Hostage: Missing Celebrity adalah film thriller produksi Korea Selatan yang diarahkan dan ditulis oleh sineas debutan Pil Kam-sung. Kisahnya diadaptasi lepas dari kejadian nyata yang telah difilmkan juga melalui film produksi Cina berjudul, Saving Mr. Wu (2015) yang dibintangi Andy Lau. Uniknya, film ini dibintangi oleh aktor papan atas, Hwan Jung-min yang bermain sebagai dirinya sendiri. Hostage baru dirilis bulan Agustus lalu setelah ditunda setahun karena pandemi. Film ini sejauh ini tercatat sebagai salah satu film terlaris Korea Selatan tahun ini.

Hwan Jung-min seperti faktanya adalah aktor box-office yang bermain dalam banyak film laris Korea Selatan. Suatu malam, ia diculik dan diancam dibunuh jika tidak memberikan apa yang diminta para penculik. Dengan kemampuan aktingnya, Jung-min berupaya mengulur waktu agar memberi kesempatan kepada pihak polisi yang ia tahu, kini tengah mencarinya.

Plotnya amat sederhana. Dengan tempo relatif cepat nyaris tanpa henti, mampu menyajikan sisi ketegangan maksimum. Plot secara bergantian menyajikan penyelidikan polisi yang sigap, aksi kelompok penculik, serta aksi Jung-min sendiri yang memiliki peluang untuk bisa lolos dari sekapan. Potong silang adegan-adegan ini pula yang mampu memberikan beberapa kejutan cerita. Editing memang menjadi teknik dominan yang mampu membangun intensitas ketegangan, khusus dari pertengahan hingga klimaks. Sebuah sajian aksi yang sangat menarik dan menghibur, ditambah pula dukungan para kastingnya yang memukau.

Satu hal yang mengganjal adalah beberapa poin cerita yang janggal. Sebelumnya, para penculik telah melakukan aksi yang sama bukan? Mereka tahu persis resikonya. Mengapa kini mereka begitu gegabah dan ceroboh dalam melakukan aksinya. Orang-orang tak bersalah pun banyak menjadi korban tidak perlu yang justru malah menyulitkan situasi mereka sendiri. Sang pimpinan bertindak ngawur dan nekat seolah memiliki gangguan mental, namun tak ada latar kuat yang menggambarkan ini. Banyak cara lebih efektif jika hanya sekadar meminta tebusan uang tanpa harus banyak memakan korban. Satu lagi, jika ada senjata api di dekatmu dan si penculik mengejarmu, rasanya aneh jika kamu tidak mengambilnya dan justru malah lari? Banyak hal kecil semacam ini yang menganggu, tak masuk akal dan sulit dicerna otak.

Baca Juga  Ne Zha

Hostage: Missing Celebrity adalah sebuah aksi thriller unik menegangkan dengan dukungan para kasting kuat, walau ada beberapa kejanggalan plot di sana-sini. Dalam beberapa aspek, khususnya teknik, film ini sudah nyaris sama dengan pencapaian film-film Barat. Sang sineas yang tercatat sebagai debutan, terhitung luar biasa telah mampu membuat film sekelas ini. Walau tak seorisinal dan sekuat Parasite, setidaknya Sinema Korea Selatan masih berjalan di jalur yang benar dan tinggal menanti waktu sebelum mereka memproduksi film-film lainnya yang berkualitas tinggi.

1
2
PENILAIAN KAMI
Overall
75 %
Artikel SebelumnyaMenuju Malam Puncak FFWI XI: Persaingan Ketat Para Kandidat
Artikel BerikutnyaBroadcast Signal Intrusion
His hobbies are watching films since he was a child and exploring the theory and history of film self-taught after graduating from an architectural study. He began writing articles and film reviews from 2006. Because of his experience, the writer was drawn into the teaching staff of a private Television and Film Academy in Yogyakarta to teach Film History, Introduction to Film Art, and Film Theory from 2003 to 2019. His debut book is Memahami Film (Understanding Films/2008) which separates film art as narrative and cinematic. His second book, Memahami Film (Understanding Films - Second Edition/2017), has now been published. These two books are favourite references for film and communication academics throughout Indonesia. He was also fully involved in writing the Compilation Book of the Montage Film Bulletin Vol. 1-3 as well as 30 best-selling Indonesian films 2012-2018. Until now, he still writes film reviews and is actively involved in all film productions in the Montase Film Community. Full bio can be viewed on the montase.org site.

BERIKAN TANGGAPANMU

Silahkan berikan tanggapan anda
Silahkan masukan nama anda disini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.