The Spy Who Dumped Me (2018)
117 min|Action, Adventure, Comedy|03 Aug 2018
6.4Rating: 6.4 / 10 from 5,157 usersMetascore: 51
Audrey and Morgan are best friends who unwittingly become entangled in an international conspiracy when one of the women discovers the boyfriend who dumped her was actually a spy.

Dari judul dan trailer-nya, kita sudah tahu jika film ini adalah sebuah komedi spionase. Satu subgenre populer yang memang tidak seserius genre spionase aslinya, dan uniknya rilisnya berbarengan dengan Mission: Impossible 6. Film ini digarap oleh Susanna Fogel, yang sebelumnya dikenal menggarap film seri televisi. Film ini dibintangi oleh Mila Kunis, Kate McKinnon, serta Justin Theroux.

Audrey adalah seorang gadis pekerja bar bersama sobat karibnya, Morgan. Audrey pernah berhubungan dengan seorang pria bernama Drew yang diketahui adalah seorang agen CIA. Drew ternyata menitipkan sebuah benda yang berisi info rahasia di rumah Audrey. Alhasil, Audrey dan Morgan terjebak dalam situasi berbahaya serta petualangan aksi di berbagai wilyah di Eropa.

Sejak opening, sebenarnya film ini telah mengawali dengan baik hingga serangkaian segmen aksi di Viena. Adegan aksi di segmen ini sangat menghibur dan mengocok perut, khususnya saat aksi kejar-mengejar mobil dan motor di jalanan kota Vienna.

Kita tentu berharap sesuatu yang besar setelah ini, namun sebaliknya. Alur plot dan tempo aksinya menurun dan semakin mundur semakin membosankan dengan segmen klimaks yang antiklimaks. Adegan kilas-baik sering disisipkan, namun tanpa motif kuat untuk memberikan sebuah info penting bagi penonton.

Baca Juga  Captain America: Civil War

Untuk subgenre-nya, bisa dibilang filmnya terlalu serius dan semua aspeknya tampak setengah-setengah. Baik aksi, dialog, serta banyolan semua serba tanggung. Pemain telah berupaya maksimal, namun naskah serta dialog memang kurang menggigit. Hanya tercatat McKinnon yang mencuri perhatian dengan polah dan celotehannya yang konyol. Di luar McKinnon, semua serba dingin.

Tercatat satu tribute untuk genrenya pada dialog awal, “your mission should you accept it”. Hanya ini? Banyak film spionase berkelas dari banyak franchise besar, mengapa tidak gunakan saja semua? For Bond sake, judul filmnya saja sudah The Spy Who Dumped Me! Amat disayangkan karena film ini punya banyak potensi, seperti misalnya Spy dan The Hitman’s Bodyguard. The Spy Who Dumped Me adalah sebuah komedi spionase yang tanggung, baik dari tribute genrenya, aksi maupun banyolannya.

WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
30 %
Artikel SebelumnyaNew Trailer: Venom
Artikel BerikutnyaBuffalo Boys: Perwakilan Imajinasi Bangsa Imajiner
Himawan Pratista
Hobi menonton film sejak kecil dan mendalami teori dan sejarah film secara otodidak setelah lulus dari Jurusan Arsitektur. Ia mulai menulis artikel dan ulasan film sejak tahun 2006. Karena pengalamannya, penulis ditarik menjadi staf pengajar sebuah Akademi Televisi dan Film swasta di Yogyakarta untuk mengampu mata kuliah Sejarah Film, Pengantar Seni Film, dan Teori Film sejak tahun 2003 hingga kini. Buku karya debutnya adalah Memahami Film (2008) yang memilah seni film secara naratif dan sinematik. Buku keduanya, Memahami Film - Edisi Kedua (2017) kini sudah terbit.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini