Midnight Runners (2017)

109 min|Action, Comedy, Crime|25 Aug 2017
7.3Rating: 7.3 / 10 from 9,379 usersMetascore: N/A
Two friends who are students at Korean National Police University, find themselves in an endless race against time after they witness a kidnapping and decide to use their knowledge.

Midnight Runners adalah film aksi komedi yang disutradarai oleh Kim Jooh-wan dan diperankan oleh Park Seo-joon dan Kang Ha-neul. Film ini cukup populer di negara asalnya bahkan dalam seminggu penayangan mampu meraup hasil, tiga kali lipat dari bujet filmnya. Film ini tayang di Indonesia pada 28 Agustus lalu, namun sangat disayangkan film ini tidak tayang serentak di bioskop-bioskop Indonesia.

Menceritakan tentang dua murid Akademi Kepolisian Korea yang memiliki latar belakang berbeda, Ki-joon (Park Seo-joon) dan Hee-yeol (Kang Ha-neul), namun karena suatu kejadian membuat keduanya menjadi teman akrab. Suatu hari, mereka berdua meminta cuti untuk sekedar menghabiskan waktu di klub malam. Dalam perjalanan pulang, mereka menjadi saksi sebuah kasus penculikan dan lalu berusaha melacaknya. Mereka melapor polisi, namun terhalang oleh birokrasi yang rumit. Akhirnya, mereka memutuskan untuk memulai penyelidikan dengan cara mereka sendiri yang membuat mereka berurusan dengan sindikat penjualan manusia. Hanya dengan mengandalkan informasi yang dipelajari dari akademi dan bermodalkan tekad, mereka berdua memulai aksinya.

Pembuka cerita film ini ditampilkan cukup sederhana, bagaimana kedua pemain utama dipertemukan dalam proses training melalui serangkaian latihan fisik serta lainnya hingga mereka diterima di akademi kepolisian. Poin utama film ini ada pada kasus penculikan, dan bagaimana mereka mengatasinya dengan aksi-aksi lucu. Adegan aksinya tidak bisa kita bandingkan dengan film-film laga dengan bintang besar macam Jackie Chan atau Jason Statham. Aksi mereka menampilkan aksi amatir murid akademi kepolisian yang tidak memiliki pengalaman bertugas di lapangan, namun justru aksi-aksi ceroboh inilah yang mengundang tawa penonton.

Baca Juga  Film tentang Wabah: The Flu

Film ini mengangkat isu global tentang penculikan dan pejualan organ manusia yang marak terjadi kini. Selain itu, film ini juga menggambarkan sistem birokrasi yang rumit dan bertele-tele hingga menghambat jalannya penyelidikan, juga keberpihakan pihak kepolisian pada kalangan atas ketimbang rakyat kecil. Hal yang sering terjadi pula di negara kita. Midnight Runners adalah film aksi komedi yang selain menghibur juga membuka nurani kita untuk saling menolong tanpa pamrih dan tidak menutup mata demi menjauhkan diri dari masalah. Walaupun aksinya kadang membahayakan nyawa kita sendiri serta berjalan di luar aturan hukum.
WATCH TRAILER

PENILAIAN KAMI
Overall
70 %
Artikel SebelumnyaIt
Artikel BerikutnyaJembatan Pensil
Luluk Ulhasanah atau lebih akrab dipanggil EL, lahir di Temanggung 6 September 1996. Sejak kecil hobi menonton film dan menulis. Minatnya pada film membuat ia bergabung dengan Komunitas Film Montase sejak tahun 2016 dan mulai beberapa kali terlibat produksi film pendek, dan aktif menulis review film, khususnya rubrik film Asia. Pada bulan Desember 2017, ia menjadi juri mahasiswa dalam ajang festival film internasional, Jogja Asian Film Festival (JAFF Netpac) 2017. Ia juga salah satu penyusun dan penulis buku 30 Film Indonesia Terlaris 2002-2018.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.