Slumdog Millionaire (2008)
120 min|Crime, Drama, Romance|25 Dec 2008
8.0Rating: 8.0 / 10 from 880,764 usersMetascore: 84
A teenager from the slums of Mumbai becomes a contestant on the show 'Kaun Banega Crorepati?' When interrogated under suspicion of cheating, he revisits his past, revealing how he had all the answers.

Slumdog Millionare (SM) adalah film drama roman garapan sineas Inggris, Danny Boyle yang diadaptasi dari novel Q & A karya Vikas Swarup. Uniknya, latar cerita, setting, hingga pemain semuanya bernafaskan India. Film terbukti sukses besar baik komersil maupun kritik. Puluhan penghargaan telah diraih SM di berbagai ajang bergengsi di dunia, dan baru saja dalam ajang Academy Awards film ini sukses luar biasa dengan meraih 8 Oscar termasuk film terbaik. Sedemikian hebatkah film ini?

Jamal (Dev Patel) adalah seorang pemuda miskin kota Mumbai yang kini beruntung dapat duduk di kursi panas kuis Who Wants to be Millionare yang dipandu Prem Kumar (Anil Kapoor). Tinggal selangkah lagi Jamal mendapatkan hadiah utama sebesar 20 juta Rupee, namun di masa rehat, mendadak ia digelandang dan diinterogasi polisi karena dituduh menipu dalam acara kuis tersebut. Jamal mencoba menjelaskan semua pada sang inspektur, bagaimana ia mampu menjawab tiap pertanyaan dalam kuis. Semua jawaban tak lepas dari kisah masa lalunya, hubungan dengan kakaknya, Salim (Madhut Mittaal), serta Latika (Freida Pinto), gadis yang juga sahabatnya sejak kecil.

Satu hal yang menjadi kekuatan utama film ini adalah naskahnya yang segar dan brilyan. Inti kisah yang sebenarnya sederhana memgesankan rumit akibat alur plotnya selalu bergerak maju-mundur melalui penuturan kilas-balik. Cerita yang berlangsung “kini” adalah Jamal yang tengah diinterogasi sang inspektur. Dasar pijakan alur cerita sesungguhnya adalah tiap pertanyaan dalam kuis. Jamal mampu menjawabnya dengan benar karena semua pertanyaan terkait dengan segala hal yang terjadi dalam hidupnya. Tiap pertanyaan dan jawaban secara runtut menyinggung lika-liku kehidupan Jamal sejak ia kecil yang semuanya tersusun begitu rapi. Menjelang klimaks film seluruh plotnya menyatu, dan Boyle menyuguhkan kita sebuah klimaks yang indah dan tak terlupakan. Sebuah resolusi yang amat memuaskan dengan takdir dan cinta sebagai jawaban.

Baca Juga  Dokumenter dan “Pembungkusnya”

Alur kisah yang bertempo cepat dan silih-berganti membuat SM sangat bertumpu pada aspek editing. Boyle memakai sentuhan yang sama dengan Trainspotting, film terdahulunya, melalui gaya editing cepat dan “kasar” dipadu dengan tata sinematografi yang dinamis. Boyle membawa kita menyusuri kawasan kumuh Kota Mumbai yang mampu disajikan dengan begitu meyakinkan. Dari sisi pemain, pencapaian mengagumkan diperlihatkan para pemain ciliknya yang mampu bermain begitu ekspresif dan natural. SM semakin sempurna melalui iringan ilustrasi musik dan lagu sentuhan komposer kenamaan India, A.R. Rahman. Di penghujung film, SM menampilkan satu sekuen musikal yang manis sebagai tribute terhadap film-film India mainstream. Satu-satunya kelemahan “kecil” SM adalah bahasa bicara yang didominasi bahasa Inggris. Rasanya film ini akan jauh lebih menarik dan meyakinkan jika banyak menggunakan bahasa aslinya (Hindi).

SM merupakan pertalian sempurna antara kultur barat dan timur, baik tema maupun estetik. SM menyorot sekilas masalah sosial dan budaya India, Kota Mumbai khususnya, seperti kemiskinan, prostitusi, kriminal, konflik antar agama, turisme, hingga Bollywood. Sulit rasanya mencari film tandingan SM dalam satu dekade ini, dan entah sudah sejak kapan, sebuah film bisa diproduksi sebaik ini. Elemen drama, roman, aksi, komedi, thriller, hingga musikal semuanya berpadu dengan sempurna menghasilkan sebuah tontonan ringan yang menghibur, menegangkan, dan menyentuh. Ah, andai semua film seperti ini…. pure and simple.. just Love.

Artikel SebelumnyaKedalaman Riset Membawa Kemenangan
Artikel BerikutnyaValkyrie
A lifelong cinephile, he cultivated a deep interest in film from a young age. Following his architectural studies, he embarked on an independent exploration of film theory and history. His passion for cinema manifested in 2006 when he began writing articles and film reviews. This extensive experience subsequently led him to a teaching position at the esteemed Television and Film Academy in Yogyakarta. From 2003 to 2019, he enriched the minds of students by instructing them in Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory. His scholarly pursuits extended beyond the classroom. In 2008, he published his seminal work, "Understanding Film," which delves into the core elements of film, both narrative and cinematic. The book's enduring value is evidenced by its second edition, released in 2018, which has become a cornerstone reference for film and communication academics across Indonesia. His contributions extend beyond his own authorship. He actively participated in the compilation of the Montase Film Bulletin Compilation Book Volumes 1-3 and "30 Best Selling Indonesian Films 2012-2018." Further solidifying his expertise, he authored both "Horror Film Book: From Caligari to Hereditary" (2023) and "Indonesian Horror Film: Rising from the Grave" (2023). His passion for film extends to the present day. He continues to provide insightful critiques of contemporary films on montasefilm.com, while actively participating in film production endeavors with the Montase Film Community. His own short films have garnered critical acclaim at numerous festivals, both domestically and internationally. Recognizing his exceptional talent, the 2022 Indonesian Film Festival shortlisted his writing for Best Film Criticism (Top 15). His dedication to the field continues, as he currently serves as a practitioner-lecturer for Film Criticism and Film Theory courses at the Yogyakarta Indonesian Institute of the Arts' Independent Practitioner Program.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.