat menghasilkan efek serta makna yang berbeda jika dihubungkan dengan shot yang berlainan; atau dengan kata lain dapat dikatanan teknik editing mampu memanipulasi secara spasial (ruang dan waktu).

 

L

lensa normal atau normal focal length_lensa yang membuat obyek terlihat normal seperti apa yang terlihat mata manusia tanpa melalui lensa.

lensa telephoto atau long focal length_lensa yang mampu membuat obyek terlihat lebih dekat dari jarak sebenarnya.

lensa wide angle atau short focal length_lensa yang mampu membuat obyek terlihat lebih jauh dari jarak sebenarnya.

lensa zoom_lensa yang memungkinkan untuk merubah focal length hingga mampu menghasilkan efek perspektif yang berbeda dalam satu shot (memperbesar atau memperkecil obyek)

linier_ urutan waktu plot yang berjalan sesuai dengan urutan aksi peristiwa tanpa ada interupsi waktu yang signifikan. Film cerita (fiksi) umumnya memakai pola urutan waktu jenis ini. Lihat non-linier.

long shot_jarak kamera yang memperlihatkan tubuh fisik manusia secara jelas dari kaki hingga kepala namun lingkungan atau latar belakang masih tampak dominan. Lihat extreme long shot dan medium long shot.

long take_durasi shot yang lebih lama dari durasi shot umumnya.

low angle_sudut kamera yang melihat obyek dalam frame yang berada di atasnya. Posisi kamera lebih rendah dari obyeknya. Lihat high-angle.

low-key lighting_rancangan tata cahaya yang menghasilkan batas yang tegas antara area gelap dan terang. Efek bayangan sangat dominan. Lihat high-key lighting.

 

M

mainstream_ industri film yang mendominasi pasar seperti industri film Hollywood. Film-film mainstream diproduksi bertujuan untuk menghasilkan keuntungan finansial sebesar mungkin dan biasanya selalu menggunakan seorang bintang ternama.

Baca Juga  Kembalinya Sineas Orisinal

mask_bidang yang menutup sebagian dari frame dan umumnya berwarna hitam.

match on action_sebuah transisi shot diambil dari arah yang berbeda memperlihatkan satu aksi tidak terputus dalam sebuah momen pergerakan yang sama.

medium close-up_jarak kamera yang memperlihatkan tubuh manusia dari dada hingga kepala. Umumnya digunakan untuk adegan percakapan normal. Lihat medium shot dan close-up.

medium long shot_jarak kamera yang memperlihatkan tubuh manusia dari bawah lutut hingga kepala. Lingkungan dan manusia relatif seimbang. Lihat long shot dan medium shot.

medium shot_jarak kamera yang memperlihatkan tubuh manusia dari pinggang hingga kepala. Lihat medium long shot dan medium close-up.

mid credit scene_satu adegan pendek yang muncul ditengah-tengah ending credit lazimnya muncul setelah closing title sequence. Lihat post credit scene.

mise_en_scene_segala aspek yang berada di depan kamera yang akan diambil gambarnya, yakni setting, tata cahaya, kostum dan tata rias wajah, serta pergerakan pemain.

monolog interior_suara batin dari seorang karakter.

monolog_kalimat yang diucapkan oleh seorang karakter pada dirinya sendiri atau untuk penonton.

montage_ atau montage sequence adalah teknik editing yang menggambarkan serangkaian peristiwa dari momen ke momen menggambarkan sebuah proses yang lazimnya diiringi oleh ilustrasi musik atau lagu.

 

N

naratif_rangkaian peristiwa yang berhubungan satu sama lain yang terikat oleh logika sebab-akibat (kausalitas) dalam suatu ruang dan waktu

narator_pemberi informasi cerita (narasi) selama film berlangsung. Narator dapat merupakan seorang karakter dalam cerita film dan dapat pula tidak.

non diegetic insert_penyisipan sebuah shot yang sama sekali tidak berhubungan dengan unsur ruang dan waktu dalam naratif. Umumnya shot dimaksudkan untuk metafora atau tujuan simbolik.

non linier_urutan waktu plot yang berjalan tidak sesuai dengan urutan aksi peristiwa sebenarnya. Pola ini memanipulasi urutan waktu kejadian dengan merubah urutan plotnya. Lihat linier.

nondiegetic sound_seluruh suara yang berasal dari luar dunia cerita film dan hanya mampu didengar oleh penonton saja. lihat diegetic sound.

 

O

offscreen sound_suara yang dihasilkan oleh karakter atau obyek dari luar frame.

onscreen sound_suara yang dihasilkan oleh karakter atau obyek yang berada dalam frame.

opening logo_ gambar logo studio produsen film atau distributor yang lazimnya muncul pertama kali di layar sejak film bermula.

opening credit_ kredit berupa teks nama sutradara, produser, para pemain utama, dan kru inti lainnya yang muncul diawal sebelum film bermula. lihat ending credit.

outfocus_obyek dalam gambar yang terlihat kabur atau tidak fokus. Lihat infocus.

outtake_lazimnya muncul bersamaan atau sebelum ending credit yang menyajikan serangkaian gambar kesalahan-kesalahan dialog atau aksi para pemain semasa pengambilan gambar dalam filmnya yang dimaksudkan sebagai unsur humor.

overlapping dialog_teknik yang menumpuk dua dialog atau lebih. Umumnya digunakan pada adegan pertengkaran.

overlapping editing_satu rangkaian shot yang mengulangi aksi pada shot sebelumnya. Dalam film-film Hong Kong sering digunakan untuk mengulangi adegan aksi berbahaya dan umumnya diambil dari sudut kamera yang berbeda.

 

P

pan_pergerakan kamera secara horisontal (kanan-kiri) dengan posisi kamera tetap pada tempatnya. Lihat tilt.

penceritaan tak terbatas atau omniscient narration_informasi cerita yang tidak dibatasi dan terikat dari satu karakter saja namun bebas dari karakter manapun

penceritaan terbatas atau restricted narration_informasi cerita yang dibatasi dan terikat hanya pada satu orang karakter saja

perspektif suara_kemampuan suara untuk membentuk persepsi jarak serta kedalaman ruang.

plot_rangkaian peristiwa dalam film yang disajikan pada penonton secara visual dan audio.

point of view cutting atau POV cutting _ sebuah shot yang memperlihatkan seseorang melihat sebuah obyek di luar frame dan diikuti dengan shot yang memperlihatkan obyek tersebut persis dari arah pandang (mata) orang tersebut.

point of view shot_ lihat kamera subyektif.

post credit scene_sebuah adegan pendek yang muncul setelah ending credit selesai. lihat mid credit scene.

prekuel_kisah awal yang terjadi sebelum peristiwa pada seri pertamanya. Lazimnya sekuel diproduksi setelah sebuah film telah populer dan memiliki beberapa sekuel.

pre opening credit_segmen pendek berupa adegan atau teks yang letaknya lazimnya setelah opening logo dan sebelum opening credit atau judul film_lihat opening logo dan opening credit.

proyektor film_alat untuk memproyeksi gambar dari format seluloid

 

R

rack focus_teknik yang menampilkan gambar yang fokus hanya pada latar depan atau latar belakang saja. lihat deep focus.

racking focus_perpindahan fokus antara gambar latar depan dari latar belakang atau sebaliknya.

reboot_penyegaran dari sebuah franchise yang telah populer, baik dari dari segi cerita maupun estetik untuk memulai kembali kisahnya dari sesuatu yang baru dari seri aslinya.

reestablishing shot_ sebuah shot dari jarak cukup jauh mengikuti establisihing shot sebelumnya setelah satu rangkaian shot jarak dekat. Lihat establishing shot.

remake_produksi ulang sebuah film yang dianggap sukses komersial atau film yang dianggap memiliki kualitas tertentu dengan menggunakan cerita serta pemain bintang menyesuaikan selera masanya.

reverse-motion_gerak gambar yang berbalik mundur

ritmik editing_kontrol durasi shot dalam satu rangkaian transisi shot untuk menambah atau mengurangi intensitas aksi pada sebuah adegan.

ruang offscreen_ bagian setting atau ruang yang tidak tampak frame (gambar).

ruang onscreen_bagian setting atau ruang yang tampak dalam frame (gambar).

 

S

screen directing_hubungan arah ke kanan dan ke kiri pada sebuah adegan yang ditentukan oleh posisi, pergerakan, serta arah pandang karakter. Dalam sistem editing kontinuiti selalu menjaga konsistensi screen directing antar shot.

sekuen atau sequence_suatu segmen besar yang memperlihatkan satu rangkaian peristiwa utuh. Sebuah sekuen umumnya terdiri dari beberapa adegan. Lihat shot dan adegan.

sekuen montase atau montage sequence_serangkaian shot yang memperlihatkan satu rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dan biasanya diiring oleh musik atau lagu.

setting_ salah satu aspek mise_en_scene yakni latar belakang bersama segala propertinya.

sekuel_kisah lanjutan sebuah film yang lazimnya diproduksi karena sukses komersil filmnya.

shot on location_produksi film pada lokasi sesungguhnya (bukan dalam studio).

shot/reverse shot_gabungan dua shot atau lebih yang membedakan para karakter dan umumnya digunakan untuk adegan dialog. Dalam sebuah shot, karakter A melihat ke kanan dan pada shot lainnya karakter B melihat ke kiri.

shot_ pasca produksi: satu rangkaian gambar yang tidak terinterupsi oleh transisi gambar; produksi: proses perekaman gambar sejak kamera diaktifkan (on) hingga kamera dihentikan (off).

side lighting_arah pencahayaan dari samping obyek.

sinematografi_salah satu unsur sinematik yang mencakup perlakuan sineas terhadap kamera dan stok filmnya dalam sebuah produksi film

slow-motion_kecepatan gerak gambar yang lebih lambat dari kecepatan normal

soft light_kualitas pencahayaan yang cenderung menyebar dan menghasilkan bayangan yang tipis. Lihat hard light.

sound bridge_suara yang membelakangi atau mendahului sebuah adegan yang umumnya digunakan untuk memperhalus transisi shot atau perpindahan adegan.

sound over_ sumber suara yang secara fisik tidak berasal dari obyek dalam adegan. Lihat nondiegetic sound dan internal diegetic sound.

spin-off_ pengembangan kisah atau alternatif cerita yang tokoh utamanya berbeda dengan seri aslinya yang lazimnya diproduksi setelah sebuah franchise telah populer dan sukses secara komersial.

split screen_teknik yang menampilkan dua gambar atau lebih dalam frame yang berbeda dalam satu shot.

stok film_negatif film seluloid

straight-on angle_kamera melihat obyek dalam frame secara lurus. Lihat high-angle dan low angle.

struktur tiga babak_struktur pengembangan cerita yang paling populer digunakan. Struktur tiga babak terdiri dari tahap permulaan, konfrontasi, dan resolusi. Memiliki beberapa karakter yang umum seperti plot baik versus jahat, penggunaan pola linier, konflik yang tegas antara protagonis dan antagonis, serta akhir cerita yang memuaskan penonton.

suara non-simultan_ suara yang keluar tidak sama dengan waktu aksi cerita yang tengah berlangsung. Lihat suara simultan, suara sebelum aksi cerita, suara setelah aksi cerita.

suara sebelum aksi cerita_suara yang digunakan pada adegan sebelumnya muncul kembali pada adegan yang kini tengah berlangsung. Lihat suara setelah aksi cerita.

suara setelah aksi cerita_suara yang nanti atau belum digunakan muncul pada pada adegan yang kini tengah berlangsung. Lihat suara sebelum aksi cerita.

suara simultan_suara yang keluar sama dengan waktu aksi cerita. Lihat suara non-simultan.

superimpose_teknik yang menggabungkan dua gambar atau lebih dalam satu frame.

superstar_seorang bintang yang sangat populer. Film-film yang dibintang seorang superstar umumnya sukses secara komersil dan merupakan daya tarik utama bagi kebanyakan orang untuk menonton filmnya.

 

T

thriller_jenis film yang bertujuan memberikan ketegangan, rasa penasaran, ketakutan, dan ketidakpastian bagi penontonnya. Thriller seringkali bersinggungan dengan genre aksi dan horor.

tilt_ pergerakan kamera secara vertikal (atas-bawah) dengan posisi kamera tetap pada tempatnya (statis). Lihat pan.

title sequence_atau sering pula diistilahkan main title sequence adalah kredit berupa serangkaian gambar dan teks nama sutradara, produser, para pemain serta kru inti lainnya yang disajikan lazimnya menggunakan grafis yang kemunculannya bisa pada awal atau akhir film.

top lighting_arah pencahayaan dari atas obyek.

tracking shot_pergerakan kamera akibat perubahan posisi kamera secara horisontal.

tribute_ atau homage merupakan sebuah penghormatan terhadap film populer lain melalui penggunaan sebagian plot, adegan, tokoh, properti, kostum, ilustrasi musik, kutipan dialog, dan sebagainya yang seringkali dimaksudkan sebagai efek humor.

 

U

under lighting_arah pencahayaan dari bawah obyek.

 

W

widescreen_format gambar layar lebar dengan aspect ratio 1.85:1. Lihat fullscreen dan anamorphic

wipe_transisi antara dua shot dimana frame sebuah shot bergeser ke arah kanan, kiri, atas, bawah, miring atau lainnya hingga berganti menjadi sebuah shot baru.

 

 

 

 

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.