Assalamualaikum Calon Imam merupakan film yang diadaptasi dari novel best-seller berjudul sama. Film ini diproduksi Prized Production bersama Vinsky Production dengan disutradarai oleh Findo Purbowo. Pemain-pemain yang terlibat dalam film garapan sineas Makassar ini, yakni Natasha Rizky, Miller Khan, Merdi Octav, Hessel Wong, Defwita Zumara, Andi Arsil, dan Dr. Deby Vinski. Film ini diangkat dari kisah nyata  dengan dua  tokoh utama yang diperankan oleh Natasha Rizky dan Miller Khan.

     Mengisahkan tentang Natasha Rizky sebagai Fisya yang tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap pria semenjak ditinggal sang Ayah. Bagi sang gadis, kepercayaan merupakan hal yang mahal. Pria yang ia cintai sejak remaja justru lebih memilih kakak kandungnya sebagai pendamping. Sementara itu, ia juga menyimpan rasa kecewa yang amat besar terhadap Ayah kandungnya yang menikahi wanita lain. Suatu ketika datanglah Alif yang jatuh hati padanya.

     Terlepas dari kisah dan popularitas novelnya, film ini justru cenderung tidak tegas dalam menyajikan cerita, khususnya terkait dengan judul filmnya. Kisah filmnya justru lebih dominan pada penyelesaian konflik keluarga. Di awal cerita, dikisahkan Fisya bertemu dengan Alif yang ternyata merupakan mantan mahasiswa Ayahnya. Sementara itu Fisya sangat mencintai teman masa kecilnya, Jidan, yang malah melamar kakaknya. Tak digambarkan dengan jelas bagaimana awal kisah cinta Fisya dengan Jidan. Pernikahan kakak Fisya memaksa Fisya untuk berjumpa dengan sang ayah, akhirnya konflik ayah dan anak ini terselesaikan dengan ia menuruti wasiat ayahnya untuk menikahi Alif. Secara umum plotnya tidak mengarah pada pada judul film tersebut dengan tak banyak mengisahkan bagaimana Fisya berkonflik dengan calon imamnya. Di seperempat akhir film, malah dikisahkan lika-liku rumah tangga Fisya dengan Alif.

Baca Juga  Tanah Air Beta

     Naskah film yang tidak menarik sehingga tidak mampu membuat penonton baper dengan dialog tokoh-tokohnya. Cerita pun tidak begitu kuat sehingga tidak meninggalkan kesan yang mendalam bagi penonton. Tren membuat film dengan adaptasi novel laris memang tengah diminati oleh sineas kita, namun perlu juga memperhatikan kualitas cerita. Well, Assalamualaikum Calon Imam bisa jadi tak sebagus novelnya.

WATCH TRAILER

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini