Okay! Madam adalah film komedi aksi produksi Korea Selatan yang digarap oleh Le Chul-ha. Film yang dirilis Agustus lalu ini merupakan film laris pertama di Korea Selatan pada masa pandemi yang menembus satu juta penonton hanya dalam waktu 8 hari. Film ini dibintangi beberapa nama populer, sebut saja Uhm Jung-hwa, Park Sung-wo, Lee Sang-hoon, Lee Sun-bin, hingga Kim Hye-eun. Apakah film Korea ini mampu menawarkan lagi sesuatu yang baru untuk genrenya?

Mi-young dan Seok-hwan adalah pasangan pekerja kelas bawah bersama putri kecil mereka. Suatu ketika, mereka mendapatkan undian tiket liburan ke Hawaii. Niat Mi-young yang awalnya ingin menjual tiket tersebut akhirnya pupus setelah melihat sang putri yang selama ini hidup jauh dari kata mewah dan selalu diejek rekan-rekannya. Dalam perjalanan pesawat, tanpa diduga aksi terorisme terjadi yang memaksa Mi-young untuk memperlihatkan identitas masa lalunya sebagai seorang agen rahasia yang handal.

Seperti sudah menjadi tradisi film-film Korea Selatan, eksplorasi terhadap plot Hollywood tak ada henti-hentinya merela lakukan dengan cara dan gaya yang amat menyegarkan. Kali ini plot “Die Hard” yang sudah dieksplorasi banyak film, berhasil dikemas dalam bentuk komedi aksi yang menghibur. Satu aspek yang menjadi penopang kokoh kisahnya adalah elemen kejutan. Sejak babak kedua hingga akhir, penonton disuguhi kejutan demi kejutan yang sulit untuk diantisipasi karena teralihkan oleh sisi komedi yang lebay khas “film Korea”. Penonton dijamin tak akan bosan melihat polah dan aksi para karakternya dengan twist cerita yang terus muncul sepanjang film. Kasting utama pun yang berjumlah belasan orang nyaris tanpa cacat dalam memainkan perannya.

Okay! Madam adalah sebuah komedi ringan dengan eksplorasi segar dari plot “Die Hard” yang penuh dengan kejutan sepanjang kisah filmnya. Saya tak habis pikir dengan industri film Korea, bagaimana mereka mampu menjaga kontinuitas kualitas filmnya dengan film-film yang selalu menampilkan sesuatu yang baru dan segar dalam waktu yang relatif singkat. Tak bisa dipungkiri, Okay! Madam adalah salah satu eksplorasi plot “Die Hard” yang paling memuaskan dalam dua dekade belakangan.

Baca Juga  Force of Nature

Stay safe and Healthy!

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
80 %
Artikel SebelumnyaThe New Mutants
Artikel BerikutnyaCome Play
Himawan Pratista
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.